Aplikasi Total Quality Management Dalam Lembaga Pendidikan Islam
Abstract
Abstrak
Â
Diera kontemporer dunia pendidikan dikejutkan dengan adanya model pengelolaan pendidikan berbasis industri. Pengelolaan model ini mengandaikan adanya upaya pihak pengelola institusi penÂdidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan berdasarkan manajemen perusahaan. Secara filosofis, konsep ini menekankan terhadap perbaikan yang berkelanjutan untuk mencapai tujuan dan kepuasaan pelanggan. Aplikasi Total Quality Management di beberapa lembaga pendidikan sudah mulai nampak dewasa ini. Hal ini disebabkan semakin tingginya persaingan antar lembaga pendidikan Islam. Unsur Total Quality Management meliputi 10 hal yang sama persis dengan apa yang diajarkan oleh islam, baik didalam AL-quran maupun Al-hadits. 10 unsur itu, yaitu: fokus pada pelanggan, baik pelanggan internal maupun pelanggan eksternal, obsesi terhadap kualitas, penggunaan pendekatan ilmiah dalam pengambilan keputusan dan pemecahan masalah, komitmen jangka panjang; kerja sama tim (teamÂwork); adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan, perbaikan proses secara berkesinambungan, adanya pendidikan dan pelatihan yang bersifat bottom-up, kebebasan yang terkendali, adanya kesatuan tujuan. Jika aplikasi unsur Total Quality Management yang telah disebutkan dilaksanakan oleh lembaga pendidikan Islam secara serius, maka diyakini peningkatan kualitas outpit yang diharapkan akan dengan mudah dapat dicapai dan akan dapat bersaing dengan lembaga pendidikan lain baik di tingkat nasional bahkan internasional sekalipun.
Kata Kunci: Total Quality Management; pendidikan Islam
Â
The contemporary world of education is struck by the industry-based education management model. The management of this model presupposes the efforts of managers of educational institutions to improve the quality of education based on company management. Philosophically, this concept emphasizes on continuous improvement to achieve customer objectives and satisfaction. Total Quality Management applications in some educational institutions are beginning to appear today. This is due to the increasing competition among Islamic educational institutions. The Total Quality Management element includes 10 things that are exactly the same as what is taught by Islam, both in the Quran and Al-hadith. The 10 elements are: customer focus, both internal and external customers, obsession with quality, use of scientific approach in decision making and problem solving, long-term commitment; Teamwork; Employee engagement and empowerment, continuous process improvement, bottom-up education and training, controlled freedom, unity of purpose. If the application of the mentioned Total Quality Management element is implemented by the Islamic education institution seriously, then it is believed that the improvement of outpit quality which is expected to be easily achieved and will be able to compete with other educational institutions both at national and even international level.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A.Mustafa, 1999. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Arief,Armai, 2005. Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam Klasik. Bandung: Angkasa.
Baharuddin dan Moh. Makin, 2010. Manajemen Pendidikan Islam. Malang: UIN-MALIKI PRESS.
Departemen Pendidikan Nasional, 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. cetakan kedua.
Gojali, Imam & Umiarso, 2010. Manajemen Mutu Sekolah. Jogjakarta: IRCiSoD.
Indira Januarti dan Ashari Bunyaanudin, 2006. “Pengaruh Komitmen Organisasi dan Keterlibatan Kerja terhadap Hubungan antara Etika Kerja Islam dengan Sikap terhadap Perubahan Organisasiâ€. JAAI, Vol. 10.
Kamrani Buseri, 2006. “Peran Spiritualitas (Agama) dalam Penyelenggaraan Kepemimpinanâ€. Paper disampaikan dalam acara Seminar dan Orasi ilmiah dalam rangka Dies Natalis ke-24 &wisuda sarhaja ke 19 & pascasarjana ke 2 STIA Bina Banua Banjarmasin, tanggal 15 & 16 September.
Kodir, Abdul, 2015. Sejarah Pendidikan Islam dari Masa Rasulullah hingga Reformasi di Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Margono, Slamet, 1999. Manajemen Mutu Terpadu dan Perguruan Tinggi Bermutu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
R. Van Wyk and Ab Boshoff, 2003. “ The Prediction of Job Involvenment for Pharmacists and Accountantsâ€. SA Journal of Industrial Psychology.
Sallis, Edward, 2010. Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Jogjakarta: IRCisoD.
Sallis, Edward. Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Cetakan X. Jogjakarta: IRCisoD. 2011.
Tim Penyusun, 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana, 2003. Total Quality M.anagement. Yogyakarta: Andi Ofset. Cetakan ke. 10.
Umiarso & Imam Gojali, 2011. Manajemen Mutu Sekolah. Jogjakarta: IRCiSoD.
Usman, Husaini, 2006. Manajemen, Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Zainal Abidin Ahmad, 1970. Memperkembangkan dan Mempertahankan Pendidikan Islam di Indonesia. cet.ke 1. Jakarta: Bulan Bintang.
DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v1i2.13
Article Metrics
Abstract view : 992 timesPDF - 460 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.