UPAYA MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS 4 SD NEGERI 1 BANJARDOWO KECAMATAN KRADENAN KABUPATEN GROBOGAN SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2018/2019

Ida Setyawati

Abstract


Pembelajaran IPA menggunakan metode konvensional. Sehingga siswa sulit memahami materi pelajaran dan menjadikan hasil belajar IPA rendah.  Sehingga,  perolehan nilai siswa yang berada di bawah KKM  sebanyak 45%.  Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar IPA melalui penerapan model Discovery Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif dengan menggunakan desain penelitian kemmis Mc.Taggart. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas 4 SD Negeri 1 Banjardowo  sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes dan nontes.  Penelitian ini mengacu pada langkah-langkah model Discovery Learning. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan proses pembelajaran. Hal itu dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru prasiklus rata-rata  62,5% pada siklus I meningkat 75%. Siklus II menjadi 88,39%. Hasil observasi aktivitas siswa meningkat juga pada prasiklus hasil rata-rata 68,75 kemudian pada siklus I meningkat 78,12%. Siklus II meningkat 89,58%. Peningkatan aktivitas guru dan siswa berdampak pada hasil belajar IPA meningkat. Pada kondisi awal nilai rata-rata siswa 69,75. Pada pembelajaran Siklus I dengan menerapkan model Discovery Learning, nilai meningkat menjadi 75,5. Pada pembelajaran siklus II nilai rata-rata siswa 82,5%. Dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPA siswa kelas 4 SD Negeri 1 Banjardowo

Keywords


Model Discovery Learning, Proses pembelajaran, Hasil Belajar, IPA

Full Text:

PDF

References


Sanjay, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Kurnianingsih, Imas. 2014 Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena

Kusnandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara

Wiriaatmadja, Rochiati. 2010. Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lusita, Afrisanti. 2011. Buku Pintar Menjadi Guru Kreatif, Inspiratif dan Inovatif. Yogyakarta: Araska.

Aunurrachman. 2009. Balajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Illahi, Mohammad takdir. 2012. Pembelajaran Discovery Strategi dan mental vocational skill. Yogyakarta:diva press.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Kristiawan, Yohanes Andri. 2012. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Metode Discovery Di SDN Tingkir Tengah 02 Salatiga Semester II Tahun Ajaran 2011/2012. Salatiga: S1 PGSD FKIP UKSW




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v5i1.114

Article Metrics

Abstract view : 133 times
PDF - 156 times

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.