MANAJEMEN KINERJA BERBASIS BUDAYA RELIGIUS DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MA MAMBAUL ULUM TUNJUNGMULI KECAMATAN RAKIT KABUPATEN BANJARNEGARA

Sudadi Sugiyanto

Abstract


Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Perencanaan kinerja; Pengorganisasian kinerja; Pelaksanaan kinerja; Pengawasan kinerja berbasis budaya religius dalam meningkatkan profesionalisme guru di MI Bandingan Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) Perencanaan kinerja berbasis budaya religius dalam meningkatkan profesionalisme Guru, pertama merumuskan program budaya religius yang akan dilaksanakan, berupa; (a) menyusun kegiatan budaya religius, (b) menetapkan budaya religius yang akan diterapkan, dan (c) melaksanakan kegiatan budaya religius, kedua penentuan kegiatan budaya religius; yang memuat (a) disiplin, (b) teladan, (c) kebersamaan,(d) damping peserta didik shalat berjamaah, (e) tilawah, ketiga kebijakan dalam kegiatan budaya religius; keempat arah yang akan ditempuh dalam kegiatan budaya religious; 2) Pengorganisasian Kinerja Berbasis Budaya Religius, pertama pembagian kerja yang logis, berkoordinasi dengan wakil kepala madrasah, serta para guru. Kedua penetapan tanggung jawab dan wewenang, Ketiga pengukuran pelaksanaan dan prestasi yang dicapai; 3) Pelaksanaan Kinerja Berbasis Budaya Religius yaitu setiap guru disiplin dalam mengerjakan tugasnya baik itu dalam proses pembelajaran maupun di luar pembelajaran, menjadi teladan yang baik, membaca al-Qur’an dengan baik dan benar, selalu mendampingi peserta didik dalam melaksanakan shalat berjamaah yang dilakukan secara bergantian juga selalu menjaga kebersamaan antar guru dalam menjalankan tugasnya. 4) Pengawasan Kinerja Berbasis Budaya Religius dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MI Bandingan Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara, kepala madrasah saya terjun langsung berpartisipasi dalam menerapkan budaya religius di madrasah sekaligus mengawasi para guru dalam menerapkan budaya religius sertamemotivasi para guru yang lalai dalam kegiatan tersebut, dan bahkan teguran atau sangsi saya lakukan jika adaguru yang selalu membiasakan hal buruk tersebut

The problems examined in this study are performance planning; Organizing performance; Performance implementation; Performance monitoring based on religious culture in improving teacher professionalism at MI Bandingan, Rakit District, Banjarnegara Regency. The data were analyzed using a descriptive analysis model consisting of data collection, and drawing conclusions (verification). The results of the study found that: 1) Performance planning based on religious culture in improving teacher professionalism, first to formulate a religious culture program to be implemented, in the form of; (a) arranging religious-cultural activities, (b) determining the religious culture that will be applied, and (c) carrying out religious-cultural activities, secondly determining religious-cultural activities; which contains (a) discipline, (b) exemplary, (c) togetherness, (d) accompanying students to pray in congregation, (e) recitation, the three policies in religious-cultural activities; the four directions to be taken in religious- Sudadi dan Sugiyanto 167 Inspirasi – Vol. 5, No.2 Juli – Desember 2021 cultural activities; 2) Organizing Performance Based on Religious Culture, first a logical division of labor, in coordination with the deputy head of the madrasah, as well as the teachers. Second, the determination of responsibility and authority. Third, measurement of implementation and achievement; 3) Performance Implementation Based on Religious Culture, that is, every teacher is disciplined in doing his / her duties both in the learning process and outside of learning, being a good role model, reading the Koran properly and correctly, accompanying students in carrying out congregational prayers alternately also always maintain togetherness between teachers in carrying out their duties. 4) Performance Supervision Based on Religious Culture in Improving Teacher Professionalism at MA Bandingan, Rakit District, Banjarnegara Regency, my madrasa principal directly participated in implementing religious culture in madrassas as well as supervising teachers in implementing a religious culture and motivating negligent teachers in these activities, and even reprimand or sanction me if there are teachers who always get used to these bad things 


Keywords


manajemen' kinerja; profesionalisme; management; performance; professionalism

Full Text:

PDF

References


Allee, John Gage, Websters Dictionary, Chicago: Wilcox & Folt Book Company, 2013.

Amstrong, Michael,Performance Management; Key Strategies and Practical

Guidelines, USA: Kogan Page Limited, 2016.

Arikunto, Suharsimi,Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT Rineka

Cipta, 2010.

Barnawi & Muhammad Arifin. Kinerja Guru Profesional. (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Bartol, et,al, Management a Pacific Rim Focus,Australia: Mc, Graw Hill Book

Company, 2008.

Certo & Certo, S,T, Modern management: Concepts and skills, Upper Saddle River,

New Jersey: Prentice Hall, 2012.

