Analisis Penggunaan Media Spin The Wheel Wordwall dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adriannuh, F., Sihombing, E. L., Widodo, S. T., & Istiyani, F. (2023). Efektivitas media
papan garuda dalam penerapan nilai-nilai pancasila kelas iv sekolah dasar. Jurnal
Basicedu, 7(6), 3793-3803. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6395
Antara, I. G. W. S. and Dewantara, K. A. K. (2022). E-scrapbook: the needs of hots oriented
digital learning media in elementary schools. Journal for Lesson and Learning
Studies, 5(1), 71-76. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.48533
Azisah, A., Khaeruddin, K., Ristiana, E., & S, M. I. (2023). Pengaruh model pembelajaran
inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis pada peserta didik kelas v sekolah dasar.
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1439-1446.
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1572
Buckley, P., & Doyle, E. (2016). Gamification and student motivation. Interactive
Learning Environments, 24(6), 1162–1175.
https://doi.org/10.1080/10494820.2014.964263
Destrivo, D., Muhnandar, T. A., & Putra, H. K. (2023). Implementasi Wordwall untuk
Meningkatkan Minat Belajar pada Mata Pelajaran Informatika Bagi Siswa Kelas
VII SMP Negeri 1 Jaten. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(4),
–158.
Ferlina, L. and Fratiwi, N. J. (2024). Edugame wordwall: sebuah media untuk
meningkatkan minat belajar matematika siswa sekolah dasar. Walada: Journal of
Primary Education, 3(2). https://doi.org/10.61798/wjpe.v3i2.126
Firdaus, A. & Nisa, L.C. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan
dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif,
(1), 68–77
Fitrianingrum, L. and Irianto, A. (2024). Pengaruh model pembelajaran value clarification
technique berbantuan multimedia interaktif terhadap hasil belajar pendidikan
pancasila sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 10.
https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.599
Hadi, W., Sari, Y., & Pasha, N. M. (2024). Analisis penggunaan media interaktif wordwall
terhadap peningkatan hasil belajar ipa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Mipa,
(2), 466-473. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1570
Hayati, N. and Setiawan, D. (2022). Dampak rendahnya kemampuan berbahasa dan
bernalar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu,
(5), 8517-8528. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3650
Hayati, N. and Setiawan, D. (2022). Dampak rendahnya kemampuan berbahasa dan
bernalar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu,
(5), 8517-8528. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3650
Iasha, V., Sumantri, M. S., Sarkadi, S., & Rachmadtullah, R. (2018). Development media
interactive learning in education pancasila and citizenship education to improve
tolerance of students in elementary school. Proceedings of the Annual Civic
Education Conference (ACEC 2018). https://doi.org/10.2991/acec-18.2018.71
Kurniawan, N. A., Saputra, R., Aiman, U., Alfaiz, A., & Sari, D. K. (2020). Urgensi
pendidikan berpikir kritis era merdeka belajar bagi peserta didik. Tarbawi : Jurnal
Ilmu Pendidikan, 16(1), 104-109. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i01.576
Oktaviani, L., Aulia, U. Y., Murdiono, M., & Suharno, S. (2024). Strengthening the critical
thinking skill through the six-hat thinking model in pancasila education. Journal of
Education and Learning (EduLearn), 18(4), 1272-1278.
https://doi.org/10.11591/edulearn.v18i4.21202
Ritonga, D. and Napitupulu, S. (2024). Implementasi metode pembelajaran aktif dalam
meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Education &Amp;
Learning, 4(1), 38-45. https://doi.org/10.57251/el.v4i1.1292
Sae, H. L. and Radia, E. H. (2023). Media video animasi dalam pembelajaran ipa untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sd. Indonesian Journal of
Education and Social Sciences, 2(2), 65-73. https://doi.org/10.56916/ijess.v2i2.474
Sarkadi., Casmana, A.R., Hisyam, C.J. and Wardatussa’idah, I. (2022). Integrating
Character Education Into the RECE Learning Model Through Pancasila and
Citizenship Education Subjects. Front. Educ. 7:841037. doi:
3389/feduc.2022.841037
Sinaga, Y. M. and Soesanto, R. H. (2022). Upaya membangun kedisplinan melalui media
wordwall dalam pembelajaran daring pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu,
(2), 1845-1857. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.1617
Sugandi, E. and Faizah, H. (2023). Pengaruh mathematical digital book (magic book)
terhadap keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Pi: Mathematics
Education Journal, 6(2), 67-72. https://doi.org/10.21067/pmej.v6i2.8243
Sukma, K. I. and Handayani, T. (2022). Pengaruh penggunaan media interaktif berbasis
wordwall quiz terhadap hasil belajar ipa di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas,
(4), 1020-1028. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2767
Susilo, A. C. and Mustofa, T. A. (2024). Efektivitas penerapan media audio visual dalam
meningkatkan pembelajaran fiqih di smp muhammadiyah. Didaktika: Jurnal
Kependidikan, 13(2), 1797-1808. https://doi.org/10.58230/27454312.608
Susilowati, A. R., Setyadi, A. B., & Haenilah, E. Y. (2022). Pengembangan buku cerita
bergambar berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa
sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 3174-3185.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2562
Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (2021). Aksiologi kemampuan berpikir kritis
(kajian tentang manfaat dari kemampuan berpikir kritis). Journal of Science and
Social Research, 4(3), 320. https://doi.org/10.54314/jssr.v4i3.682
Tanjung, L. A. and Sebayang, S. K. H. (2023). Pengembangan media pembelajaran pai
berbasis tiktok. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 3(4),
-140. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v3i4.697
Wasino, W., Kurniawan, E., & Shintasiwi, F. A. (2019). Religious radicalism prevention
model through multicultural dialog in pancasila and civic education lectures.
Proceedings of the Proceedings of the 2nd International Conference on Social
Sciences and Interdisciplinary Studies (Formerly I. https://doi.org/10.4108/eai.24-
-2019.2290571
Widura, I. D. G. S., Bayu, G. W., & Aspini, N. N. A. (2021). Penerapan model
pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar ipa. Jurnal
Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 190-199.
https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.35695
Wulandari, M. A. et al. (2024). Critical thinking skill: Primary school teachers’ knowledge
and its learning strategy. Proceedings of the International Conference on Teaching,
Learning and Technology (ICTLT 2023), Advances in Social Science, Education
and Humanities Research 825, https://doi.org/10.2991/978-2-38476-206-4_3
Yuniarti, A., Shalihat, A. P., Amanda, D., Ramadhini, I. L., Tanjungpura, U., & Artikel, I.
(2023). Memahami media untuk efektifitas pembelajaran. 4, 111–123.
Yusuf, M., Julianingsih, D., & Ramadhani, T. (2023). Transformasi pendidikan digital 5.0
melalui integrasi inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 11-19.
https://doi.org/10.33050/mentari.v2i1.328
DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v13i1.731
DOI (PDF): https://doi.org/10.61689/waspada.v13i1.731.g550
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.