MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE BERPIKIR BERPASANGAN BERBAGI SISWA KELAS 4 SD NEGERI 6 SINDUREJO KECAMATAN TOROH KABUPATEN GROBOGAN
Abstract
Penelitian tindakan kelas jenis kolaborasi ini peneliti bekerja sama dengan kolaborator yaitu guru kelas sedangkan observer sebagai pemberi ide menilai hasil kinerja guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung, sedangkan guru kelas yang melaksanakan kegiatan pembelajaran bersama peneliti. Pada siklus pertama dan siklus kedua masing-masing terdiri dari tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan pemberian tes lisan dan observasi. Pemberian tes lisan digunakan untuk mengukur hasil belajar, sedangkan lembar observasi digunakan untuk mengetahui keaktifan guru dan siswa saat proses belajar mengajar berlangsung. Adapun indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah ≥75% dari seluruh siswa mendapat nilai ≥65.
Hasil belajar Bahasa Indonesia pada siklus pertama ketuntasan hasil belajar siswa berjumlah 14 siswa (77.7%) sedangkan yang belum tuntas dalam hasil belajar berjumlah 4 siswa (22.2%) dengan nilai rata-rata 67.6. Hasil kinerja guru dan siswa pada siklus pertama berkriteria baik dengan rata-rata skor 109 dan 94.3. Pada siklus kedua ketuntasan hasil belajar berjumlah 16 siswa (88.8%) sedangkan yang belum tuntas dalam hasil belajar berjumlah 2 siswa (11.1%) dengan nilai rata-rata 72.2. Hasil kinerja guru dan siswa pada siklus kedua berkriteria sangat baik dengan rata-rata skor 114.6 dan 101. Hal ini terbukti bahwa melalui metode Berpikir Berpasangan Berbagi mampu meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas 4 SD Negeri 6 Sindurejo Kabupaten GroboganKeywords
Full Text:
PDFReferences
Akhadiah, Sabarti . 1998 . Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga
Arikunto, Suharsimi . 1997 . Prosedur Penelitian . Yogyakarta : PT. Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi . 2006 . Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Huda, Miftahul . 2011 . Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur Dan Model Penerapan . Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Komalasari, Kokom. 2010 . Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama
Liaw Yock Fang. 1993. Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik. Jakarta : Erlangga
Mahnunin. 2010. Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN Sebani Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah. Program Studi S1 PGSD. Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Malang.
Margono. 2009 .Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Muchlisoh . 1993 . Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia 3. Jakarta : Depdikbud Proyek Peningkatan Mutu Guru SD Setara D-II
Sharan, Shlomo . 2012 . The Handbook of Cooperative Learning Inovasi Pengajaran dan Pembelajaran Untuk Memacu Keberhasilan Siswa di Kelas. Yogyakarta : Familia (Grup Relasi Inti Media)
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Slavin, Robert. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung : Nusa Media
Sudjana, Nana. 2012 . Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2009 . Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Suhardjono, Supardi . 2011 . Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas Berdasarkan Permenpan dan Reformasi Birokrasi N0.16 Tahun 2009. Yogyakarta.
Suprijono, Agus . 2011 . Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Suwandi, Sarwiji . 2010 . Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dan Penulisan Karya Ilmiah. Yuma Pustaka : Surakarta
Tarigan, Henry Guntur . 1983 . Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa . Bandung : Angkasa
Widya, Wendi . 2008. Serba – Serbi Pantun . Klaten : PT.Intan Pariwara
Zaidan, Abdul Rozak. 2000. Kamus Istilah Sastra. Jakarta : Balai Pustaka
DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v5i1.116
Article Metrics
Abstract view : 114 timesPDF - 55 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.