KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM Q.S AL-A’RAF:199
Abstract
Abstrak
Al-Qur'an diyakini oleh umat Islam sebagai kitab suci berdasarkan janji Allah dalam Q.S. Al-A’raf ayat 199, yang menjamin kelestariannya. Jaminan ini mencerminkan kemahakuasaan dan kemahatahuan Allah, yang menekankan keterlibatan manusia dalam menjaga kemurniannya. Ulama seperti Sayyid Muhammad Husain Al-Thabathaba'i menegaskan bahwa keaslian Al-Qur'an terbukti dengan sendirinya, karena menantang siapa pun untuk meniru bentuknya. Pendidikan moral sangat penting untuk pengembangan karakter yang sukses, terutama bagi kaum muda selama tahun-tahun mereka yang mudah terpengaruh. Akhlak, atau karakter moral, merupakan dasar dalam Islam, yang membedakan manusia dari makhluk lain dan memastikan martabat sebagai hamba Allah yang terhormat. Penanaman akhlak pada remaja sangat penting untuk mencegah perilaku yang berpotensi merusak. Pendidikan Islam mencakup ajaran moral, dengan tujuan untuk menumbuhkan generasi yang berbudi luhur melalui penanaman Aqidah Akhlak di lembaga pendidikan. Surat Al-Qur’an Al-A’raf menekankan nilai-nilai moral, mendorong sikap memaafkan, kebaikan, dan menghindari kejahilan. Prinsip-prinsip ini membimbing individu menuju perilaku yang lebih baik dengan tetap berpegang pada ajaran Islam dan membangun masyarakat yang harmonis. Oleh karena itu, pendidikan moral yang dipandu oleh Al-Qur’an dan Sunnah sangat penting untuk menumbuhkan karakter yang berbudi luhur dan menjaga kesejahteraan masyarakat.
Kata Kunci: Al-Qur’an, Akhlak, Pendidikan
Abstract
The Qur’an is believed by Muslims to be pure based on Allah’s promise in Q. S. Al-A’raf verse 199, which ensures its preservation. This assurance reflects Allah's omnipotence and omniscience, emphasizing human involvement in maintaining its purity. Scholars like Sayyid Muhammad Husain Al-Thabathaba’i assert that the Qur’an’s authenticity is self-evident, as it challenges anyone to replicate its form. Moral education is vital for successful character development, particularly for youth during their impressionable years. Akhlak, or moral character, is foundational in Islam, distinguishing humans from other beings and ensuring dignity as Allah's distinguished servants. The cultivation of akhlak in adolescents is crucial to prevent potentially destructive behaviors. Islamic education encompasses moral teachings, with the objective of fostering virtuous generations through the incorporation of Aqidah Akhlak in educational institutions. Al-Qur’an Surah Al-A’raf emphasizes moral values, promoting forgiveness, goodness, and the avoidance of ignorance. These principles guide individuals toward better behaviors while adhering to Islamic teachings and cultivating a harmonious society. Hence, moral education, guided by the Qur’an and Sunnah, is essential for nurturing virtuous characteristics and maintaining societal well-being.Keywords: Al-Qur'an, Morals, EducationKeywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Maraghi, A.M. 2019. Tafsir al-Marghi Juz 11. Mekkah: Dar al-Fikr. A Tahfidz dan Al-Qur'an.
Deni Koswara, H. (2008:59). Baagaimana Menjadi Guru Kreatif . Bandung : Pribumi Mekar .
Hamka. 1999. Tafsir al-azahr Juz xxx . Surabaya : Pustaka Islam .
Izzah, I. Y. 2011. Komunitas Santri. "Perubahan Pola Santri Pada Masyarakat Muslim Tradisonal" Jurnal sosiologi Islam 1.
Kementrian Agama RI. 2012 Al-Qur'an dan Terjemahnya. Jurnal Pendais Volume 2, 2, 1.
Masy'ari, A. (2007:36). Akhlak Al-Qur'an . Surabaya : PT Bina Ilmu .
Setiawan, G. 2004. Implementasi dalam Birokrasi Pembangunan. Jurnal Translitera Edisi 4.
Shihab, M. 2020 Membumikan Al-Qur'an, fungsi dan peran wahyu dalam kehidupan. Jurnal Pendais Volume 2, 2, 119.
Shihab, M. Q. 1998 Secercah Cahaya Ilahi . Bandung: Mizan.
Shihab, M. Q. 2002Tafsir Al-Misbah; Pesan dan Kesan Keserasian al Qur'an Vol 10. Jakarta : Lentera Hati .
Subagyo, Joko. 1997 Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktek , 63.
Surakhmad, w. 2019 Metode tahfidz Al-Quran. pengantar interaksi mengjar
Syafri, U. A. (2012:68). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur'an . Jakarta : Rajawali Press.
DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v9i1.702
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.