NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA KESENIAN REBANA SONGGO BUMIDI DESA GLAWAN KECAMATAN PABELANKABUPATEN SEMARANG
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan nilai-nilai keagamaan berfungsi mempersiapkan anak menjadi anggota masyarakat yang memahami dan mengamalkan nilai-nilai ajaran agamanya dan/atau menjadi ahli ilmu agama. Tujuan dari penelitian ini adalah (1). Mendeskripsikan pelaksanaan kesenian rebana Songgo bumi di Desa Glawan; (2). Mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam pada kesenian rebana Songgo bumi di Desa Glawan; (3). Mengetahui dampak kesenian rebana Songgo bumi terhadap masyarakat Desa Glawan Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan mengambil lokasi di Kesenian rebana Songgo bumi Desa Glawan Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis datanya dengan cara mereduksi data, display data, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat proses pelaksanaan kegiatan latihan, rutinan, dan tampilan pada kesenian rebana Songgo bumi yang di dalamnya terdapat kegiatan dan mengandung nilai-nilai pendidikan Islam yaitu : (1) Nilai kebudayaan dalam tujuan melestarikan kebudayaan Islam yang sudah berkembang di masyarakat; (2) Nilai jasmani dalam pelaksanaan kegiatan kesenian rebana; (3) Nilai kejiwaan pada syair-syair sholawat yang dikumandangkan; (4) Nilai akidah dalam pelaksanaan kegiatan pembacaan tawassul; (5) Nilai akal pada pelaksanaan kegiatan pembacaan kitab Ad-dhiba’ dan Al-Barzanji; (6) Nilai keindahan pada pelaksanaan pembacaan kitab Ad-dhiba’ dan Al-barzanji, juga pada syair-syair yang dikumandangkan di dalamnya; (7) Nilai akhlak dalam pelaksanaan kegiatan Mahalul qiyam dan cara berpakaian. Dampak dengan adanya kesenian rebana Songgo bumi diantaranya, semakin termotivasi untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt, merubah perilaku pemuda yang sebelumnya negatif menjadi positif, memudahkan masyarakat untuk mencari pengisi acara dalam kegiatan hajat mereka, dan memasyarakatkan sholawat.
Â
Kata kunci : Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Kesenian Rebana Songgo Bumi
Â
Religious education values serves prepare children to people who understand and indeed of his religion and nilai-nilai / or are the religious science. The purpose of this research is (1). described the tambourine in the earth art songgo glawan; (2). know nilai-nilai islamic education at art tambourine songgo earth in the village glawan; (3). know the impact of art tambourine songgo land and villagers in semarang glawan pabelan district in 2019. The qualitative method was used in the study and take locations in the earth art tambourine songgo village glawan kecamatan pabelan kabupaten semarang .Data collection method used namely observation, interviews and documentation .Reduce analyzing of by means of technical data, display data, and draw conclusions The research results show that there is the implementation of the activity exercise, rutinan, and display art on the sound of israel timbrels songgo the earth in which there are outstanding activities and containing islamic education values of what god has (1 ). the value culture in purpose islamic cultural preserve improved in a community; (2). the value in implementation of activities physical art a tambourine; (3). the value to spafford words at the sholawat who was aired, (4). the value is in implementation of activities reading tawassul; (5). the value in the sense the book of ad-dhiba and al-barzanji; (6) the value beauty on the implementation of the book of ad-dhiba and al-barzanji , also on to spafford words that was aired in it; ( 7). the value the remembrance of the home in implementation of activities mahalul qiyam and manner of dress The impact on the art of tambourine songgo earth , be more motivated to get closer to god , change behavior youth before negative to positive, facilitate the public to find the events in their control activities and promote sholawat.
Â
Keywords:Values, islamic education tambourine songgo earth art
Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, Dadang Sobar dan Djaliel, maman Abd. 2016. 100 Shalawat Nabi Paling Berkhasiat (Penjelasan, riwayat dan khasiatnya). Bandung: CV. Pustaka Setia.
Al-Syaibany, Omar Mohammad Al-Toumy. 1975. Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Beni, Ahmad Saebani. 2012. Ilmu Pendidikan Islam 1. Bandung: CV Pustaka Setia.
Helmawati. 2013. Pendidikan Nasional dan Optimalisasi Majelis Ta’lim. Jakarta: Rineka Cipta.
Hidayat, Otib Satibi. 2008. Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka
Kementrian Agama RI. 2014. Al Qur’an Terjemah dan Tajwid. Surakarta: Ziyad Books
Nasr, Sayyed Hossein (terj. Afif Muhammad). 1933. Spiritualitas dan Seni Islam. Bandung: Mizan.
Nata, Abuddin. 2007. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana, Cet ke-2.
Sarwiji, Bambang. 2006. Kamus Pelajar Bahasa Indonesia. Jakarta: Ganeca Exact. Cetakan Pertama.
Sudibyo, Lies. 2013. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET
Syantut, Khalid Ahmad. 2007. Melejitkan Potensi Moral dan Spiritual Anak. Bandung: PT Syammil Cipta Media.
Tafsir, Ahmad. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Cetakan Pertama
Utama, Tegar. 2014. Ensiklopedia Alat Musik Tradisional. Bandung: CV Angkasa
Qardhawi, Yusuf. 2000. Halal Haram Dalam Islam. Solo. Era Intermedia
https://anggaariskaa.blogspot.com/2016/07/nilai-nilai-pendidikan-islam-pada.html.
https://muhammadjazuli.wordpress.com/2012/04/10/musik-rebana-materi-alternatif-pendidikan-seni-di-sekolah/.
http://muhilalashar.blogspot.com/2014/10/pengertian-nilai-moral-norma-etika.html.
https://www.rebana.net/blog/sejarah-rebana/.
DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v5i1.251
Article Metrics
Abstract view : 174 timesPDF - 58 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.