Dali, Zalwan,Manajemen Mutu Madrasah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.

Manajemen Kinerja Berbasis Budaya....

Inspirasi – Vol. 5, No.2 Juli – Desember 2021

Danim, Sudarwan, Kepemimpinan Kepala Madrasah Kepemimpinan Jenius (IQ + EQ),

Etika, Perilaku Motivasional, dan Mito, Bandung: Alfabeta, 2010.

Darmiyati Zuchdi, Humanisasi Pendidikan: Menemukan Kembali Pendidikan yang

Manusiawi, Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

Daryanto & Mohammad Farid, Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah,

Yogyakarta: Penerbit Gava Media, 2013.

Dharma, Surya,Manajemen Kinerja, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 20.

Dessler, Gary,Human Resources Management, England: Pearson Education, 2013.

Djamarah, Syaiful Bahri,Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta:

Rineka Cipta, 2010.

Hadi, Sutrisno,Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 2014.

Hamalik, Oemar,Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: UPI dan Remaja

Rosdakarya, 2016.

Hasibuan, Malayu S.,Manajemen Dasar, Pengertian. dan Masalah (Jakarta: Bumi

Aksara. 2017.

Kompri, Manajemen Madrasah Teori dan Praktik, Bandung: Alfabeta. 2014.

Kreitner, Robert dan Angelo Kinicki, Organizational Behavior, terj. Biro Bahasa

Alkemis, Jakarta: Salemba Empat, 2014.

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifitaskan Pendidikan Agama

Islam di Madrasah, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 2010.

Minarti, Sri,Manajemen Madrasah Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri,

(Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2011.

Muzayyin Arifin, Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum, (Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi, Bandung: PT Remaja

Rosdakarya, 2014.

Mulyasa, E.,Menjadi Kepala Madrasah Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosda

Karya, 2017.

-------.,Manajemen Berbasis Sekolah, (Bandung: Remaja Rosdakarya,2013

Moenir,A.S.,ManajemenPersonaliadanSumberdayaManusia,Yogyakarta:BPFE, 2014

Sudadi dan Sugiyanto

Inspirasi – Vol. 5, No.2 Juli – Desember 2021

Nawawi, Hadari, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis yang Kompetitif,

Yogyakarta: Gaja Mada University Press, 2012.

Noe, Raymond A. et al., Human Resources Management, Singapore: Mc Graw Hill,

Pidarta, Made, Landasan Kependidikan Stinulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia,

Jakarta: Rineka Cipta, 2017.

Rahman, Hasanudin, Manajemen Fit & Proper Test, Yogyakarta; Pustaka Wijaya Tama,

Rusman, Model-Model Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.

Sanjaya, Wina,Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi,

Jakarta: Kencana, 2016.

Sahlan, AMAun,Mewujudkan Budaya Religius di Madrasah, Malang: UIN-Maliki

Press, 2019.

Samsudin, Sadili, Manajemen Sumber Daya. Bandung: Pustaka Setia, 2016.

Salahudin, Anas dan Irwanto Alkrienciehie. Pendidikan Karakter Pendidikan Berbasis

Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: Pustaka Setia, 2013.

Sallis, Edward, Total Quality Management in Education, London: Kogan Page

Educational Management Series, 2013

Sagala, Syaiful,Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung:

Alfabeta, 2009

Shihab, M. Quraish, Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an, Vol.

, Jakarta: Lentera Hati, 2011.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantiatif, Kualitatif, Dan R&D,

Bandung: Alfabeta, 2017.

Sunhaji, Manajemen Madrasah, Purwokerto: STAIN Purwokerto Press, 2018.

Sulistyorini, Manajemen Pendidikan Islam Konsep, Strategi dan Aplikasi, Yogyakarta:

Teras, 2019.

Suharsaputra, Uhar, Administrasi Pendidikan. (Bandung: PT Refika Aditama. 2013.

Terry, George R., Principle of Management, 6th Edition, Georgetown: Richard D, Irwing

Inc, 2012.

Manajemen Kinerja Berbasis Budaya....

Inspirasi – Vol. 5, No.2 Juli – Desember 2021

Trisnawati, Sule dan Saefullah Kurniawan, Pengantar Manajemen, Jakarta: Kencana,

Usman, M. Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rondakarya, 2016

Usman, Husaini, Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan, (Jakarta: Bumi

Aksara. 2019.

Wukir, Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi Madrasah, Yogyakarta:

Multi Presindo, 2013.

Yamin, Martinis, Profesionalisasi Guru Dan Implementasi KTSP, Jakarta: Gaung

Persada Press, 2019.

Zainuddin, dkk., Seluk Beluk Pendidikan Dari Al-Ghazali, Jakarta: Bumi Aksara, 2011




DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v5i2.287

Article Metrics

Abstract view : 161 times
PDF - 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.