PENERAPAN METODE GALLERY WALK DALAM MENINGKATKAN SIKAP TOLONG MENOLONG PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR ISLAM AR-RAHIIM UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsurunsur manusiawi, internal, material, fasilitas perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1.Untuk Mengetahui Bagaimana penerapan metode gallery walk pada pembelajaran PAI kelas V di SD Islam Ar-Rahiim Ungaran Timur. 2. Untuk mengetahui sikap tolong menolong siswa kelas V di SD Islam Ar-Rahiim Ungaran Timur. 3. Untuk Mengetahui Bagaimana penerapan metode gallery walk pada pembelajaran PAI kelas V dalam meningkatkan sikap tolong menolong siswa di SD Islam Ar-Rahiim Ungaran Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa : metode Gallery Walk ini dapat melatih untuk tidak egois dalam kelompok, saling kerja sama mendiskusikan materi yang sudah diberikan dan melatih kami untuk berani dalam mengutarakan pendapat kami masing – masing. Sikap tolong menolong siswa itu sendiri merupakan suatu keahlian yang dikuasai oleh siswa untuk dapat sukses menjalani pembelajaran dengan menguasai materi yang dipelajari. Penerapan metode Gallery Walk ini dalam meningkatkan sikap tolong menolong siswa terutama pada mata pelajaran Aqidah Ahklak.
Â
Â
Learning is a combination composed covering elements, humane internal, material facilities, equipment and procedure affect each other in achieving the purpose of learning. The purpose of this research is: 1. knowing how the application of a method of gallery walk on learning in primary schools grade pie ar-rahiim ungaran islamic east. 2. to know the help students grade primary Ar-rahiim ungaran islamic east. 3. to see how the implementation of a gallery walk on learning pies grade to help students in the islamic east ungaran ar-rahiim primary school. Type this research is fieldwork qualitative, methods used is interview, observation and documentation. The results of research shows that: method gallery walk can train to unselfish, in groups quality cooperation discussed material already provided and trains us to be bold in our opinion being expressed. The help students itself is a skill that is mastered by students for can do well to learning by controlling matter learned. The gallery method walk in increase the help one another students especially on the subjects of aqidah ahklak.
Â
Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A Arif Budiarto. 2011, Problematika Implementasi Metode gallery Walk dalam Pembelajaran Biologi Materi Pokok Virus Kelas X DI MA Islamiyah At-Tanwir Talun Sumberjo Bojonegoro, Semarang: IAIN Walisongo
A. Mulyasa. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya. Anggito dan Johan. 2018. Metodologi penelitian Kualitatif. Sukabumu: CV Jejak
Arief, Armai. 2002. Pengantar dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Perss
Armai Arif, 2002. Pengantar Ilmu Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press,
Asmani, Jamal Ma’mur. 2010. Panduan Efektif Bimbingan dan Konseling DiSekolah. Jogjakarta: DIVA Press.
Brannen, Julia. 2005. Memadu Metode Penelitian: Kualitatif & Kuantitatif
Djohar, 2003, Pendidikan Strategik: Alternatif untuk Pendidikan Masa Depan, Yogyakarta: Lesfi
Fatimah Djajasudarma, 1993. Metode Linguistik, Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Jakarta : Refika Aditama
Ismail, 2008, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasisi PAIKEM Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan, Semarang: RaSAIL Media Group.
Ismail, 2008, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Semarang: RaSAIL Media Group
K.F Jonson, 2006. Strategies for Improving Reading Comprehension in Grades K-8, (California : Corwin Press.
Kristanto. 2018. Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Yogyakarta: Deepublish
Maiyaningsih dan Mistina. 2018. Bukan Kelas Biasa Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inofasi Pembelajaran di Kelas-Kelas Inspiratif. Surakarta: CV Kekata Group
Martinis Yamin, 2006. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta. Gaung Persada Press dan Center for Learning Innovation (CLI).
Moleong Lexy J, 2004, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, Remaja Rosdakarya
Nidia Dwi Nuraini, 2019, Penerapan Metode Gallery Walk dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fikih di MA Hasyim Asy’ari Bangsri Sukodono Sidoarjo, Surabaya: IAIN Sunan Ampel
Pandiangan. 2019. Penelitian Tindakan Kelas (Sebagai Upaya Peningkatan Kulitas Pembelajaran Profesionalisme Guru dan Kompetensi Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish
Rohyeni. 2012, Efektifitas Penerapan Metode Gallery Walk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Ddidik Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Lambang Bilangan Semester I Kelas IV Tahun 2012 MI Islamiyah Banyuputih Batang. Semarang: IAIN Walisongo
Siti Maulidatun, 2012, pembelajaran dan penerapan metode galley walk, Semarang: IAIN Walisongo
Suja’i 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: Bumi Aksara.
Supardan, Dadang. 2011. Pengantar Ilmu Sosial Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v5i1.254
Article Metrics
Abstract view : 394 timesPDF - 64 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.