PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN TERHADAP PENYESATAN IDENTITAS PRODUK (PASSING OFF) DALAM HUKUM MEREK

Bagus Hoiru Fernanda, Dewa Ayu Putri Sukadana, Kadek Januarsa Adi Sudharma, Bagus Gede Ari Rama

Abstract


ABSTRAK 

Passing off sebagai bentuk penyesatan identitas produk merupakan fenomena yang semakin relevan dalam dinamika perdagangan modern, di mana persaingan usaha tidak jarang melahirkan praktik-praktik peniruan yang merugikan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk, efektivitas, dan tantangan perlindungan hukum bagi konsumen terhadap praktik passing off dalam perspektif Hukum Merek di Indonesia. Dengan menggunakan metode penelitian yuridis normatif melalui pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual, penelitian ini menelaah kerangka hukum yang terdapat dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis serta Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme perlindungan preventif dan represif telah tersedia, namun masih menghadapi kendala terutama dalam pembuktian kesesatan identitas produk yang bersifat visual maupun konseptual. Ketiadaan pengaturan eksplisit mengenai passing off, rendahnya kesadaran konsumen, dan lemahnya pengawasan pasar turut memperburuk efektivitas perlindungan. Penelitian ini menegaskan pentingnya penguatan regulasi, penegakan hukum, dan pembinaan etika bisnis guna mewujudkan keseimbangan antara perlindungan hak merek dan kepentingan konsumen. Pada akhirnya, perlindungan hukum terhadap praktik passing off tidak hanya menyangkut dimensi ekonomi, tetapi juga merupakan upaya menjaga integritas moral dan keadilan sosial dalam hubungan antara produsen dan konsumen.

Kata Kunci: passing off, perlindungan konsumen, hukum merek.

 


Full Text:

PDF

References


Jurnal

Amrani, Hanafi, Perlindungan Konsumen Terhadap Praktik Bisnis Curang Dan Upaya Penegakannya Melalui Sarana Hukum Pidana (2015) 6 (2) Negara Hukum 187

Arini, Windi, Perlindungan Merek Dan Dampaknya Terhadap Reputasi Perusahaan Di Pasar Global, 2025,01 Nexus Yuridis 1

Baso, Fatihani, Tantangan Positivisasi Passing Off Di Indonesia, 2025, 05, 01, Jurnal Kajian Konstitusi 56

Bukit, Abigail Natalia, Fenomena Produk Dengan Merek Palsu, Perlindungan Konsumen, 2022, 7, Jurnal Sapientia Et Virtus 1

C, Karenina Aulia Puti, Pelindungan Hukum Terhadap Merek Terkenal, Well-Known Mark, Atas Passing Off Pada Digital Platform Marketplace (2020) 8(20) Kertha Semaya 1688

Darmiwati, Tindakan Passing Off Dan Perlindungan Hukum Terhadap Pemilik Merek Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek Dan Indikasi Geografis, 2023, 9, Das Sollen 714

Devi, Sita Nur Ramdhani, Analisis Perlindungan Hukum Terhadap Pemegang Merek Dagang Asing Yang Terkenal Dari Pelanggaran Di Indonesia, 2024, 8, 2, Unes 258

Ghozali, Ahmad, Analisis Konsistensi Putusan Pengadilan Dalam Kasus Merek Yang Mengandung Unsur Persamaan Pada Pokoknya Program Studi Ilmu Hukum, Univesitas Muhammadiyah Magelang

Gultom, Meli Hertati, Perlindungan Hukum Bagi Pemegang Hak Merek Terdaftar Terhadap Pelanggaran Merek, 2018, 56, Jurnal Warta 1

Habib, Yahya Abdul, Penyelesaian Dan Sanksi Atas Tindak Pidana Konsumen Terhadap Kejahatan Pelaku Usaha, 2024, 4, 2, Iblam Law Review 69

Irfan Rizky Hutomo, Estu Linangkung Maula, Upaya Badan Pertanahan Nasional Terhadap Penanggulangan Sengketa Hak Atas Tanah Di Kabupaten Semarang, Jurnal Penelitian Hukum Indonesia, Vol 03, No 02, Tahun 2022, Hal 27-29

Irfan Rizky Hutomo, Mohamad Tohari, Kadar Budi Utomo, Perlindungan Hukum Terhadap Pekerja Hiburan Malam Berdasarkan Undang - Undang Ketenagakerjaan (Studi Kasus Di Café Atau Tempat Karaoke Di Wilayah Kecamatan Bandungan), Jurnal Penelitian Hukum Indonesia, Vol 05, No 01, Tahun 2024, Hal 56-75

Maharani, Alfina, Fungsi Perlindungan Konsumen Dan Peran Lembaga Perlindungan Konsumen Di Indonesia, Perlindungan , Konsumen Dan Pelaku Usaha Literature Review, 2021, 2, 6, Jemsi 659

Nasution, Akmal Huda, Peran Konsumen Dalam Menciptakan Keseimbangan Persaingan Pasar Sempura, 2024, 2, 5, Socius 135

Prayuti, Yuyut, Dinamika Perlindungan Hukum Konsumen Di Era Digital, Analisis Hukum Terhadap Praktik E-Commercedan Perlindungan Data Konsumen Di Indonesia, 2024, 5, 1, Interpretasi Hukum 903

Rahmawati, Titah, Peranan Etika Bisnis Umkm Dalam Berinovasi, 2024, 2, 02, Abdimas Sean 72

Sinaga, Niru Anita, Pentingnya Perlindungan Hukum Kekayaan Indonesia, 2020, 6, 2, Jurnal Hukum Sasana 145

Suci, Ananda Melati, Analisis Penerapan Etika Bisnis Pada Kasus Strategi Pemasaran Dengan Iklan Palsu Dan Klaim Produk Yang Berlebihan, 2024, 10, 14, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 37

Wafda Vivid Izziyana, Irfan Rizky Hutomo, Inkonsistensi Bentuk Perjanjian Perdagangan Internasional, Jurnal Penelitian Hukum Indonesia, Vol 04, No 02, Tahun 2023, Hal 65-74

Buku

Firmansyah, Muhammad Anang, Pemasaran Produk Dan Merek, Planning & Strategy, Ed Qiara Media, Penerbit Qiara Media, 1 Ed, 2019

Fauzan, H, Etika Bisnis Dan Profesi, Ed Ayyu Ainin Mustafidah, Indigo Media, 1 Ed, 2023

Perundang- Undangan

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen




DOI: https://doi.org/10.61689/jpehi.v6i02.817

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.