PENINGKATAKN KETERAMPILAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS II SDN KALIREJO 2 KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG

Septi Lusiana

Abstract


Penelitian ini di Latarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca di kelas II SDN Kalirejo 02 Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Adapun rumusan masalah sebagai berikut Apakah penggunaan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa SDN Kalirejo 02 Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca dengan menggunakan media audio visual. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi Penelitian dikelas II SDN Kalirejo 02 Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Subjek penelitian sebanyak 30 siswa kelas II. Tenik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik non tes. Instrumen penelitian adalah lembar tes dan lembar non tes.

Hasil penelitian keterampilan membaca menggunakan media audio visual kelas II SDN Kalirejo 02 Ungaran Timur Kabupaten Semarang mengalami peningkatan. Siklus I hasil keterampilan membaca siswa tuntas 23 siswa (76,67%) dan 7 siswa (23,33%) tidak tuntas. Hasil pengamatan keterampilan guru dengan nilai 83 dalam peringkat Baik (B). Sedangkan untuk hasil pengamatan aktivitas siswa dengan peringkat 23 siswa (76,67%), Baik (B), 4 siswa (13,33%), Cukup (C) dan 3 siswa (10%), Kurang (D). Pada siklus II keterampilan membaca siswa tuntas 29 siswa (96,67%) dan 1 siswa (3,33) tidak tuntas. keterampilan guru dengan nilai 100 Amat Baik (A), aktivitas siswa dengan peringkat Amat Baik (A) 7 siswa (23,33%), Baik (B), 22 siswa (73,33%) dan 1 siswa (3,33%), Cukup (C)

Full Text:

PDF

References


Adisusilo, Sutarja. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter. Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pembelajaran Afektif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Amir dan Slamet, Y. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Bahasa Lisan dan Bahasa Tertulis). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Akhadiah, S. dkk.1991. Pembinaan Kemampuan Menulis.Jakarta: Erlangga.

Arief, S, Sadiman, dkk. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran, edisi 2. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Arikunto, dkk. 2006. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aulia, Resti. 2012. Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Anak Tunarungu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. 1(2). Universitas Negeri Padang.

Basyiruddin, Usman. 2002. Media Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah Dasar/ MI. Jakarta: Terbitan Depdiknas

Harras, A Kholid. 2009. Membaca 1. Pusat Layanan Pustaka Universitas Terbuka.

Haryoko, Sapto. 2009. Efektivitas Pemanfaatan Media Audiovisual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi. 5(1): 1-10

Hodgson, dalam Tarigan, 2008. Skripsi Indra Rakhman, Pembelajaran Membaca Pemahaman di kelas V SD Bandung, Tidak Diterbitkan.

Muttaqin, Arif. 2008. Buku Ajar Asuhan Keperawatan Klien Dengan Gangguan Sistem Imunologi. Jakarta: Salemba Medika

Rahim, Abd. Dan Dwi Hastuti Retno Riah. 2007. Ekonomika Pertanian, Pengantar Teori dan Kasus: Penebar Swadaya

Resimi, Novi dkk. 2006. Pembinaan dan Program Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: Upipress.

Sadiman, Arief S. dkk . 2005. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT.Raja Grafindo Persada.

Sayidiman. 2012. Penggunaan Media Audiovisual Dalam Merangsang Minat Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Seni Tari. Jurnal Publikasi Pendidikan. Volume II. No. 1.

Supriyono, 1998. “Kontribusi Pustakawan dalam Meningkatkan Minat Bacaâ€. Media Pustakawan, Vol. V, Nomor 3.

Sujana , Nana . 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suwarjo. 2008. Pembelajaran Kooperatif dalam Apresiasi Prosa Fiksi. Malang: Surya Pena Gemilang.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Widoyoko, Eko Putro. 2013. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v4i2.132

Article Metrics

Abstract view : 253 times
PDF - 76 times

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.