ANALISIS LALU LINTAS TERHADAP KAPASITAS JALAN DIPONEGORO UNGARAN

Muhammad Asin Zubet, Su'udi Al Mukarom, Meilinda Dewi Astuti

Abstract


Kapasitas jalan dapat diartikan sebagai kemampuan suatu ruas jalan dalam menampung arus lalu lintas secara optimal dalam kurun waktu tertentu, yang umumnya dinyatakan dalam jumlah kendaraan yang melintas per jam pada titik tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja lalu lintas pada suatu ruas jalan melalui penghitungan volume kendaraan yang melintas, kondisi geometrik jalan, serta kondisi lingkungan sekitar. Studi ini difokuskan pada ruas Jalan Diponegoro di wilayah Ungaran, dengan tujuan utama menghitung kapasitas dan tingkat pelayanannya. Pengumpulan data dilakukan melalui survei lapangan yang dilaksanakan pada pukul 06.00 hingga 18.00, dengan data utama berupa volume lalu lintas. Analisis data mengacu pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) tahun 2023, dengan derajat kejenuhan (DS) digunakan sebagai indikator utama perilaku arus lalu lintas. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa kapasitas jalan dari arah Ungaran menuju Semarang mencapai 2.968 smp/jam, dengan volume lalu lintas sebesar 1.596 smp/jam dan nilai DS sebesar 0,54. Hal ini menunjukkan tingkat pelayanan kategori C, yaitu kondisi arus lalu lintas masih stabil dan kecepatan kendaraan dapat dikendalikan oleh kondisi lalu lintas. Sementara itu, untuk arah sebaliknya, yaitu dari Semarang ke Ungaran, kapasitas jalan juga sebesar 2.968 smp/jam dengan volume lalu lintas mencapai 1.662 smp/jam, menghasilkan DS sebesar 0,56 yang juga termasuk dalam kategori tingkat pelayanan C, dengan karakteristik arus lalu lintas yang serupa.

Full Text:

PDF

References


A. P. Rachman, S. Y. R. Rompis, And J. A. Timboeleng, “Analisis Pengaruh Tata Guna Lahan Terhadap Kinerja Jalan Di Kota Gorontalo,” Jurnal Ilmiah Media Engineering, Vol. 10, No. 1, 2020.

S. Asfiati And Z. Zurkiyah, “Pola Penggunaan Lahan Terhadap Sistem Pergerakan Lalu Lintas Di Kecamatan Medan Perjuangan, Kota Medan,” In Prosiding Seminar Nasional Teknik Uisu (Semnastek), 2021, Pp. 206–216.

W. Wahab, R. Armen, And A. M. Rusli, “Studi Analisis Kinerja Ruas Jalan Jhoni Anwar Dan Gajah Mada Kota Padang,” Jurnal Teknik Sipil Institut Teknologi Padang, Vol. 8, No. 2, Pp. 81–87, 2021.

M. A. Zubet, W. Fistcar, And W. Aktorina, “Analisa Lalu Lintas Terhadap Kapasitas Jalan Brigjend Sudiarto Kota Semarang,” Teknika, Vol. 19, No. 1, Pp. 51–59, Mar. 2024, Doi: 10.26623/Teknika.V19i1.8554.

F. Prasetyo, “Kewenangan Dalam Penerapan Pengaturan Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin),” Jkmp (Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik), Vol. 4, No. 2, Pp. 207–218, 2016.

B. A. Wibawa, “Tata Guna Lahan Dan Transportasi Dalam Pembangunan Berkelanjutan,” Sumber, Vol. 7, No. 1, 2015.

A. Budiharjo, A. Sahri, And E. Purwanto, “Kajian Manajemen Lalu Lintas Kawasan Central Business District (Cbd) Di Kota Tegal,” Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal Of Road Safety), Vol. 8, No. 1, Pp. 38–52, 2021.

Said, “Optimization Of River Transport To Strengthen Multimodal Passenger Transport System In Inland Region,” In Procedia Engineering, Elsevier Ltd, 2015, Pp. 498–503. Doi: 10.1016/J.Proeng.2015.11.043.

S. Direktorat Jenderal Bina Marga, P. Direktur Di Direktorat Jenderal Bina Marga, P. Kepala Balai Besar, B. Pelaksanaan Jalan Nasional Di Direktorat Jenderal Bina Marga, And P. Kepala Satuan Kerja Di Direktorat Jenderal Bina Marga, “D I R E K T O R A T J E N D E R A L B I N A M A R G A.”

H. Rauf, T. K. Sendow, And A. L. E. Rumayar, “Analisa Kinerja Lalu Lintas Akibat Besarnya Hambatan Samping Terhadap Kecepatan Dengan Menggunakan Regresi Linier Berganda (Studi Kasus Ruas Jalan Dalam Kota Pada Segmen Jalan Lumimuut),” Jurnal Sipil Statik, Vol. 3, No. 10, 2015.

S. Meutia, S. M. Saleh, And A. Azmeri, “Analisis Kemacetan Lalu–Lintas Pada Kawasan Pendidikan (Studi Kaus Jalan Pocut Baren Kota Banda Aceh),” Jurnal Teknik Sipil, Vol. 1, No. 1, Pp. 243–250, 2017.

E. K. , Morlok, “Pengantar Teknik Dan Perencanaan Transportasi”, Jakarta: Erlangga, 1991.




DOI: https://doi.org/10.61689/jti.v6i1.738

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Teknik Indonesia by Fakultas Teknik Undaris is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International