DAMPAK POLA ASUH TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA DAN KEMANDIRIAN ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN YATIM DARUL HIKMAH MUHAMMADIYAH BOROBUDUR

Imam Anas Hadi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah pola asuh apa yang diterapkan di panti asuhan yatim Darul Hikmah Muhammadiyah Borobudur terhadap anak asuhnya. Bagaimana dampak pola asuh di panti asuhan yatim Darul Hikmah Muhammadiyah Borobudur terhadap pendidikan agama dan kemandirian anak asuhnya. Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pola asuh yang dilakukan panti asuhan yatim Darul Hikmah Muhammadiyah Borobudur. Penelitian ini dengan penelitian bersifat kualitatif dan merupakan jenis penelitian lapangan. Hasil penelitiannya sebagai berikut pola asuh panti asuhan yatim Darul Hikmah Muhammadiyah Borobudur dengan pola asuh demokratis. Dampak pola asuhnya yang positif dari anak asuh individu yang berinisiatif dalam segala hal, mampu mengerjakan tugas rutin yang dipertanggungjawabkan padanya, tanpa mencari pertolongan dari orang lain, memperoleh kepuasan dari pekerjaannya, mampu mengatasi rintangan yang dihadapi dalam mencapai kesuksesan. Sedangkan dampak negatif yang muncul kadang anak dalam memahami pola demokratis yang diterapkan dalam asuhan menjadi berlebihan dalam menentukan apa yang akan dilakukan, sehingga terdapat anak yang mendapatkan hukuman. Faktor pendukung lingkungan, orang tua asuh, pola asuh, karakter anak asuh. faktor penghambatnya lokasi panti dengan lembaga pendidikan cukup jauh, latar belakang anak asuh yang berragam, pembiayaan yang pas-pasan, keterbatasan dalam pengawasan. Kata kunci: pola asuh, pendidikan, agama, kemandirian The purpose of this research is pattern foster what applied in an orphanage orphan darul wisdom muhammadiyah borobudur against children asuhnya .How impacts foster patterns in an orphanage orphan darul wisdom muhammadiyah borobudur to education and independence of the religious asuhnya .What are the advocates and inhibitors foster in a pattern conducted an orphanage orphan darul wisdom muhammadiyah borobudur. The research by qualitative and research is the type of field research. Her research the following foster pattern an orphanage orphan darul wisdom muhammadiyah borobudur with the democratic foster . The impact of the asuhnya positive from foster care individuals an initiative in everything, able to perform routinely which accounted for him, without seeking help from others, obtain satisfaction of his job, to cope with hurdles faced in achieve success. While the negative impact that appears sometimes children in understanding the democratic applied with overblown in determining what to do, and there were children getting punished. Environmental advocates, factor foster parents, foster, pattern character. foster care The institution penghambatnya location to educational institution, far enough background that berragam, foster care , barely adequate financing limitations in supervision.

Keywords


pola asuh; pendidikan; agama; kemandirian;foster pattern; education; religion; independence

Full Text:

PDF

References


Ari Kunto. Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek, Jakarta:

Rineka Cipta.

Diyah Febriani. 2010. “Pola Asuh Orang Tua Dalam Membina Pendidikan Agama

Islam (StudiKasus Lima Keluarga di Dusun Kedungjati, Selopamioro Imogiri

Bantul)â€,Skripsi, Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Halim, Amran. 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Hasanah, Uswatun. 2018. Kemandirian Siswa Full Day School. Skripsi, Fakultas

Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Hidayah, Banawati Nur. 2017. Pola ASUH Orang Tua Dalam Mengembangkan

Kemandirian Anak Usia Dini Di Dukuh Branglormancasan Baki Sukoharjo

Tahun 2017. Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta.

Hidayat, Taufik. 2008. “Program Kemandirian Anak Asuh Di Panti Asuhan Yatim Putri

‘Aisyiayah Serangan Yogyakartaâ€, skripsi, Fakultas Dakwah UIN Sunan

Kalijaga Yogyakarta.

Http: // digilib .uin-suka .ac.id / id /eprint / 30645.

Ihsan, Fuad. 2005. Dasar-DasarKependidikan.Jakarta : PT RinekaCipta

Lumaksono, Sigit. 2011. Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam D

Sekolah Dasar Negeri II Kandangwangi Kecamatan Wanadadi Kabupaten

Banjarnegara Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi, Jurusan Tarbiyah STAIN

Purwokerto.

Maibang, Suci Wahyuninta. 2017. Peran Panti Asuhan Puteri ,Aisyiyah Dalam

Mengembangkan Kreativitas Anak. Skripsi, Fakultas Dakwah Dan Komunikasi

UIN Sumatera Utara.

Marom, Aufal. 2008. Fungsi Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan

Pengalaman Ibadah Shalat Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri Tuban. Skripsi,

Fakultas Tarbiyah UIN Malang.

Muhaimin. 2012. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosda karya

Nata, Abuddin.2003. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bandung: ANGKASA.

Rianti, Ervina dan Ifdil. 2019. Kemandirian Anak Panti Asuhan. Jurnal Schoulid. 3(2).

Hal.29-34. Sumatera Barat: UIN Padang.

Shobron, Sudarno. 2008. Studi Islam 3. Surakarta: Lembaga Pengembangan Ilmu-Ilmu

Dasar (LPID) UMS.Dampak Pola Asuh Terhadap Pendidikan Agama....

Inspirasi – Vol. 5, No. 1 Januari – Juni 2021

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian PendidikanPendekatanKualitatif, Kuantitatif, dan

R&D. Bandung: Alfabeta

Sukardi.2005.Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensidan Praktiknya. Jakarta:

Bima Aksara

Taufik. 2009. Dampak Pola Asuh Singgle Parent Terhadap Tingkah Laku Beragama

Remaja (Study Kasus Dua Remaja Pada Dua Keluarga Singgle Parent di

Dusun Kuden, Sitimulyo , Piyungan, Bantul)â€, Skripsi Fakultas Dakwah UIN

Sunan Kali Jaga Yogyakarta.

UU Nomor 23 .2002,Tentang Perlindungan Anak, Jakarta: 2002.

UU Nomor 4, Tentang Kesejahteraan Anak , Jakarta:1979.

UU RI no 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika

Yusuf, Syamsu. 2000. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung: Remaja

Rosda




DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v5i1.250

Article Metrics

Abstract view : 401 times
PDF - 159 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.