PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN PADA SISWA KELAS IV SD UMMUL QURO’ KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG

Iftania Widayati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar, ketrampilan guru dan aktivitas siswa pada mata pelajaran PPKn . Rumusan masalah pada penelitian tindakan kelas ini adalah apakah dengan menerapkan model pembelajaran VCT dapat meningkatkan hasil belajar PPKn pada siswa kelas IV SD Ummul Quro’. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar PPKn. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif untuk mengolah data hasil belajar dan analisis kualitatif untuk mengolah data keterampilan guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran VCT dapat meningkatkan hasil belajar PPKn pada siswa Kelas IV SD Ummul Quro’ Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Hal tersebut ditunjukkan dengan peningkatan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa siklus I dan II sebesar 31%, yaitu dari 65% menjadi 96% atau 17 siswa tuntas menjadi 25 siswa tuntas. Peningkatan ketuntasan hasil belajar diikuti dengan peningkatan keterampilan guru siklus I dan II sebesar 12% dari rerata nilai 3,09 dengan kategori baik (B) menjadi 3,55 dengan kategori sangat baik (A). Demikian pula dengan peningkatan aktivitas siswa siklus I dan II sebesar 27% dari rerata nilai 2,85 dengan kategori baik (B) menjadi 3,46 dengan kategori sangat baik (A). Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran VCT dapat meningkatkan hasil belajar siswa, keterampilan guru, dan aktivitas siswa pada mata pelajaran PPKn kelas IV SD Ummul Quro’ Kecamatan Gunungpati Kota Semarang

Full Text:

PDF

References


Adisusilo, Sutarja. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter. Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pembelajaran Afektif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Al-lamri, S. Ichas Hamid dan Tuti Istianti Ichas. 2006. Pengembangan Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjendikti.

Amri, Sofan dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Anggari St, Angi, dkk. 2017. Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemendikud.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Elmubarok, Zaim. 2009. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Fajar, Arnie. 2009. Portofolio. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hamalik, Oemar. 2006. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Taniredja, Tukiran, E. M. Faridli, Sri Harmianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v3i1.121

Article Metrics

Abstract view : 113 times
PDF - 18 times

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.