PENERAPAN MODEL COMPLETE SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS II SDN 3 BANYUPUTIH KECAMATAN KALINYAMTAN KABUPATEN JEPARA

Diana Safitri

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SD Negeri 3 Banyuputih Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara, dikarenakan guru kurang tepat dalam menggunakan model pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini: apakah model pembelajaran complete sentence dapat meningkatkan hasil belajar pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SDN 3 Banyuputih Kecamatan Kalinyamtan Kabupaten Jepara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model complete sentence pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SD Negeri 3 Banyuputih Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian di kelas II SD Negeri 3 Banyuputih Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara. Subyek penelitian sebanyak 15 siswa kelas II. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Instrumen penelitian adalah soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan (1) analisis data kuantitatif untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar dan klasikal siswa, dan (2) analisis data kualitatif untuk mengetahui analisis hasil observasi keterampilan guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I hasil belajar siswa tuntas 11 siswa (73%). Keterampilan guru dengan nilai 77 (Baik). Aktivitas 11 siswa berkategori baik (B), 2 siswa berkategori cukup (C) dan 2 siswa berkategori kurang (D). Pada siklus II hasil belajar siswa tuntas 13 siswa (86%). Keterampilan guru dengan nilai 100 (Amat Baik). Aktivitas 9 siswa berkategori amat baik (A) dan 6 siswa berkategori baik (B)

Full Text:

PDF

References


Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif Disekolah Dasar. Jakarta: departemen pendidikan nasional dierkorat jendral pendidikan tinggi direktorat ketenagaan.

Adang, Suherman. 2009. Revitalisasi Pengajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: FPOK UPI.

Arikunto, dkk. 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Daryanto. 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Darwis, dkk. 2011. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabet.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang system pendidikan nasional.

Depdiknas. 2006. Pemerdiknas no 22 Tahun 2006 Tentang Standar isi. Jakarta: Depdiknas.

Hamdani, 2009. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Celeban Timur UH III/548.

Irene MJA, dkk. 2016. Buku Penilaian (Bupena). Jakarta: Erlangga.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran). Medan: Media Persada.

Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Scripta Cendekia.

Resmini, Novi dkk. 2006. Pembinaan dan program pengembangan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPIPRESS.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.

Shoimin, Aris. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Widoyoko, Putro, Eko, M.Pd. 2013. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Celeban Timur UH III/548.

Zarkasyi, Wahyudin. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v3i1.122

Article Metrics

Abstract view : 92 times
PDF - 44 times

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.