PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LITERASI SAINS DI SD NEGERI KEDUNGKELOR 02

Fenny Widiyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA berbasis literasi sains yang liputi pengujian kevalidan dan kepraktisan perangkat. Objek penelitian di Sekolah Dasar Negeri Kedungkelor 02, Desa Kedungkelor, Kabupaten Tegal. Tahapan penelitian meliputi analisis kebutuhan, desain perangkat dan pengembangan perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran dinyatakan valid dari hasil review pakar dan analisis butir soal. Sedangkan perangkat pembelajaran dinyatakan praktis karena mendapatkan respon positif sebesar 89,17 % dari peserta didik dan 100% dari guru berdasarkan angket kepraktisan. Berdasarkan hasil analisis, disimpulkan perangkat pembelajaran IPA berbasis literasi sains sangat valid dan sangat praktis digunakan pada SD Negeri Kedungkelor 02

Keywords


literasi sains, perangkat pembelajaran IPA

Full Text:

PDF

References


Brickman, P., Gormally, C., Armstrong, N & Hallar, B. 2009. Effects of Inquiry-Based Learning on Students’science Literacy Skills dnd Confidence. Amerika Serikat: International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning. 3(2), 1-22.

Depdiknas. 2006. Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dewi, P. S., & Rochintaniawati, D. 2016. Kemampuan Proses Sains Siswa Melalui Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA Terpadu pada Tema

Global Warming. Jurnal Pendidikan, 8(1), 18-26.

Hobson, A. 2008. The Surprising Effectivenees of college scientific Literacy Cources. The Physics Teacher, 46.

Kurnia, F. Zulherman. & Fathurohman, A. 2014. Analisis Bahan Ajar Fisika SMA Kelas XI di Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 43-47.

Maskoeri Jasin. 2010. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

OECD. 2013. PISA 2012 Results. OECD.

PISA. 2010. Assessment Framework Key Competencies In Reading ,mathematics and science. OECD.

Ratih Zulhaqqi. 2013. Mengasah Konsentrasi. Pada tanggal 18 Februari 2014. Diakses dari http://health.detik.com/ read/2013/09/06/124439/2351140/1528/ anak-tak-bisa-diam-dan-sulitkonsentrasi-di-kelas-apa-solusinya.

Selcuk, G.S. 2010. The Effect of Problem Based Learning on Pre-Service Teachers’ Achievement, Approaches and Attitudes Toward Learning Physics. International Journal of the Physical Sciences. 5(6), 711-723.

Soobard, R., & Rannikmäe, M. 2011. Assessing Student’s Level of Scientific Literacy using Interdisciplinary Scenarios . Science Education International, 133-144.

Sugiyanto. 2012. Karakteristik Siswa SD. Jurnal Kependidikan Dosen UNY. Hlm 1-7.




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v6i2.88

Article Metrics

Abstract view : 288 times
PDF - 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.