PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS V SDN MLILIR 01 BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG

Neni Nadziroh

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengaruh tingkat pendidikan orangtua terhadap sikap dan perilaku anak. Rumusan masalah ini yaitu adakah pengaruh tingkat pendidikan orangtua terhadap karakter siswa kelas V SD Negeri Mlilir 01 Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh tingkat pendidikan orangtua terhadap karakter siswa kelas V SD Negeri Mlilir 01 Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Desain dalam penelitian ini adalah desain paradigma sederhana. Lokasi dan waktu penelitian dilaksa nakan di SD Negeri Mlilir 01 Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas adalah tingkat pendidikan orangtua dan variabel terikat adalah karakter siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 35 di SD Negeri Mlilir 01 Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan (1) Dokumentasi untuk mengetahui tingkat pendidikan orangtua siswa, (2) Kuesioner (angket) untuk mengetahui karakter siswa. Pengujian validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan rumus produk momen dengan menggunakan Statistical Product and Service Solutions (SPSS) 21. Teknik analisis data menggunakan Statistical Product and Service Solutions (SPSS) 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: tingkat pendidikan orangtua berpengaruh terhadap karakter siswa SD Negeri Mlilir 01 Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Hal ini terlihat dengan hasil pengujian tingkat pendidikan orangtua dengan karakter siswa yang menunjukkan bahwa r hitung lebih besar dari r tabel yaitu 0,473 > 0,334

Full Text:

PDF

References


Adisusilo, Sutarja. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter. Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pembelajaran Afektif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arminati. 2015. Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di SMAN 1 Takalar Kabupaten Takalar. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM. Hal. 6-9.

Hartono. 2016. SPSS 16.0 Analisis Data Statistik dan Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mustari, Mohammad. 2011. Nilai Karakter.Yogyakarta : LaksBang PRESSindo.

Nurasmawi . 2011.Psikologi Perkembangan anak dan remaja. Bandung. PT. Remaja Roasda Karya.

Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kalitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional Jakarta:

Depdiknas




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v3i1.120

Article Metrics

Abstract view : 532 times
PDF - 234 times

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.