PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS IX MTs NU UNGARAN

Dwi Nur Fitasari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelajaran PKn masih terkesan membosankan siswa sulit memahami materi yang disampikan oleh guru. Rumusan masalahnya yaitu apakah ada pengaruh penggunaan media video pembelajaran dengan tidak menggunakan media video pembelajaran terhadap minat belajar mata pelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh penggunaan media video pembelajaran dengan tidak menggunakan media video pembelajaran terhadap minat belajar mata pelajaran PKn siswa kelas IX di MTs NU Ungaran. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah kelas IX C dan IX E yang berjumlah 64 siswa. Sampel penelitian diambil sebanyak dua kelas. Kelas yang dipilih kelas IX C sebagai kelas eksperimen dan IX E sebagai kelas kontrol.teknik sampel adalah menggunakan Sampling Jenuh. Variabel-variabel yang diteliti meliputi: pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap minat belajar mata pelajaran PKn dan penggunaan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah menyebarkan angket minat belajar untuk mengukur terkait minat belajar menggunakan media video pembelajaran. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis bantuan program SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media video terhadap minat belajar pada mata pelajaran PKn di MTs NU Ungaran. Hal ini dapat dilihat pada pengujian hipotesis yang menggunakan Uji T. Hasil analisis diketahui bahwa nilai  sebesar 3,267 dengan sig 0,002 < 0,05. Pada taraf signifikansi 5% dengan db = n-k = 32-2 diperoleh = 2,042, maka  >  3,267 > 2,042 Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima.


Keywords


media video pembelajaran, minat belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmadi. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto,S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto.2010. Media Pembelajaran. Yogjakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI Nomor 20, 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Khanifatul.2013. Pembelajaran Inovatif. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Mendiknas. 2006. Undang-Undang RI Nomor 22, Tahun 2006, tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar atau Menengah.

Nugroho,T.A.T. 2015. Media Video terhadap Keterampilan Proses IPA dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Negeri Rejowinangun 1 Yogyakarta. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Prastowo, Andi. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwarna, Iwan Permana. 2014. Pengaruh Media Audio-Visual (Video) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Konsep Elastisitas. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v5i1.118

Article Metrics

Abstract view : 1100 times
PDF - 105 times

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.