PENGARUH MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PPKN SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 13 WONOSEGORO

Kholisna Widayati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar yang ditandai dengan ketidaktekunan siswa dalam mengerjakan tugas. Kedisiplinan belajar juga dinilai kurang hal itu dapat dilihat mereka mengabaikan tanggung jawabnya sebagai pelajar yang ditunjukan dalam sikap dan tindakannya seperti tidak menaati peraturan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah I3 Wonosegoro Kabupaten Boyolali. Manfaat dari penelitian ini diharapakan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Variabelvariabel yang diteliti meliputi: motivasi belajar, disiplin belajar dan prestasi belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis korelasional, determinasi dan regresi dengan bantuan program SPSS versi 16. Hasil Penelitian korelasi menunjukan bahwa motivasi belajar dan disiplin belajar memiliki hubungan terhadap prestasi belajar ditunjukan oleh tabel 4.8 sebesar r = 0, 779 dengan nilai sig 0,000 < = 0,05 dan analisis determinasi dengan perolehan diperoleh nilai R2 (R-Square) sebesar 0,903 berarti terdapat pengaruh sebessar 90,3% antara motivasi belajar, disiplin belajar terhadap prestasi belajar. Pada penelitian regresi didapat persamaan Y = 39, 255 + 0,391 + 0,117 untuk pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa SMP Muhammadiyah 13 Wonosegoro

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu dan Supriyanto, Widodo. 1991. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaplin, J.P. 2011. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajagrafindo.

Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Fatimah, Siti Emma. 2012. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Aqidah Akhlaq Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) Garawangi Kecamatan Garawangi Kabupaten Kuningan.

Hadi, Sutrisno. 1986. Metodologi Research. Yogyakarta: Yasbit, Fakultas Psikologi.

Universitas Gadjah Mada.

Hamzah, B, Uno. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Moenir. 2010. Masalah-Masalah Dalam Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Mufarokah, Anissatul. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Teras

Mujono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasution. 2000. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto, M, Ngalim. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pt Remaja Rosda Karya.

Sardiman, A.M. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Sinungan, Mucdarsyah. 2005. Produktivitas Apa dan Bagaimana. Bandung: Mandar Maju.

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v4i2.130

Article Metrics

Abstract view : 318 times
PDF - 153 times

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.