Analisis Desain Rekonstruksi Jalan Simpang 3 Tol Pejagan - Batas Kabupaten Tegal / Brebes KM. PKL. 107+865 s/d 110+950

Agus Prasetyo, Jehan Adi Pradana, Totok Apriyanto, Agung Hari Wibowo

Abstract


Kondisi volume lalu lintas setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini disebabkan banyaknya penggunaan pribadi dibandingkan moda transportasi umum. Namun hal ini tidak diimbangi dengan adanya peningkatan kapasitas maupun kualitas jalan raya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kondisi geometri eksisting kinerja dan kinerja lalu lintas Jalan Simpang 3 Tol Pejagan- Batas Kabupaten Tegal/Brebes, serta merencanakan perbaikan kualitas struktur perkerasan jalan raya. Pengumpulan data sekunder diperoleh dari Tim Inti Perencanaan Dan Pengawasan Teknis Jalan Dan Jembatan Provinsi Jawa Tengah dan juga pihak ketiga. Data-data yang diperoleh adalah Data Lalu Lintas Harian Tahunan (LHRT), Data Hasil penyelidikan tanah, Data Gambar Kerja. Metode yang digunakan adalah dengan menganalisis data lalu lintas eksisting dan analisis kondisi tanah dengan metode Bina Marga MDP 2024 yang kemudian dikonfirmasi dengan metode AASHTO 1993. Selanjutnya dari perhitungan tersebut didapat rekomendasi desain rekonstruksi berupa perkerasan lentur.

Full Text:

PDF

References


Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Direktorat Jenderal Bina Marga. 2024. “Manual Desain Perkerasan Jalan 2024”. 389 hal.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Drektorat Jenderal Bina Marga. 2024. “Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2023”. 351 hal.

Ketua Program Studi Teknik Sipil UNDARIS. 2022. "Buku Pedoman Program Studi Teknik Sipil 2022". Ungaran : UNDARIS Fakultas Teknik

Sukirman, Silvia. 1999. "Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan". Nova. Bandung.

Tamin, Ofyar. 2000. "Perencanaan dan Pemodelan Transportasi". Bandung : Institut Teknologi Bandung.

Imansyah, Dicky. 2020. "Tinjauan Pelaksanaan Ac-Bc (Asphal Concrete-Binder Course) Dan Ac-Wc (Asphal Concrete-Wearing Course) Pada Peningkatan Jalan Pangeran Ayin". Universitas Bina Darma. Palembang.

Alfajri. 2024. “Analisis Kinerja Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Raya Negara Sumbar-Riau Segmen 2 (Km 2) Kabupaten Lima Puluh Kota”. Universitas Andalas. Padang.

Romadlon, Ilham. 2024. “Analisis perbandingan perencanaan perkerasan Lentur (flexible pavement) menggunakan metode bina Marga 2017 dan AASTHO 1993 (studi kasus jalan jepara – keling)”. Universitas Dipoegoro, Semarang.




DOI: https://doi.org/10.61689/jti.v6i2.801

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Teknik Indonesia by Fakultas Teknik Undaris is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International