UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PAI PADA PROGRAM KEJAR PAKET C DENGAN METODE "SAMI" DI PKBM BUSTANUL MUSLIMIN KALITANGI DESA GENTING KEC. JAMBU KAB. SEMARANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan secara rinci bagaimana Upaya tutor PAI dalam meningkatkan motivasi belajar warga belajar Kejar Paket C di PKBM Bustanul Muslimin . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motivasi belajar PAI warga belajar paket C di PKBM bustanul Muslimin dapat dikategorikan sedang. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi dilihat absensi kehadiran siswa sekitar 75%. Sebagian besar warga belajar mencatat apa yang dijelaskan oleh tutor PAI saat pelajaran. Tetapi ada juga warga belajar yang tidak memperhatikan tutor saat menjelaskan materi pelajaran, mereka lebih memilih bercerita, ngobrol sendiri dan kadang mainan hp.
Kata kunci: motivasi belajar, metode sami
This study aims to describe in detail how the PAI tutor's efforts in increasing the learning motivation of Kejar Paket C learners at PKBM Bustanul Muslimin. This study uses a qualitative approach. Data collection was carried out through observation, in-depth interviews and documentation. Data analysis was carried out by giving meaning to the data that was successfully collected and from that meaning conclusions were drawn. The results of the study showed that the PAI learning motivation of package C learners at PKBM Bustanul Muslimin can be categorized as moderate. Based on the results of interviews and observations, student attendance was around 75%. Most learners took notes on what the PAI tutor explained during the lesson. But there were also learners who did not pay attention to the tutor when explaining the lesson material, they preferred to tell stories, chat by themselves and sometimes play with their cellphones.
Keywords: learning motivation, sami method
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Majid dan Dian Andayani. 2005. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi (Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsini. 1997. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rieneka Cipta.
Aziz, Abdul. 2006. Pendidikan Agama Islam dalam perspektif Multikulturalisme. Jakarta: Balai Penelitian dan pengembangan Agama.
Aziz, Erwati. 2003. Prinsip-Prinsip Pendidikan Islam. Solo: PT. Tiga Serangkai.
Daradjat, Zakiah, dkk. 1996. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2004. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Ismail. 2011. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: RASAIL Media Group.
Moh Makin, Baharudin. 2011. Pendidikan Humanistik. Yogyakarta: AR RUZZ MEDIA.
Mu’in, Fatchul. 2016. Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik dan Praktik. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Muhaimin, Abd. Mujib. 1993. Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: PT. Trigenda Karya.
Muslam. 2003. Pengembangan Kurikulum PAI. Semarang: PKP12 Semarang.
Prastowo, Andi. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: AR RUZZ MEDIA.
Purwanto, M. Ngalim. 1988. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remadja Karya.
Ramayulus. 2005. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Sardiman A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Syah, Muhibbin. 2007. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Undang-undang RI no. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional SISDIKNAS. Pasal 4.
Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi & pengukuranya.Jakarta: Bumi Aksara.
Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.
DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v9i1.708
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.