IMPLEMENTASI MEDIA STRIP STORY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST POKOK BAHASAN GEMAR MEMBACA SURAT AL-BAYYINAH KELAS VI MI AL-ULUM BANDONGAN MAGELANG
Abstract
Serangkaian interaksi yang dibutuhkan agar proses belajar mengajar dapat berlangsung menyangkut semua aspek termasuk materi dan medianya. Seperti kenyataan yang ada bahwa banyak media yang dapat digunakan dalam menyampaikan materi-materi dalam pembelajaran. Untuk itu guru harus bisa memilih dan menerapkan suatu media yang sesuai dengan kondisi yang ada dalam lingkungan sekolah. Hal ini dimaksudkan agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui:(1)Implementasi media Strip Story sehingga dapat meningkatkan kemampuan menghafal surah Al-bayyinah pada kelas VI MI AL-ULUM Bandongan Magelang. (2) tingkat minat siswa dalam menghafal surah Al-bayyinah dengan menggunakan media Strip Story. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Penggunaan media Strip Story dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist pokok bahasan Gemar Membaca Surat Al-Bayyinah pada kelas VI MI Al-Ulum Bandongan Magelang, tahun ajaran 2017/2018. (2) Pengunaan media Strip Story mampu meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist pokok bahasan Gemar Membaca Surat Al-Bayyinah pada kelas VI MI Al-Ulum Bandongan Magelang, tahun ajaran 2017/2018.
Â
Â
Â
A series of the interaction that needed to make the teaching and learning process can last related to all aspects of including matter and medianya .Such as the fact that is that many media that can be used in conveying items in their experiences .For that teachers have to cannot vote and applying a media in accordance with their condition which is in the vicinity of the school .It is aimed the the teaching and learning process can work well the purpose of this study is to find: (1) the implementation of media strip story so can increase the ability of memorization chapter al-bayyinah on class vi mi al-ulum bandongan magelang.(2) the rate of interest of students in memorization chapter al-bayyinah with uses the media strip story.penelitian this was done in research methods have the act of a class ( ptk ). The result of the research indicated that: (1) media uses a strip story can improve student learning achievements in their experiences it an hadist subjects of is reading a letter al-bayyinah on class vi mi al-ulum bandongan magelang , the academic year 2017 / 2018 .(2) on use media strip story capable of interest of students in learning it an hadist subjects of is reading a letter al-bayyinah on class vi mi al-ulum bandongan magelang , the academic year 2017/2018
Â
Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar, 2003. Media Pembelajaran, Jakarta : Raja Grafindo Persada
Asmani, Jamal, 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Jakarta : Diva Press
A.W.Munawir, 1997.Kamus Al-Munawir Arab-Indonesia Terlengkap, Surabaya: Pustaka Progresif
Baharudin, 2010. Pendidikan dan Psikologi Perkemangan, Jogjakarta : Ar-ruzz Media
G.Wulo, 2002. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : PT.Grasindo
Hadjar Ibnu, 1996. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan, Jakarta : Grafindo Persada
Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. (Cetakan ke-7). Bandung : PT Citra Aditya Bakti
Hamalik, Oemar, 2001. Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara
Heinich, dkk, 1982. Instrutional Media and The New Technologies of Instruction, New York : John Wiley & Sons
Ibrahim, Abdulhalim, 1962. Almuwajjih Alfanniy Limudarrisiy Ilugat al-Arabiyah, Cairo : Daarulmaarif
Ismail SM, 2009. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAKEM, Semarang, RaSAIL
Kunandar, 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta : Rajawali Press
Latifah, 2011. Effektifitas Penggunaan Media Strip Story Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca di Pondok Pesantren Darussalam Sukalila Jatibarang Indramayu Jawa Barat. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Pascaarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Levie, W. Howard dan Levie, Diane, 1975. Pictorial Memory Processes, AVCR Vol . 23 No. 1 Spring 1975. pp. 81-87
Nasution S, 2000. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta : PT Bumi Aksara
Ramyulis, 2002. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Kalam Mulia
Saputri, Renda, 2014. Eksperimentasi Media Strip Story Terhadap Pemahaman Teks Bahasa Arab Kelas VIII C MTs Mu’allimin Parakan Temanggung Tahun Ajaran 2013/2014, Sekripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas IslamNegeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Sadiman, Arif S.2009.Media Pendidikan, Jakarta : Rajawali Press
Subyantoro, 2009. Penelitian Tindakan Kelas, Semarang : CV.Widya Karya
Suroso, 2009. Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta : Pararaton
Suryabrata, Suradi, 2010. Psikologi Pendidikan, Jakarta : Rajawali Press
Syah Muhibbin, 2009. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung : Remaja Rosdakarya
Syaodih Nana S, 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidik, Bandung : PT Remaja Rodakarya
Syukur, Fatah, 2005. Teknologi Pendidikan, Semarang : Rasail
Wayan, N dan PPN Sunartana, 2006. Evaluasi Hasil Belaja,. Surabaya : Usaha Nasional
Webster, Merriam, 1983. Webster’s Ninth New Cllegiate Dictionary Merriam Webster Inc
Ws, winkel, 1993. Psikologi dan Evaluasi Belajar, Jakarta : Gramedia
Yunus, Mahmud Prof, 1942. Attarbiyah watta’liim, Mathba’ah Padang Panjan
DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v4i2.195
Article Metrics
Abstract view : 151 timesPDF - 42 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.