PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TAHFIZH SAB’UL MATSANI BIL-LAUHAH ALA MAROKO PADA SISWA KELAS VII DI PONDOK PESANTRENAL-USWAH GUNUNGPATI SEMARANG 2019

Moh Ngabdul Faqih

Abstract


 Development of the Tahfizh Sab'ul Matsani Bil-Lauhah Ala Moroccan Learning Model At VII Class in Gunungpati Al-Uswah Islamic Boarding School in Semarang 2019. This study aims to describe and analyze the module development process, module eligibility and measure the effectiveness of the use of the learning model Tahfizh Sab'ul Matsani Bil-Lauhah in Moroccan style to students at the Al Uswah Islamic Boarding School in Gunungpati. This research is a development or R&D research. The instruments of data collection used module validation sheets and pre-test and post-test instruments on the students' ability to read, memorize, write and interpret verses of the Qur'an analyzed by different tests (t test).The results of this study indicate that, firstly, the process of developing the Tahfizh Sab'ul Matsani Bil-Lauhah Moroccan learning module includes four stages, namely (a) define by analyzing the problems of tahfizh learning in Al Uswah Islamic boarding school, (b) design ) by analyzing the concepts and materials in the module to be designed, determining the materials and tools needed, (c) develop by making modules and conducting service tests through validators of material experts and media experts, and (d) dessiminate (dissemination) with applying the model to students in Al Uswah Gunungpati Islamic Boarding School. Second, the module development has a very good feasibility level seen in the aspect of the feasibility of the media with a value of 22 and the material aspects with a value of 35 in the category of very good or very feasible. Third, the use of modules is more effective which gives better results on the ability to read, write, memorize and interpret the Qur'an to the students in the Islamic Boarding School at Al Uswah Gunungpati.

 


Pengembangan Modul Pembelajaran Tahfizh Sab’ulMatsani Bil-Lauhah Ala MarokoPada Siswa Kelas VII Di Pondok Pesantren Al-Uswah Gunungpati Semarang 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses pengembangan modul, kelayakan modul dan mengukur efektifitas penggunaan model pembelajaran tahfizh Sab’ul Matsani Bil-Lauhah ala Maroko pada santri-santri di Pondok Pesantren Al Uswah Gunungpati. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D. Intrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi modul dan instrument pre test dan post testterhadap kemampuan santri dalam membaca, menghafal, menulis dan mengartikan ayat-ayat Al-Qur’an yang dianalisis dengan uji beda (uji t).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama yaitu proses pengembangan modul pembelajaran tahfizh Sab’ul Matsani Bil-Lauhah ala Maroko meliputi empat tahapan yaitu (a) define (pendefisian) dengan menganalisis permasalahan pembelajaran tahfizh di Pondok pesantren Al Uswah, (b) design (perancangan) dengan mengalisis konsep dan materi pada modul yang akan dirancang, menetapkan bahan dan alat yang diperlukan, (c) develop (pengembangan) dengan membuat modul dan melakukan uji kelayanan memalui validator ahli materi dan ahli media, dan(d) dessiminate (penyebaran) dengan menerapkan model pada santri di Pondok Pesantren Al Uswah Gunungpati.Kedua, pengembangan modul memiliki tingkat kelayakan sangat baik dilihat pada aspek kelayakan media dengan nilai 22 dan aspek materi dengan nilai 35 dalam kategori sangat baik atau sangat layak. Ketiga, penggunaan modul lebih efektif yakni memberikan hasil yang lebih baik pada kemampuan membaca, menulis, menghafal dan mengartikan Al-Qur’an pada santri-santri di Pondok Pesantren Al Uswah Gunungpati.

 

 


Keywords


Development, Tahfizh Module, Sab'ul Matsani, and Bil-Lauhah

Full Text:

PDF

References


Adibah, Kuni Adibah.“Tradisi Pesantren dalam Membentuk Karakter, Studi Lapangan Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta†Tesis Pada Program Magister Pendidikan Islam UIN SUKA, Yogyakarta, 2014.

Al-Lahim, Khalid bin Abdul Karim. Mengapa Saya Menghafal Al-Qur'an: Metode Mutakhir dan Cepat Menghapal Al-Qur'an. Surakarta: Daar An-Naba, 2008.

Bahruddin dkk., “Metode Tahfizh Al-Qur`An Untuk Anak-Anak Pada Pesantren Yanbu'ul Qur’an Kudus Jawa Tengahâ€. Jurnal Pendidikan Islam Ta’dibuna 6 (2017): 162-172.

Falah, Ahmad. “Sistem Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Anak-Anak Yanbu’ Alqur’an Kudus Jawa Tengahâ€, Journal.Stainkudus 3 (2005): 335-356.

Ginanjar, M. Hidayat, “Aktivitas Menghafal Al-Qur’an Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Beasiswa Di Ma’had Huda Islami, Tamansari Bogor)â€. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam 06 (2017): 39-58

Hafizh, Abdul Azis Abdul Rauf Al. Kiat Sukses Menjadi Hafizh Qur’an Da’iyah. Bandung: PT. Syaamil Cipta Media, 2004.

Keswara, Indra. “Pengelolaan Pembelajaran Tahfidzul Qur’an (Menghafal Al Qur’an) Di Pondok Pesantren Al Husain Magelangâ€. Jurnal Hanata Widya Volume 6 (2017): 1-12.

Purwanto. Statistika untuk Penelitian,.Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Sa'dulloh, Sembilan Cara Cepat Menghafal Al-Qur'an. Depok: Gema Insani, 2012.

Siregar, Syofian. Statistik Parametrik Untuk Penelitian kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Sutarti, Tatik dan Edi Irawan. Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2017.

Syamsudin, Ahmad Yaman. Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an. Solo: Insan Kamil, 2007.

Triton, SPSS 13.0 Riset Statistik Parametrik. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2005

Wahid, Wiwi Alawiyah. Cara Cepat Bisa Menghafal Al-Qur’an. Yogyakarta: DIVA Press, 2014.

Yunus, Mahmud, Kamus Arab Indonesia, Jakarta, PT. Mahmud Yunus Wadzuhyah, 1990.




DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v3i2.136

Article Metrics

Abstract view : 133 times
PDF - 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.