PENGARUH PUNISHMENT KERJA, KOORDINASI KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA BAGIAN DEPARTEMEN SEWING PROSES 1 DI PT. HOP LUN INDONESIA

Mila Mardhiana, Sri Rahayu, Fajar Suryatama

Abstract


Produktivitas merupakan hal yang sangat penting untuk ditingkatkan karena akan berpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan perusahaan. Perusahaan telah memberikan sarana dan prasarana akan tetapi pada kenyataannya banyak karyawan yang tidak dapat mencapai produktivitas kerja karena terdapat beberapa kendala. Kurangnya pemahaman karyawan terhadap tata tertib perusahaan dan kurangnya komunikasi karyawan dengan karyawan maupun dengan rekan kerja serta Karyawan yang sering berpindah-pindah proses yang menjadikan karyawan tidak nyaman karena adanya sistem mutasi karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Punishment Kerja, Koordinasi Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Bagian Departemen Sewing Proses 1 di PT. Hop Lun Indonesia. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Populasi seluruh karyawan departemen sewing proses 1 di PT. Hop Lun Indonesia berjumlah 160 karyawan dan sampel 114 karyawan yang menggunakan teknik probability sampling. Program pengolahan data menggunakan SPSS versi 25 dengan analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana & berganda, analisis regresi sederhana & berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji F. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara parsial Punishment Kerja berpengaruh terhadap Produktivitas Kerja, secara parsial Koordinasi Kerja berpengaruh terhadap Produktivitas Kerja, secara parsial Lingkungan Kerja berpengaruh terhadap Produktivitas Kerja. Secara simultan Punishment Kerja, Koordinasi Kerja dan Lingkungan Kerja berpengaruh terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Bagian Departemen Sewing Proses 1 di PT. Hop Lun Indonesia.

Kata kunci : Punishment Kerja, Koordinasi Kerja, Lingkungan Kerja dan Produktivitas Kerja


Full Text:

PDF

References


Aisya, & Nurul. (2016). Pengaruh Punishment Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Asuransi Bintang Tbk. Caban Makassar. 1–6.

Ansory, A. F., & Indrasari, M. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia.

Indomedia Pustaka.

Baiti, K. N., Djumali, & Kustiyah, E. (2020). Produktivitas Kerja Karyawan Ditinjau dari Motivasi, Disiplin Kerja dan Lingkungan pada PT. Iskandar Indah Printing Textile Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 4(01), 69–87.

Fakhri, R. A. (2021). Pengaruh Keadilan Organisasi, Pengembangan Karir, dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja (Studi Kasus Pada PT. Pertamina Training and Consulting). 32–41.

Ginting, J. F. (2019). Analisis Koordinasi Kerja Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Karo. 7–34.

Hariyadi. (2020). Analisis Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Negeri Sipil Pada Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Pontianak. 1–62.

Hasibuan. (2020). Manajemen : Dasar, Pengertian dan Masalah. PT. Bumi Aksara.

Kalaiwanen, Handoko B, & Sunaryo. (2021). Pengaruh Punishment Dan Pengawasan Terhadap Disiplin Kerja dan Lama Bekerja Sebagai Variabel Kontrol. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 19–30.

Kapi, C. M. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Koordinasi dan Disiplin Kerja terhadap Produktivitas Kerja Pegawai PT. Pos Indonesia Tasikmalaya. J-POLITRI (Jurnal Bisnis, Keuangan Dan Komputer), 1(1), 76–85.

Mandala, Z. (2014). Pengaruh Komunikasi Dan Koordinasi Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Pada Rsud H. Abdul Manan Simatupang. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, 1(April), 104–111.

Misran. (2020). Pengaruh Koordinasi Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Pada Kantor Kelurahan Pelita Kecamatan Samarinda Ilir. 2, 52–66.

Noviyani, T. D., & Guspul, A. (2019). Pengaruh Motivasi, Lingkungan, Reward Dan Punishment Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan (Studi Pada Pt Tambi Up Bedakah Di Wonosobo). Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 1(1), 1–9.

Nugroho, W. (2021). Pengaruh Keterampilan Kerja Dan Disiplin Terhadap Produktivitas Karyawan PT. Agregat Prima Indonesia ( Studi pada karyawan Bagian Produksi). Jurnal Bisnis Darmajaya, 8–32.

Purnawijaya, F. M. (2019). Pengaruh Displin Kerja dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kedai 27 di Surabaya Fregrace Meissy Purnawijaya. Jurnal Agora, 7(1), 6.

Purwitasari, & Putri, E. (2017). Produktivitas Kerja Ditinjau Dari Faktor Demografis (Usia, jenis Kelamin, Tingkat Pendidikan, Dan Masa Kerja) Pada Karyawan Tetap Dikantor Pusat PDAM Tirta Satria Purwokerto, Kabupaten Banyumas. 1997, 52.

Putra, A. R., Darmawan, D., & Sinambela, E. A. (2017). Pengawasan dan Koordinasi Kerja Serta Pengaruhnya Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan. Akuntabilitas: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi, 10(2), 12–24.

Saleh, A. R., & Utomo, H. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Etos Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi Di Pt. Inko Java Semarang. 11(1), 28–50.

Savira, F., & Suharsono, Y. (2013). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah Terhadap Kinerja Instansi Pemerintah. Journal of Chemical Information and Modeling, 01(01), 1689– 1699.

Sedarmayanti. (2017). Tata Kerja dan Produktivitas Kerja. CV. Mandar Maju. Sutrisno, E. (2020). Manajemen Sumber daya Manusia. Kencana.

Syahputra, R., Podungge, R., & Bokingo, A. H. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Di Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman Kota Gorontalo. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(3), 1–6.

Syarifudin, M. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi dan disiplin kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Mitra Solusi Nusantara. (Daikin AC Proshop) Surabaya. 5–26.

Syauqi, T. M. (2018). Pengaruh Produktivitas Kerja Pegawai Terhadap Kesejahteraan Pegawai Kecamatan Medan Selayang. Jurnal Warta, 40.

Wara, A. (2014). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja. 6–25.

Wicaksono, M. S. (2020). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan PT. Budi Andalan Agro Bandar Lampung. 15–29.

Widiany, F. N., & Setiawan, H. H. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja, Reward dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel California Bandung. 8–28.

Yulihardi, & Iskamto, D. (2018). Pengaruh Perencanaan Kerja, Motivasi Kerja dan Koordinasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Kecamatan Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai. Eko Dan Bisnis (Riau and Business Reviewe), 9(2), 108–117.




DOI: https://doi.org/10.61689/bisecer.v7i2.590

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.