IMPLEMENTASI METODE CODAC LEARNING PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LKP “IKIM†PURWODADI Studi Eksperimen tentang Implementasi Metode Codac Learning Pada Pendidikan Agama Islam Di LKP “IKIM†Purwodadi
Abstract
Dunia pendidikan agama khususnya pendidikan Agama Islam dihadapkan pada berbagai masalah yang sangat kompleks. Metode adalah cara yang teratur dan terpikir baik-baik untuk mencapai maksud yang diinginkan. Metode Codac Learning, Codac Learning ini diambil dari kata (Cooperative Learning = Co), Discovery Learning (D), Active Learning (A), dan Contextual Learning (C). Kemudian peneliti akan menguji efektivitasnya melalui eksperimen.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan motivasi belajar antara mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran Codac Learning dengan yang mengikuti model pembelajaran konvensional.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran dari hasil tersebut, ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Pada kelas kontrol menggunakan metode konvensional (ceramah), dosen lebih aktif sebagai pemberi pengetahuan kepada mahasiswa, dan mahasiswa hanya mendengarkan keterangan dari dosen. Hal tersebut tidak diimbangi dengan aktifnya mahasiswa. Selisih mahasiswa aktif pada metode konvensional dengan codac learning yaitu 60%-80%, praktek selisih 13%, sedangkan teori hasilnya sama. Sedangkan pada kelas eksperimen menggunakan metode Codac Learning lebih efektif dari pada peserta didik yang tidak diberi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Codac Learning.
The world of religious education, especially Islamic education, is faced with very complex problems. A method is an organized and well thought out way to achieve a desired goal. The Codac Learning method, Codac Learning is taken from the words (Cooperative Learning = Co), Discovery Learning (D), Active Learning (A), and Contextual Learning (C). Then the researcher will test its effectiveness through experiments.The purpose of this study was to examine the differences in learning motivation between students who follow the Codac Learning learning model and those who follow the conventional learning model. The results showed that the learning model, there were differences in learning outcomes between the experimental class and the control class. In control class using conventional methods, the lecturer is more active as a giver of knowledge to students, and students only listen to information from the lecturer. This is not balanced with active students. The difference between active students in the conventional method and codac learning is 60% -80%, the practice difference is 13%, while the theoretical results are the same. While the experimental class using the Codac Learning method is more effective than students who are not given learning using the Codac Learning learning model.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.
Budiningsih, Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka Edisi II.
Fauzi, Ahmad dkk. “Inovasi Pembelajaran Ilmu Falak Menggunakan CODACC Learningâ€. Jurnal Pendidikan Vol. 14 No. 1 Februari 2019 IAIN Kudus Sinta 2.
Fauzi, Ahmad. 2019. Pengaruh Model Codac Learning Dan Gaya Kognitif Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Ilmu Falak, Disertasi. Semarang: UIN Walisongo.
Hasbullah, 2005. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Makarao, Nurul Ramadhani. 2009. Metode Mengajar Bidang Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Ma’tsumah, Lift Anis. 2014. Pengaruh Model Connac Learning dan Pengelolaan Kelas Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Pendidikan Agama Islam, Disertasi. Semarang: Pascasarjana UIN Walisongo.
Nata, Abuddin. 2001. Filsafat Pendidikan Islam. Ciputat: PT. Logos Wacana Ilmu.
Nizar, Samsul. 2008. Memperbincangkan Dinamika Intelektual dan Pemikiran Hamka tentang Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media Group.
Tafsir, Ahmad. 2013. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Ramaja Rosdakarya.
Ulya, Nur Maziyah. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab (Studi Eksperimen Pada MAN 1 Semarang), Disertasi. Semarang: UIN Walisongo.
Usman, Basyirudin. 2002. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta : Ciputat Press.
Zaini, Hisyam. 2002. Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Center for Teaching Staff Development IAIN Yogyakarta.
Zulkifli. 2011. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Pekanbaru: Zanafa Publising.
DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v5i2.286
Article Metrics
Abstract view : 102 timesPDF - 17 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.