Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Cerita Fiksi menggunakan Model Problem Based Learning berbantuan Wayang Kertas di Kelas IV SDN Sendangmulyo 03 Kota Semarang
Abstract
Keywords: Critical reasoning, independence, problem based learning, paper puppets
Full Text:
PDFReferences
Annafiah, L. (2017). Implementasi metode bercerita dengan menggunakan Media Boneka
untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak usia dini Kelompok A di TK
Masyithoh V Kemloko Bantul Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis keterampilan berpikir kritis
siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal
Penelitian Pendidikan, 35(1), 61–70.
Baharuddin, & Wahyuni. (2015). Teori belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz
Media.
Devi, A. S., & Maisaroh, S. (2017). Pengembangan media pembelajaran buku pop-up wayang
tokoh Pandhawa pada mata pelajaran Bahasa Jawa kelas 5 SD. Jurnal PGSD
Indonesia, 3(2), 1–16.
https://web.archive.org/web/20180428101557id_/http://upy.ac.id/ojs/index.php/jpi/art
icl e/viewFile/985/783
Ernawati, Yurike. (2022). Analisis Profil Pelajar Pancasila elemen bernalar kritis dalam modul belajar siswa literasi dan numerasi jenjang Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 6(4) : 6132 – 6144.
Farhurohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23-34.
Farroh, Karimatul. (2022). Penggunaan Media Wayang Kartun melalui Model Paired Storytelling untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 14(1).
Iffanasari, Nola. (2023). Faktor penyebab rendahnya karakter mandiri siswa dalam proses pembelajaran. PENDIKDAS: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1).
Jannah, Feryana Nesita Miftahul,. Dkk. (2019). Peningkatan hasil belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Media Video Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 7(1) : 63-73
Mila, & Anafiah, S. (2021). Pengaruh penggunaan media wayang terhadap keterampilan menyimak cerita siswa kelas V di SD 1 Petir Piyungan Bantul. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 7(2), 1145-1150.
https://scholar.archive.org/work/s7jpki26abe3lcvjcoy3xtaaqi/access/wayback/https://jurn al.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/download/9176/pdf
Mukholifah, M., Tisngati, U., & Ardhyantama, V. (2020). Mengembangkan media pembelajaran wayang karakter pada pembelajaran tematik. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4), 673–682. https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.152
Nurchayati, Siti. (2023). Mewujudkan peserta didik terampil dan mandiri melalui kewirausahaan di Sekolah Satu Atap. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(1), 1-7.
Putri, Saventyanova Yulida. (2022). Peningkatan penguasaan kosakata menggunakan Media Pembelajaran Paper Puppets (Wayang Kertas) pada Siswa Tunarungu Kelas Taman 1 Slb B Karnnamanohara. Jurnal Widia Ortodidaktika, 8(11).
Ristiliana. (2019). Analisis karakter mandiri siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Nurul Hidayah Bantan. Scientific Journals of Economic Education, 3(2), 33-40
Shofiyah, Noli. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 3(1). 33-38
Thirsa Laules Purwa, H. (2019). Pengaruh Media Wayang Kertas Siswa Kelas IV SDN di Kecamatan Modo Lamongan. 2811–2820.
Thobroni. (2016). Belajar & pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Wahyudi, Maulina. (2020). Kajian analisis keterampilan berpikir kritis siswa sekolah menengah atas. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 5(1) 67-82.
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di sekolah dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 23–27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77
Yew, E. H. J,. & Goh, K. (2016). Problem Based Learning: an overview of its process and impact on learning. Health professions education, 1-5.
DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v11i2.467
Article Metrics
Abstract view : 26 timesPDF - 4 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.