STRATEGI PEMBELAJARAN INOVATIF KOOPERATIVE DI MASA PANDEMI

Imam Anas Hadi

Abstract


Kemampuan profesional yang harus dimiliki oleh pendidik adalah strategi
pembelajaran. Tugas utama pendidik adalah mengajar yang berarti membelajarkan siswa
untuk mencapai kompetensi. Kompetensi tersebut telah dirumuskan dalam kurikulum
yang berfungsi sebagai pedoman pelaksanaan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa pengertian mengajar, apa pengertian strategi pembelajaran, dan   strategi pembelajaran apa yang tepat untuk siswa pada masa pandemi?. Metode penelitian ini adalah kualitatif yang datanya diperoleh dengan library research. Hasil penelitiannya adalah mengajar adalah kemampuan mengkondisikan situasi yang dapat dijadikan proses belajar. Strategi pembelajaran adalah cara yang akan digunakan oleh pengajar untuk memilih kegiatan belajar yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Strategi pembelajaran merupakan kegiatan untuk mengupayakan serta memanfaatkan segala sumber belajar yang dimiliki guna mencapai kompetensi. Strategi pembelajaran bagi pendidik menjadi pedoman dan acuan bertindak yang sistematis dalam pembelajaran, sedangkan bagi siswa, dapat mempermudah proses belajar. Penggunaan strategi pembelajaran inovatif kooperative  di masa pandemi sangat tepat, karena mampu menarik dan membangkitkan motivasi siswa dalam pembelajaran.


Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Inovatif, Kooperative.

 

Ability professional educator strategy should be owned by is learning.The main task of which means membelajarkan educator is teaching of students to reach. Competence has been formulated in the curriculum that serves as the guidelines of the learning process . The purpose of this research is to know what sense teaching, sense learning what strategy, and strategies learning that which is proper to students on the pandemic? The research is qualitative data obtained by library research. Her research is teaching is the ability of mengkondisikan a situation which can be made by the learning process. Learning strategy is the way to be used by teachers to choose that will be used for learning activities the teaching process .Learning is strategy to seek their activities and make use of all the source of learning which owned to achieve competence. The learning program was meant to make and use all the learning owned to achieve competence . Educator strategy basis for a guide and reference acting in learning, systematic for students, and to simplify learning. The use of learning strategies and innovative in the exact pandemic , because it can attract and excite motivation of students in learning.

 

Keyword : learning, strategy, innovative, kooperative.

 


Keywords


Strategi Pembelajaran; Inovatif; Kooperative; learning; strategy; innovative; kooperative.

Full Text:

PDF

References


Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019. , Pub. L. No. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2020 Nomor 326 (2020).

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19)

Azizah Nurul Fadlilah, 2000, Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, VOL. 5 NO. 1

Abdulhak, Iskak, 2000, Pelaksanaan Inovasi Pendidikan. Jakarta : Penerbitan Universitas Terbuka.

Aqib. Z., 2013, Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontektual (Inovatif).Bandung : YRAMA WIDYA.

Degeng, I.N.S., 1989, Ilmu Pengajaran Taksonomi Variabel. Jakarta : Depdikbud.

Briliannur Dwi C dkk, Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Trunojoyo Madura, Vol. 7, No. 4

Din Wahyudin, dkk., 2012, Pengantar Pendidikan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Ibrahim, A. M. (2020, April 26). Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian dan Kebijakan Pemerintah Indonesia. Diambil 14 November 2020, dari Https://sukabumiupdate.com/ website: https://sukabumiupdate.com/detail/bale-warga/opini/68505-DampakCovid-19-Terhadap-Perekonomian-dan-Kebijakan Pemerintah-Indonesia

Joni, T.R., 1993, Strategi belajar-mengajar, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sri Anitah W, DKK., 2008, Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5).https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Udin S. Winataputra, dkk., 2011, Pembaharuan Dalam Pembelajaran Di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yaumi, Muhammad, 2018, Media Danteknologi Pembelajaran, Jakarta:

Prenada media Group




DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v4i2.197

Article Metrics

Abstract view : 808 times
PDF - 344 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.