STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI SMK ISLAM SUDIRMAN 1 AMBARAWAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Ida Adibah

Abstract


Penelitian ini bertolak dari adanya masalah strategi guru Pendidikan Agama Islam
di SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa, ada anak yang tidak bisa membaca Al-
Qur’an, ada anak yang bisa membaca Al-Qur’an, bahkan ada anak yang tidak bisa
mengenal hurufnya. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui bagaimana strategi
guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al- Qur’an
Pada Siswa SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa. Tujuan dari penelitian ini adalah:
(1) mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam pada siswa SMK Islam
Sudirman 1 Ambarawa, (2) mengetahui metode yang di terapakan dalam
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa SMK Islam Sudirman 1
Ambarawa, (3) mengetahui faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca Al-
Qur’an pada siswa SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, subjek penelitian, guru Pendidikan
Agama Islam, informan siswa. Teknik pengumpulan data (1) wawancara, (2)
observasi, (3) dokumentasi, teknik pengabsahan data, dan teknik analisis data
menggunakan (1) data collection, (2) data reduction, (3) data display, (4) data
conclusion drawing/verification.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi guru Pendidikan Agama Islam
dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an cukup bagus menggunakan
beberapa strategi yang afektif yaitu mengaktifkan 1 jam pembelajaran untuk
tadarus, menerapkan pembiasaan sebelum pembelajaran, menyaring kepada siswa
yang kesulitan dalam membaca Al-Qur’an serta requetmen tutor sebaya dan
membuat forum khusus mengaji diluar jam pembelajaran. (2) Metode yang
diterapkan guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sangat bagus
menggunakan metode yanbu’a dengan metode pembiasaan agar siswa dapat
memahami secara perlahan sesuai dengan tahapan dengan dibersamai 

menggunakan metode pembiasaan. (3) Faktor penyebab kesulitan membaca Al-
Qur’an yaitu ada 2 faktor penghambat dan faktor penunjang, faktor penghambat
diangtaranya yaitu motivasi membaca yang kurang, latar pendidikan yang berbeda
dan yang terakhir yaitu pemgaruh teknologi, untuk faktor penunjangnya yaitu
pengaruh positif teman sebangku atau teman satu kelas dan sarana dan prasarana
yang memadai.

 

This research started from the problem of the Islamic Religious Education teacher's
strategy at SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa, there were children who could not
read the Al-Qur'an, there were children who could read the Al-Qur'an, and there
were even children who could not recognize the letters. Therefore, researchers
want to know the strategies of Islamic Religious Education teachers in overcoming
difficulties in reading the Qur'an among students at Islamic Vocational School
Sudirman 1 Ambarawa.
The aims of this research are: (1) to describe the strategies of Islamic Religious
Education teachers for students at Sudirman 1 Ambarawa Islamic Vocational
School, (2) to find out the methods applied in Islamic Religious Education
Learning for Sudirman 1 Ambarawa Islamic Vocational School students, (3) to find
out the factors that affecting the difficulty of reading the Koran in students at SMK
Islam Sudirman 1 Ambarawa. This research uses a descriptive qualitative
approach, research subjects, Islamic Religious Education teachers, student
informants. Data collection techniques (1) interviews, (2) observation, (3)
documentation, data validation techniques, and data analysis techniques using (1)
data collection, (2) data reduction, (3) data display, (4) data conclusion
drawing/verification.
The results of this study show that (1) The Islamic Religious Education teacher's
strategy in overcoming difficulties in reading the Al-Qur'an is quite good using
several affective strategies, namely activating 1 hour of learning for tadarus,
applying habituation before learning, screening students who have difficulty in
reading Al-Qur'an. Al-Qur'an as well as recruiting peer tutors and creating a
special forum for reciting the Koran outside of learning hours. (2) The method
applied by the teacher in learning Islamic Religious Education is very good using
the yanbu'a method with the habituation method so that students can understand
slowly according to the stages by using the habituation method. (3) The factors
causing difficulty in reading the Al-Qur'an are 2 inhibiting factors and supporting
factors, the inhibiting factors include lack of motivation to read, different
educational background and the last is the influence of technology, the supporting
factors are the positive influence of classmates or class mates and adequate
facilities and infrastructure


Keywords


Strategy; PAI Teacher Al-Qur'an

References


Abdullah., dkk. 2022. Peningkatan dan pengembangan pretasi

belajar peserta didik. Ponorogo; Uwais Inspirasi Indonesia.

Akrim. 2020. Desain Pembelajaran. Depok: PT. RAJA

GRAFINDO PERSADA

Andin Sefrina.2013. Deteksi minat bakat anak. Yogyakarta; Media

Pressindo

Anwar M. 2018. Menjadi guru profesional. Jakarta; Prenada media

Annuri, Ahmad. 2013. Panduan Tahsin Tilawah Al Qur'an dan

pembahasan Ilmu Tajwid. .Jakarta Timur; In Pustaka Al

Kautsar .

