UPAYA PENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE BERBANTU MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS 5 SEMESTER II SD NEGERI II SINDUREJO KECAMATAN TOROH KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Nudju Rahayu

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah model pembelajaran Think Phair and Share berbantuan media video  dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas 5 SDN 2 Sindurejo  Tahun Pelajaran 2018/2019. Berdasarkan proses pembelajaran Think Pair and Share terbukti mengalami peningkatan pada setiap siklus  dari pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Dari hasil persentase data observasi aktifitas guru dan siswa yang semakin meningkat . Rata-rata hasil belajar siswa juga meningkat. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar IPA. Pada pembelajaran Siklus I dengan menerapkan model pembelajaran Think Phair and Share berbantuan media video, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 79 dengan persentase ketuntasan 72% atau 32 siswa tuntas. Pada pembelajaran siklus II nilai rata-rata siswa 82,5 dengan persentase ketuntasan 92% atau 36 siswa tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Phair and Share berbantuan media video dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SDN 2 Sindurejo

Keywords


Think Phair and Share, Hasil Belajar, Proses pembelajaran, IPA

Full Text:

PDF

References


Arends.,Richard.2997. Learning To Teach. Dalam Trianto. Model Pembelajaran Inovatif yang Berorientasi Kosntruktivistik.Jakarta:Prestasi Pustaka Publisher

Arikunto, Suharsimi. 2020. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Aditya Media.

Arikunto, Suharsimi. 2020.Prosedur Penelitian Sutu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2022. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Andi Prastowo. 2022. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Arsyad,Azhar. 2022. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Asy’ari, M. 2006. Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dalam Pembelajaran IPA di SD. Jakarta. Debdiknas

Basuki Wibawa & Farida Mukti. (2992). Media Pengajaran. Jakarta: Depdikbud Dikjen Pendidikan Tinggi Proyek pembinaan Tenaga Kependidikan

Bundu, Patta. 2006. Penilaian Ketrampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains di SD. Jakarta: Debdiknas

Chotimah, Hasnul. 2007. Strategi-strategi Pembelajaran untuk Penelitian Tindakan kelas. Malang: Surya Pena Gemilang

Hendro Darmodjo dan R. E Kaligis. (2993). Pendidikan IPA II. Jakarta: Dirjen Dikti

Ibrahim, M, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : University Press

Isjoni. 2020. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyasa. 2020. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mulyono Abdurrahman. 2993. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006. Standar Isi

Purwanto. 2022. Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Sagala, S., (2020), Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Penerbit Alfabeta,

Samatowa. Usman. 2006. Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Departemen Pendidikan Nasional

Sulistyo, S. 2007. Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapan Dalam KTSP.Semarang: Tiara Wacana

Sumaji. 2003. Pendidikan Sains yang Humanistis. Yogyakarta: Kanisius.




DOI: https://doi.org/10.61689/waspada.v5i1.113

Article Metrics

Abstract view : 94 times
PDF - 31 times

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.