Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru melalui iCoaching

Siti Nur Supiyah

Abstract


Penelitian Tindakan Sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri 2 Getasan pada Semester II Tahun Pelajaran 2020/ 2021, bulan Januari 2021 sampai dengan bulan Juni 2021. Program peningkatan kompetensi pedagogik guru ini menggunakan strategi iCoaching (Intensive Coaching) yang diterapkan kepada guru SMP Negeri 2 Getasan dalam pelaksanaan pembelajaran dari persiapan (penyusunan RPP) dan pelaksanaan RPP di kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah dengan teknik pengumpulan data berupa studi dokumen, observasi, dan wawancara yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil dan dampak dari program iCoaching tersebut dapat dilihat dari hasil kegiatan dua siklus pada penelitian ini, yaitu meningkatnya kemampuan guru dalam menyusun RPP yang menarik, menyenangkan, dan inovatif dengan memperhatikan kebutuhan pembelajar abad 21 dan meningkatnya kemampuan guru dalam manyajikan kegiatan atau proses pembelajaran yang relevan dengan perencanaan (RPP) yang disusun. Meningkatnya kualitas pembelajaran di kelas berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa.
Kata Kunci: kualitas pembelajaran, iCoaching

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (1992). Prosedur penelitian. Rineka Cipta: Jakarta.

Aunurrahman & Amin. (2013). Hubungan kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian dengan kinerja guru. Pontianak: Universitas Tanjung Pura.

Daryanto. (2013). Standar kompetensi dan penilaian kerja guru profesional. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto & Rachmawati, T. (2015). Supervisi pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Hamiyah, N., & Mohammad Jauhar. (2014). Strategi belajar-mengajar di kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Hurlock, E. B. (1973). Adolescent development. (Terjemahan). Tokyo: McGraw Hill Kogakusha, Ltd.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Mulyasa, E. (2007). Standar kompetensi dan sertifikasi guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ramayulis. (2013). Profesi dan etika keguruan. Jakarta: Kalam Mulia.

Robandi, B. (2012). Standar kompetensi guru kelas SD/MI. Disajikan pada kegiatan PPM di UPTD Bale Endah Bandung.Pedagogik, FIP, UPI.

Soetjipto. (1999). Profesi keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v10i01.346

Article Metrics

Abstract view : 34 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.