ANALISIS PERAN PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU MADRASAH (Studi di MI Muhammadiyah Madureso Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengetahui peran pemimpin dalam meningkatkan kinerja guru di MI Muhammadiyah Madureso Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen. Jenispenelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah orang-orang yang terkait dengan objek yang akan dipilih sebagai sumber utama yang ditentukan melalui purposive sampling, adapun informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru MI dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi sehingga mampu menggali peran pemimpin di MI Muhammadiyah Madureso. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Sedangkan keabsahan data yang digunakan adalah dengan menerapkan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Temuan penelitian pertama,peran interpersonal kepala madrasah sebagai figur (figurehead role), sebagai pemimpin (leader role), dan sebagai penghubung/perantara (liaison role).Kedua, peran informasional kepala madrasah yang terdiri dari peran sebagai pemonitor(monitor role), sebagai pembagi informasi (disseminator role), sebagai juru bicara (spokesman role). Ketiga, peran pengambilan keputusan (decisional role) kepala madrasah yang terdiri dari peran sebagai wirausaha (entrepreneur), sebagai pereda gangguan (disturbance handler role), sebagai pengalokasi sumber daya (resource allocator role), dan sebagai penegosiasi (negosiatorrole). Dan semuanya telah dapat dilaksanakan oleh kepala MI Muhammadiyah Madureso Kebumen dengan baik.
Â
Kata Kunci: Peran Pemimpin dan Kinerja Guru
Â
This study aims to identify and identify the role of leaders in improving teacher performance in MI Muhammadiyah Madureso, Kuwarasan District, Kebumen Regency. This type of research is qualitative research. The informants in this study are people who are associated with the object that will be selected as the main source determined through purposive sampling, while the informants in this study are the headmaster of madrasas, MI teachers and students. Data collection was carried out by in-depth interviews, observations, and documentation so as to explore the role of leaders in MI Muhammadiyah Madureso. Data analysis was performed by data reduction, data presentation, and verification. While the validity of the data used is by applying an extension of participation, perseverance of observation, and triangulation.
The first research findings, the interpersonal role of the madrasa head as a figure (figurehead role), as a leader (leader role), and as a liaison role.Second, the informational role of the madrasa head consisting of a role as a monitor (monitor role), as a disseminator of the information (disseminator role), as a spokesman (spokesman role).Third, the decision-making role (decisional role) of the madrasa head consisting of the role of an entrepreneur (entrepreneur), as a reliever of disturbance (disturbance handler role), as a resource allocator (resource allocator role), and as a negotiator (negotiator role).And everything can be implemented by the head of MI Muhammadiyah Madureso Kebumen well.
Â
Keywords: Role of Leaders and Teacher Performance
Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Kadir,Ahmad.2003.Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kualitatif. Makassar: Indobis Media Centre.
,
Bangkit, Sandi,2015, Manajer Sukses segala Hal Tentang Manajer dan Kepemimpinan, Yogyakarta: KOBIS
Basri, Hasan, 2009. FilsafatPendidikan Islam.Cet. I; Bandung: PustakaSetia
Blumberg, A. & Greenfield, W. 1986. The Effective Principal: Perspectives on School Leadership. Boston: Allyn and Bacon
Bogdan, R.C. & Biklen, S.K. 2007. Qualitative Research For Education: An Introduction to Theories and Methods. Boston: Allyn and Bacon
Danim, Sudarwan.2011.Profesi Kependidikan.Cet. II; Bandung: Alfabeta.
Daradjat, Zakiah.2012. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Daryanto.2008.Administrasi Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta
Daulay, Haidar Putra.2004.Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Edisi Revisi; Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Djamarah, Syaiful Bahri.2010.Guru dan Anak dalam Interaksi Edukatif (Suatu Pendekatan Teoritis Psikologi). Cet. III; Jakarta: Rineka Cipta.
Fahmi, Irham.2013.Manajemen Kepemimpinan Teori dan Aplikasinya. Bandung: Alfabeta.
Fathurrohman Pupuh, dkk.2011.Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama
Getteng Rahman.2013.Menuju Guru Profesional dan Ber-etika. Yogyakarta: Grha Guru.
Kartono, 2011.Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Raja Grafika Persada
Komariah, Aan dan Cepi Triatna. 2005. Visionary Leadership; Menuju Sekolah Efektif. Jakarta : Bumi Aksara.
Kunandar, 2007. Guru Profesional. Jakarta: PT Raja Grafindo
Makawimbang Jerry H, 2012. KepemimpinanPendidikan yang Bermutu.Bandung: Alfabeta
Mangkunegara.2004.Manajemen Sumber daya manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,
Moekijat. 2001. Dasar-Dasar Motivasi. Bandung: Pioneer Jaya
Moleong, Lexy J.2001.Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: PT Remaja Rosdakarya,
Mulyasa. E. 2003. Menjadi Kepala Madrasah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasution.2011. Metode Research: Penelitian Ilmiah. Cet. XII; Jakarta: Bumi Aksara.
Siagian, Sondang P. 2002. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja (Jakarta: Asdi Mahasatya
Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Tafsir, Ahmad. 2004, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Thoha, Miftah. 2013. Kepemimpinan dalam Manajemen, Jakarta: Rajawali Pers
Tobroni.2008.Pendidikan Islam ParadigmaTeoligis, FilosofisdanSpiritualitas.Cet. I; Malang: UMM Press.
Umar Bukhari.2011. IlmuPendidikan Islam. Cet. II; Jakarta: Amzah.
Wahjosumidjo.2011.Kepemimpinan Kepala Madrasah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Wardana Rudi.2008.Pendidikan: Proses dan Elemen yang Berpengaruh didalamnya. Jakarta: Bumi Aksara.
Wibowo, Agus. 2012. Menjadi Guru Berkarakter: Strategi Membangun Kompetensi dan Karakter Guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wijaya Cece.1992.Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Winardi.2001.Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.
DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v4i1.163
Article Metrics
Abstract view : 190 timesPDF - 45 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.