PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM BDR (BELAJAR DARI RUMAH) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI DABIN 1 KORWILCAM BIDANG PENDIDIKAN KECAMATAN SUMOWONO

Sarjono Sarjono

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami guru di lingkungan Korwilcam Bidang Pendidikan Kecamatan Sumowono terhadap pelaksanaan program BDR (Belajar Dari Rumah) yang dicetuskan pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran virus Covid-19 di sekolah. Oleh sebab itu, peneliti melaksanakan kegiatan supervisi akademik guna meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam melaksanakan program BDR. Peneliian ini merupakan Penelitian Tindakan Kepengawasan (PTKp) dan dilaksanakan di Dabin 1 Korwilcam Bidang Pendidikan Kecamatan Sumowono. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru kelasĀ  V dan VI dari Dabin 1 yang berjumlah 26 guru. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi kegiatan pembelajaran dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi yang telah valid dan reliabel. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif terhadap hasil observasi kegiatan guru selama proses belajar mengajar. Observasi dikembangkan dari instrumen BDR oleh Kemendikbud. Penerapan supervisi akademik yang telah dilakukan oleh peneliti mampu meningkatkan keterampilan guru dalam melaksanakan program BDR di Dabin 1 Korwilcam Bidang Pendidikan Kecamatan Sumowono. Rata-rata nilai keterampilan guru pada Siklus I sebesar 72 (kategori Cukup) meningkat menjadi 77,75 (Kategori Baik) pada Siklus II.

Full Text:

PDF

References


Arifa, Fieka Nurul. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Covid-19. Jurnal Bidang Kesejahteraan Sosial: Info Singkat Vol 12 (7).

Astini, Ni Komang Sari. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lampuhyang Vol 11 (2).

Dewi, Wahyu Aji Fatma. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 2 (1) 55-61.

Editorial CNN Indonesia. (2020) Daftar Zona Hijau dan Zona Kunig Covid-19 di Indonesia. Diakses melalui laman website berikut https://m.cnnindonesia.com/nasional/0200625081617-20-5172/

Harsono, Eko B.,dan Yanuar. (2020). Belajar Dari Rumah. Diakses melalui laman website berikut https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/m/index.php?r=tpost/xview&id=249900843

Kemenikbud. (2020). Surat Edaran Kemendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Kemendikbud RI.

Kemendikbud. (2020). Keputusan Menteri No 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. Kemendikbud RI.

Rasmita, Dana. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Pelaksanaan Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik di SD Negeri 017 Pasri Emas. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol 3 No 3. 560-569.

Sarjono. (2019). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 melalui Supervisi Akademik Pengawas pada Dabin 1 Korwilcam Bidang Pendidikan Kecamatan Sumowono. Jurnal Waspada Vol 7 (No 1).


Article Metrics

Abstract view : 686 times
PDF - 145 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.