PENGARUH MEMBACA AL-QUR’AN DAN KISAH NABI TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN MAHASISWA PAI UIN SALATIGA 2021

Muhamad Kholil Badrus Zaman

Abstract


Tujuan dari penelitian yang dilakukan kali ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara kebiasaan membaca Al-Qur’an dan kebiasaan membaca kisah nabi terhadap perilaku keagamaan mahasiswa Pendidikan Agama Islam di Universitas Negeri Salatiga. Jenis penelitian yang dilakukan pada kali ini adalah penelitian kuantitatif (field research). Kemudian teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian kali ini adalah penyebaran kuesioner dan disertai dengan dokumentasi. Teknik dan metode yang digunakan dalam mengolah data yang telah didapat yaitu dengan statistik inferensial, uji signifikansi regresi, kemudian uji linieritas regresi, pengujian terhadap hipotesis, uji t dan f serta penarikan Kesimpulan dari beberapa pegujian yang telah dilaksanakan. Hasil analisis yang didapatkan dalam penelitian kali ini adalah hasil perolehan perhitungan dari thitung adalah 9,731, kemudian nilai dari ttabel untuk n: 29 adalah 2,056. Dengan data yang telah diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel (9,731>2,056), hingga dari rumus diatas didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh antara membaca al-Qur’an dan kisah nabi terhadap perilaku keagamaan mahasiswa. Kedua variabel tersebut bisa disebut sebagai prediktor dalam mengukur perilaku keagamaan mahasiswa dikarenakan koefisien determinasi (R Square) menunjukkan adanya keterkaitan atau mempengaruhi terhadap variabel Y yaitu sebesar 0,428 sehingga variabel X1 dan X2 memiliki pengaruh sebesar 42,8% sedangkan 57,2% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.

The aim of the research carried out this time is to determine whether there is a significant influence between the habit of reading the Al-Qur'an and the habit of reading the stories of the prophet on the religious behavior of Islamic Religious Education students at Salatiga State University. The type of research carried out this time was quantitative research (field research). Then the technique used in collecting data in this research was distributing questionnaires and accompanied by documentation. The techniques and methods used in processing the data that have been obtained are inferential statistics, regression significance tests, then regression linearity tests, hypothesis testing, t and f tests and drawing conclusions from several tests that have been carried out. The results of the analysis obtained in this research are that the calculation results from tcount are 9.731, then the value from ttable for n: 29 is 2.056. With the data that has been obtained, it can be concluded that tcount is greater than ttable (9.731>2.056), so that from the formula above we get the result that there is an influence between reading the Koran and the stories of the prophet on students' religious behavior. These two variables can be called predictors in measuring student religious behavior because the coefficient of determination (R Square) shows that there is a relationship or influence on variable Y, namely 0.428 so that variables X1 and X2 have an influence of 42.8% while the other 57.2% is influenced by other factors.


Keywords


membaca; Al-quran; kisah nabi; perilaku keagamaan; reading, Al-Quran; stories of the prophet; religious behavior

Full Text:

PDF

References


Ardiani, Rahma. 2020. Pengaruh Intensitas Membaca Al-Quran

Tehadap Perilaku Keagamaan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar. Disertasi, Universitas Negeri

Makasar, Makasar

Ardiansyah, Muhammad Firman, H. Abdul Jalil, dan Dian Mohammad

Hakim. 2022. ard. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam 7(2).

Azami, Tomi. 2014.azamk. UIN Walisongo Semarang.

Fatwa, Zahroni. 2024.

Dampak Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Bagi Karakter Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Labuhan Batu

ENTINAS: Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran

(2):24–30.

Ginting, Oky Damalika. 2020. Pengaruh Intensitas Membaca Al-Qur’an

Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa MAS Tadib Al-Syakirin

Medan skripsi. UIN Sumatera Utara, Sumatera Utara

Hasbi, Muhammad Afid. 2014.Pengaruh Kepemilikan Aplikasi Al

Qur’an Digital Terhadap Intensitas Membaca Al-Qr’an di

Kalangan Mahasiswa PAI Angkatan 2014 di UIN Sunann Ampel

Surabaya.skripsi. UIN Sunan Ampel Surabaya Surabaya

Idayanti, Umi Nurul. 2017.Pelaksanaan Kegiatan Membaca Al-Quran

dalam Meningkatkan Perilaku keagamaan Siswa Kelas VIII di

SMPN 1 siman Ponorogo Tahun 2016/2017.Disertasi. IAIN

Ponorogo, Ponorogo

M. Yunus, Badruzzaman, dan Bambang Qomaruzzaman. 2019.

Meneladani Nabi Muhammad dan Pengaruhnya terhadap

Servant-Leadership dan Perilaku Khidmat. Kontekstualita

(02):191–219.

doi: 10.30631/kontekstualita.v33i02.55.

Munawir, wildan Maulidy Al Ahmad, dan Zahra Athirah. 2024.

Didik

Pengaruh Pendidikan Islam terhadap Pembentukan Karakter

Peserta

Jurnal

Basicedu

(2):20–27.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7361.

Pratama, Sandi, dan Arifuddin Siraj. 2019. Pengaruh Budaya Religius

Dan Self Regulated Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa.”

(02):31–47. doi: 10.20868/ei.v8i2.509.

Rahmawati, Selly, dan Nony Kumala Dewi. 2020.Dampak media

pembelajaran kisah keteladanan terhadap karakter peduli sosial

dan prestasi belajar anak sekolah dasar.” Jurnal Civics: Media

Kajian

Kewarganegaraan

21831/jc.v17i2.30574.

Rofiki,

(2):53–63.

doi:

Moh., Aminatus Zuhriyah, dan Eka Diana. 2022.

Pengembangan Budaya Keagamaan Berbasis Kearifan Lokal

dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas

Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman

(1):62–75. doi: 10.33367/ji.v12i1.2443.

Satiawan, Zenal, dan M. Sidik. 2021. Metode Pendidikan Akhlak

Mahasiswa Jurnal Mumtaz 1(1):53–64.

Wahyudi, Waluyo Erry, Agus Faisal Asyha, dan Aktiara Sefriadi. 2024.

Pengaruh Intensitas Membaca Al-Qur’an Terhadap Perilaku

Keagamaan Peserta Didik Di Smk Smti Bandar Lampung.Jurnal

Mubtadiin 10(01):23–35.




DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v8i2.660

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.