KEMAMPUAN SISWA KELAS V SDI AL-AZHAR 22 SALATIGA DALAM MELUKIS MENGGUNAKAN MEDIA PENSIL WARNA

Ridha Sarwono

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa kelas V SDI Al-Azhar 22  Salatiga dalam melukis menggunakan media pensil warna, serta kendala apa saja yang dihadapi siswa dalam melukis menggunakan media pensil warna. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu metode prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan mendeskripsikan keadaan objek peneliti secara apa adanya. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SDI Al-Azhar 22  Salatiga secara keseluruhan dan guru bidang studi Seni Budaya SDI Al-Azhar 22  Salatiga. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V  sebanyak 36 siswa, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analilis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan statistik sederhana. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas V SDI Al-Azhar 22 Salatiga dikategorikan masih kurang mampu dalam melukis menggukan media pensil warna. Kendala yang dihadapi siswa tidak adanya bimbingan dan latihan khusus bagi siswa yang berbakat maupun yang tidak berbakat, dan mereka kurang memiliki ide atau inspirasi, kreativitas dan motivasi serta merasa kurang berbakat dalam belajar melukis. Karena kurangnya pengetahuan siswa tentang prinsip-prinsip seni lukis yang benar

Keywords


Kemampuan, Melukis, Media Pensil Warna

Full Text:

PDF

References


Arifin, Johar. 1979. Pendidikan kesenian seni lukis di SD. Jakarta: Dimensia.

Arsana, Nyoman, Supono. 1983, “Dasar –Dasar Seni Lukisâ€. Jakarta: CV. Seraja.

Bastomi, Sujawi. 1992. 3“Seni Rupa Indonesiaâ€. Semarang, IKIP Semarang

Fardi, 2011. “ Kemampuan siswa kelas II SD Negeri 2 Soppeng dalam melukis menggunakan cat air. (Skripsi). Salatiga : Fakultas Seni Dan Desain UNM.

Kallo, Nurdin. 1983. “Metode Khusus Pendidikan Seni Rupaâ€. Catatan Kuliah. Jurusan Seni Rupa Ikip Ujung Pandang.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama

Nasution, S. 1987. “Metode Researchâ€. Bandung: Jemmars Bandung

Rahayu, Andi. 2012.I “ Kemampuan Mewarnai Gambar Menggunakan Krayon bagi Murid Taman Kanak-Kanak Handayani Salatigaâ€. (Skripsi). Surakarta : Fakultas Seni dan Desain UNM.

RoSDIiana. 2010. â€Kemampuan Menggambar Expresi Siswa Kelas III Sekolah Dasar Inpres I Kecamatan Tamalanrea Salatigaâ€. (Proposal). Salatiga: Fakultas Seni dan Desain UNM.

Salam, Sofyan. 2001. â€Pendidikan Seni Rupa di Sekolah Dasarâ€. IJakarta : Badan Penerbit UNM.

Sepbianti, Rangga Patriani.2009.â€Kemampuan Siswa Kelas VI SDN 9 Surabaya dalam Melukis Menggunakan Pensil Warnaâ€.[ (Skripsi). Salatiga: Fakultas Seni dan Desain Universitas Surabaya.

Umar, Alimin. 2008. “Penelitian tindakan kelasâ€. Salatiga: Badan Penerbit UNM




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v6i2.101

Article Metrics

Abstract view : 180 times
PDF - 47 times

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

slot gacor malam ini

slot 5000

slot deposit pulsa

https://prosiding.umk.ac.id/

https://jurnal.itsp.ac.id/

slot deposit pulsa

slot thailand