KESIAPAN DAN KENDALA PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK MELALUI MEDIA DARING PADA MAHASISWA UNIVERSITAS DARUL ULUM ISLAMIC CENTRE SUDIRMAN GUPPI

Yogi Ageng Sri Legowo

Abstract


Penyebaran covid-19 telah memberikan dorongan bagi pengajar untuk menggunakan pembelajaran dalam jaringan (daring). Model dan metode yang bervariasi mulai dikombinasikan guna mencapai tingkat efektifitasan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran berbasis projek melalui media daring. Seperti hal nya penggunaan model atau kombinasi model dan metode yang lain, pembelajaran projek berbasis projek melalui media daring pasti memiliki persiapan dan kendala dalam praktinya.  Dalam artikel ini, penulis akan mendiskripsikan kesiapan pembelajaran berbasis projek melalui media daring mahasiswa Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI serta kendalayang dihadapi pada satu semester pelaksanaan kombinasi model dan media pembelajaran tersebut. Artikel diharapkan dapat memberikan tambahan informasi dan dukungan literasi pengajar lain ketika akan menerapkan pembelajaran berbasis projek melalui media daring

Full Text:

PDF

References


Bakia, Marianne., et al. (2012). Understanding the Implications of Online Learning for Educational Productivity. U.S. Department of Education. http://www.ed.gov/technology.

Brush, T., Glazewski, K. D. and Hew, K. F .(2008). Development of an instrument to measure preservice teachers’ technology skills, technology beliefs, and technology barriers. Computers in the Schools. 25:112-125.

Christensen, C., and M. Horn. (2008). How do we transform our schools? Education Next. 8(3):13-19

Clark, R.C. & Mayer, R.E. (2008). E-learning and the science of instruction: proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning, second edition. San Francisco: John Wiley & Sons, Inc.

Fu, Jo Shan. (2013). ICT in Education: A Critical Literature Review and Its Implications. International Journal of Education and Development using Informasi and Communication Technology. 9(1): 112-125.

Hanum, Numiek Sulistyo. (2013). Keefektifan E-Learning sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi. 3(1): 90-102.

Kemendikbud. (2020). Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Perguruan Tinggi, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Rusman, dkk. (2011). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, mengembangkan profesionalitas guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Tiantong M, Siksen S. 2013. The Online Project-based Learning Model Based on Student’s Multiple Intelligence. International Journal of Humanities and Social Science. 3(7):204-211

Wilson, S. 2010. The efficient use of teachers. In F. M. Hess and E. Osberg (eds.), Stretching the school dollar: How schools and districts can save money while serving students best. Cambridge. MA: Harvard Education Press




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v8i2.175

Article Metrics

Abstract view : 411 times
PDF - 159 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

slot gacor malam ini

slot 5000

slot deposit pulsa

https://prosiding.umk.ac.id/

https://jurnal.itsp.ac.id/

slot deposit pulsa

slot thailand