Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi PMRI dan Inquiry Learning Materi Barisan Bilangan dan Deret

Mulyoto Mulyoto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh produk perangkat pembelajaran pada materi Barisan Bilangan dan Deret yang valid, praktis, dan efektif; (2) menghasilkan perangkat pembelajaran yang sesuai PMRI dan Inquiry Learning pada materi Barisan Bilangan dan Deret. Pengembangan dilakukan melalui model 4D: 1) tahap pendefinisian (define); 2) tahap perancangan (design); 3) tahap pengembangan (develop); dan 4) tahap penyebaran (disseminate). Hasil penelitian menunjukkan: (1) perangkat pembelajaran adalah valid dan dapat digunakan; (2) kemampuan guru mengelola pembelajaran sangat baik; (3) aktivitas  dan sikap serta responss peserta didik dalam pembelajaran sangat baik; (4) hasil belajar mencapai ketuntasan individu > 60 dan klasikal > 65% (Uji coba 1 ketuntasan klasikal = 77.5%, dan  Uji coba 2 ketuntasan klasikal = 92.5%); (5) pengaruh aktivitas terhadap hasil belajar uji coba 1, R Square = 70.4%, dan Pengaruh aktivitas dan sikap terhadap hasil belajar pada uji coba 2 R Square = 74.6%; (6) perbedaan hasil belajar kelas uji coba dengan kelas kontrol F = 9.844, uji Anova ketiga kelas berbeda secara signifikan. Mean hasil belajar kelas uji coba lebih baik dibanding kelas kontrol. Pengembangan perangkat pembelajaran valid, praktis dan efektif sesuai materi dan dalam pelaksanaannya menghasilkan pembelajaran yang bermakna dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci: pengembangan, PMRI, inquiry learning, barisan bilangan dan deret


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. (2002). Efektivitas model konstruktivis dalam pembelajaran Matematika pada siswa SMU. Tesis. http://www.ed.psu.edu/ci/Journals/97pap32.htm (10/1/2008).

Barnes. (2004). Investigating using the theory of realistic mathematics education to elicit and addres miskonsptions. Proceendings.www.emis.de/proceedings/PME28/SO/ SO069_Barnes.pdf (15/4/2009).

Banjarnahor. (2004). Upaya pengembangan sikap terhadap Matematika dari siswa V SD melalui kesetaraan pengajaran materi terapan dan non terapan Matematika. Jurnal-sains. www.geocities.com/j_sains/vol1no1 8-11 (12/07/2009).

Depdiknas. (2007). Perangkat penilaian KTSP pengembangan perangkat penilaian afektif. http://www.dikmenum.go.id/dataapp/kurikulum (20/5/2009)

Daniel dan Reynolds. 2008. Efective teaching evidence and practice. Jogyakarta: Pustaka Pelajar.

Danoebroto. (2008). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah melalui pendekatan PMRI dan pelatihan metakognitif. Tesis. www.Pascasarjana UNY.com (20/12/08).

Depdiknas. (2005). Materi pelatihan terintegrasi. Jakarta: Dirjendikdasmen

Depdiknas. (2007). Hasil Ujian Nasional. Jakarta: BNSP.

Ernest, P.1991. The philosophy of mathematics education. Hampshire: The Falmer Press.

Fauzan. et.al. (2009). Tradisional mathematics education vs. realistic mathematics education: hoping for changes. Jurnal www.mes3.learning.aau.dk/Projects/ Fauzan.pdf (15/4/2009).

Gravemeijer, K.P.E. (1997). Developing realistic mathematics education. Utrecht: CD Press.

Kemp, et al. (1994). Designing effective instruction. New York: Macmillan College Publishing Company, Inc.

Kewitz. (1994). Profesionalization in teaching and teacher education. Journal of Teaching and Teacher Education. vol 10: 1-14

Kuiper, W and Knuver, A. (1998). The Netherland. TIMMS Studies.

Lange, J. de. (1996). Using and applying mathematics in education. in: AJ Bishop, et al. (eds). 1996. International handbook of mathematics education, Part one. 49-97. Kluwer academic publisher.

_______, Reform in school mathematics and authentics assessment. Kluwer Academic Publisher, 1 : 49-97.

Marpaung. (2008). Pendidikan Matematika realistic Indonesia memberi harapaan untuk memperbaiki mutu pendidikan Indonesia. Diklat Guru pengembang Nasional




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v10i01.310

Article Metrics

Abstract view : 70 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.