DINAMIKA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA PADA MASA ORDE BARU (1966-1998)
Abstract
Dinamika lembaga pendidikan Islam di Indonesia tidak dapat dipisahkan dengan keadaan bangsa Indonesia sejak zaman kolonial sampai masa sekarang. Dinamika hubungan timbal balik antara pendidikan dan politik dalam suatu masyarakat terus meningkat, seiring dengan perubahan-perubahan yang terjadi dalam masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dinamika lembaga pendidikan Islam di Indonesia pada masa orde baru. Metode penelitian artikel ini adalah deskriptif naratif dengan menggunakan pendekatan sejarah. Hasil penelitiannya adalah Pada masa Orde Baru sejarah lembaga pendidikan Islam yaitu pesantren, madrasah dan sekolah Islam dalam pertumbuhan dan perkembangannya dipengaruhi oleh aspek kebijakan politik pemerintah. Aspek kebijakan politik di era Orde Baru dapat diidentifikasi dengan 3 hubungan yaitu hubungan antagonistik, resiprokal-kritis dan hubungan akomodatif. Aspek politik sangat mempengaruhi kebijakan pendidikan, sehingga dalam perkembangan lembaga pendidikan Islam di Indonesia menghasilkan tiga paradigma yaitu; paradigma Formisme, paradigma Mekanisme dan paradigma Organisme.
Â
Â
The dynamics of educational institutions islam in indonesia cannot be separated to the state of indonesian since colonial when i now. The dynamics of a reciprocal relation between education and politics in a society continues to rise, along with perubahan-perubahan happened in society. The purpose of this research is to find the dynamics of educational institutions islam in indonesia in the new order era . The methodology of this article is descriptive narrative by adopting history. Her research is in the new order era history islamic education institutions that is islamic boarding schools , madrasah and islamic schools in growth and how things work out influenced by the aspect of the political policy of the government . The aspect of the political policy in the new order era cannot be identified with 3 relationship that is antagonistic relations , accommodating resiprokal-kritis and relations. Political aspects affected education policy , so in the development of educational institutions muslims in indonesia yield three the paradigm paradigm; formisme , the mechanism and the organism.
Â
Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al- Chaidar, 1999, Wacana Ideologi Negara Islam, Jakarta: Daruh Falah
Azis Thaba, Abdul, 1996, Islam dan Negara dalam Politik Orde Baru, Jakarta: Gema Insani Press
Azra, Azyumardi, 2000, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Azra, Azyumardi, 2012, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III, Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Ezzati, A., 1998, Gerakan Islam, Yogjakarta: Pustaka Hidayah
Effendi Arif, 2008, Peran strantegis Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia, dalam Jurnal Pendidikan Islam el- Tarbawi No. 1, vol.1
Fuad Zakki, 2011, Sejarah Pendidikan Islam, Surabaya: IAIN Sunan Ampel.
Muhaimin, 2002, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Nizar, Samsul, 2005, Sejarah dan Pergolakan Pemikiran Pendidikan Islam, Potret Timiur Tengah Era Awal dan Indonesia, Jakarta: PT. Ciputat Press Groupe.
Nizar, Samsul, 2007, Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Rasulullah Sampai Indonesia, Jakarta: Kencana.
Saleh, Abdul Rachman, 2000, Pendidikan Agama dan Keagamaan Visi, Misi dan Aksi, Jakarta : PT. Gemawindu Pancaperkasa
Syamsuddin, Din, 2001, Islam dan Politik Era Orde Baru, Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu.
Sjamsuddin, Helius ,1996, Metodologi Sejarah, Jakarta: Depdikbud, Proyek
Pendidikan Tenaga Akademik.
Sanaky, Hujair, 2003, Paradigma Pendidikan Islam Membangun Masyarakat Madani Indonesia, Yogjakarta: Safiria Insania Press
Saridjo, Marwan, 2010, Pendidikan Islam dari Masa ke Masa, Jakarta: Yayasan Ngali Aksara dan Penamadani.
Sirozi, 1996, Politik Pendidikan , Dinamika Hubungan Antara Kepentingan Kekuasaan dan Praktek Penyelenggaraan Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Subhan, Arief, 2012, Lembaga pendidikan Islam Indonesia Abad ke 20 : Pergumulan antara Modernisasi dan Identitas, Jakarta: Kencana.
Stevens, Edward and Wood, George H. 1987, Justice, Ideologi, and Education, New York: Random House.
William F. O’neil, 1981, Educational Ideologies: Contemporary Expressions of Educational Philosophies, diterjemahkan oleh Omi Intan Naomi; Ideologi-Ideologi Pendidikan, Jakarta: Pustaka Pelajar.
Wahid, Fathul, 2008, Pemberdayaan Pendidikan Islam Merespon Perkembangan teknologi Informasi, dalam Jurnal pendidikan Islam el- Tarbawi, No.1, vol. 1.
DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v4i2.194
Article Metrics
Abstract view : 979 timesPDF - 132 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.