KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN POLRI POLRES SEMARANG

Wiwiek Pratiwi

Abstract


Institusi Kepolisian Republik Indonesia masih ditengarai sebagai lembaga yang melayani masyarakat belum maksimal, karena isu yang sedang berkembang saat ini citra institusi kepolisian sedang melakukan reformasi birokrasi, namun demikian belum berubah secara signifikan dan kesan yang timbul dikalangan masyarakat hingga kini masih belum baik, karena dalam melayanai terhadap masyarakat masih lambat,  berbelit belit, dan kurang memuaskan.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan doktrinal dengan pendekatan non doktinal (sociolegal research) dengan objek penelitian di bidang Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu  (SPKT) khususnya melayani masyarakat yang mencarai Surat Keterangan Kehilangan (SKK) di wilayah Kabupaten Semarang melalui Polres Semarang, yaitu: di Polres Semarang dan Polsek di 4 (empat)  zona. Zona I (Polsek Ungaran), zona II (Polsek Kartangjati, Bawen dan Tuntang), zona III (Polsek Ambarawa, Bandungan dan Jambu) dan, zona IV (Polsek Getasan, Suruh dan Tengaran). Kemudian data penelitian diperoleh dari 161 responden yang dianalisis dengan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sesuai Kepmenpan RI nomor 25 tahun 2004. Berdasarkan  hasil  analisis  data bahwa nilai  IKM unit  SPKT memperoleh nilai indek sebesar 3,219 dikalikan nilai dasar (25) = 80,475.  Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa mutu (kualitas)  pelayanan B dandalam katagorikinerja unit pelayanan Baik. Artinya maysarakat kabupaten Semarang merasa puas  dalam hal pelayanan surat keterangan kehilangan (SKK) yang dibuat oleh POLRI POLRES Semarang


Full Text:

PDF

References


Denhardt, Janet V. and Denhardt, Robert B.2003, The New Public Service : Serving, not Steering, New York, M.E. Sharpe, Inc.

Gasperz, Vincent, 1997. Manajemen Kualitas Dalam Industri Jasa, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta

_________, 1997, Total Quality Management, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta.

Idris, Adam, 2007. Kinerja Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan, SOFA Mandiri; Malang

Kepmen PAN No. 25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.

Moenir, 2010. Manajemen Pelayalan Umum di Indonesia. Bumi Aksara; Jakarta

Sutandyo Wignyosoebroto.1997, Pengolahan dan Analisa Data. Yang dimuat dalam Koentjaraningrat Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Gramedia, Jakarta.

Tjiptono, Fandy., 1997, Prinsip-prinsip Total Quality (TQS)Yogyakarta : Penerbit Andi

_____________, 2002, Manajemen Jasa, Cetkan ketiga, Penerbit Andi, Yogyakarta

_____________, Gregorius Candra (2005). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Undang-undnag Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Republik Indonesia

Warella, Y. 1997, Administrasi Negara dan Kualitas Pelayanan Publik Pidato Pengukuhan jabatan Guru Besar Madya ilmu Administrasi Negara. Semarang, Universitas Diponegoro.

Zeithaml Valarie; Parasuraman and Leonard Berry, 1990, Delivering Quality Service, Balancing Customer Perceptions and Expectation, New York, The Free Press




DOI: https://doi.org/10.61689/jpehi.v2i01.225

Article Metrics

Abstract view : 393 times
PDF - 109 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.