Alif Rohmah Nur Mufidah, 2016 “Strategi Guru Pendidikan

Agama Islam Dalam menciptakan Budaya Baca Al-Qur’an

Siswa Di SMA Islam Kepanjen Malang” , Malang;

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam

Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang,

Amirudin. 2023. Metode-metode mengajar perspektif Al-Qur'an

Hadist dan aplikasinya dalam pembelajaran PAI

Yogyakarta: CV Budi Utama

Buhaiti. 2021. Modul pembelajaran Al-Qur'an dengan metode

bismillah baca tulis tela'ah PAUDQu. Depok;Anggota

IKAPI

Chumaidi,Salamah. 2018. Pendidikan dan pengajaran strategi

pembelajaran sekolah. Jakarta; PT GRASINDO,Anggota

IKAPI

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya…, 282

Djaali. 2020. Metodologi Penelitian Kualitatif Jakarta:

Perpustakaan Nasional RI Data katalog dalam terbitan

KPT. PT BUMI AKSARA

EllisanFitri 2021. Hubungan pola asuh dalam asrama dipondok

pesantren quddussalam tapanuli Tengah. Medan: Umsu

Press

Fika Fatimatuzzahroh, 2015 Aplikasi Metode Yanbu’a dalam

Meningkatkan Kefasihan dan Kelancaran Baca Siswa

Kelas VII A pada Mata Pelajaran al-Qur’an Hadits di Mts

Alhidayah Donowaruh Kabupaten Malang, Malang:IAIN

Malang,

Firdaus. 2018. Pekan baru madani. Jakarta: PT Elex Media

Komputindo

Haudi. 2021. Strategi pembelajaran. Sumatra Barat; INSAN

CENDIKIA MANDIRI.

Jurnal Konvergensi. Heri setiyo 2019. Meningkatkan Motivasi dan

hasil belajar IPS kompetensi ciri-ciri negara maju dan

berkembang melalui penerapan pembelajaran koorperatif

model stad bagi siswa. Surakarta : V.VI. No 27

Jurnal pendidikan emperisme.Dwi Ningsih 2020.Penggunaan

google form sebagai pengembangan tes tertulis pada

materi mitigasi bencana alam kelas xi IPS SMA Negeri 3

Batam.V 7/No 18

Kristiawan M. 2017. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta; CV

BUDI UTAMA

Khairani, Makmun. 2017. Psikologi Belajar. Yogyakarta; In Aswaja

Pressindo

Lubis, Elviana., 2021. “Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan

Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VII SMP

Negeri 1 Ranto Baek T.A 2020/2021 - Repository UIN

Sumatera Utara.”

Arifin muhammad. 2021. Implementasi metode tutor sebaya dalam

upaya meningkatkan hasil belajar Medan: Umsu press

Nur'aini. 2020. Metode pengajaran Al-Qur'an dan seni baca Al-

Qur'an dengan ilmu tajwid. Semarang; CV Pilar

Nusantara.

Nurlizam., dkk. 2022. Proof of love for the Qur'an bukti cinta

terhadap Al-Qur'an. Ponorogo; Uwais Inspirasi Indonesia.

Nur Zannah, Anita. 2021. Penilaian autentik pada pembelajaran Al-

Qur'an. Medan: Umsu press

Nikmatul hasanah. 2022. Implementasi gerakan sekolah mengaji

disekolah SMPN 1 Kadungjajang Lumajang.

Rukhayati. 2020. Strategi guru PAI dalam membina karakter

peserta didik SMK Al-Falah Salatiga. Salatiga; Lembaga

Penelitian dan pengabdian kepala masyarakat LP2M IAIN

Salatiga.

Rohmi Lestari, 2016. “Strategi Mengatasi Kesulitan Membaca

AlQur’an Dengan Metode Active Learning Pada Kelas VII

Di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Akademik

/2016”, Surakarta: Fakultas Agama Islam, Universitas

Muhammadiyah Surakarta.

Rokim. 2021. Solusi mudah dan menyenangkan belajar Al-Qur'an

Jawa Timur: Nawa Utera Publishing

Salamah, Chomeidi. 2018. Pendidikan Dan Strategi Pembelajaran

Sekolah. Jakarta; In PT.Gramedia.

Saringatun. 2022. Inovasi pembelajaran diabad 21

Sukoharjo:PRADINA PUSTAKA

Waliko. 2022. Metode tahfidz Al-Qur'an di Nusantara. Banyumas;

Wawasan Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v7i2.530

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.