PERHITUNGAN PELAT LANTAI, STRUKTUR BAWAH, DAN BANGUNAN PELENGKAP PADA PEKERJAAN REDESAIN UNDERPASS CANGUK MAGELANG

Hamilatur Rohmah, Hanik Atussolihah, Agung Hari Wibowo, Khoirudin Fakhri

Abstract


Tugas akhir ini menyajikan redesain Underpass Canguk di Kota Magelang, yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan keamanan infrastruktur jalan. Redesain difokuskan pada struktur atas jembatan berupa girder prategang, struktur bawah berupa abutment, serta desain pondasi tiang bor. Metode perancangan mengacu pada Standar Nasional Indonesia (SNI) 1725:2016 tentang Pembebanan Jembatan, dengan dukungan analisis menggunakan perangkat lunak SAP2000. Hasil dari redesain ini adalah detail desain struktural yang memenuhi persyaratan teknis dan diharapkan dapat mengatasi masalah kemacetan serta meningkatkan keselamatan pengguna jalan.

Full Text:

PDF

References


A, R. P. (2017). Perencanaan Jembatan Jabungan Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah. Semarang.

Agung Hari Wibowo, R. J. (2020). Perencanaan Jembatan Rangka Baja Pada Ruas Jalan Nguter- Selogiri. Semarang.

Marga, D. J. (2019). Panduan Teknik Pelaksaan Jembatan Tahun 2019. Kabayoran Baru-Jakarta.

Rahmawati, D. (2018). Alternatif Perencanaan Perbaikan Struktur Pondasi Pada Gedung No.3 PT.AKR Corporindo Tbk di Margomulyo. Surabaya.

Setiyarto, Y. (2019). Standar Pembebanan pada Jembatan menurut SNI 1725 : 2016.

Tbk, P. W. (2022, Agustus 25). Jembatan Gelagar, Bagian dari Sejarah panjang Produk WIKA Beton.

Teknik, D. B. (2009). Standar Desain Pelat Injak Jembatan Jalan Raya. Kebayoran Baru.

Verdian Rezky HP, S. A. (2020). Pembangunan Jembatan Buyaran Dijalan Tol Semarang-Demak STA.27+750




DOI: https://doi.org/10.61689/jti.v6i1.705

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Teknik Indonesia by Fakultas Teknik Undaris is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International