Implementasi Konsep Edutainment Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smpnegeri 1 Boyolali
Abstract
Abstrak
Â
Pelajaran Pendidikan Agama Islam selalu dipandang sebagai pelajaran yang memÂbosankan, sehingga kurang diminati oleh banyak siswa. Pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diperoleh siswa selalu monoton dan disajikan kurang menarik oleh guru. Ada upaya untuk menciptakan suasana dan proses pembelajaran yang menyenangkan dalam dunia pendidikan yakni saat munculnya konsep edutainment yang mencoba meÂmadukan antara dua aktivitas â€pendidikan†dan â€hiburanâ€. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui implementasi konsep edutainment pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Boyolali tahun 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Boyolali. Dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII dan guru Pendidikan Agama Islam kelas VII, dan para informan yang terdiri dari kepala sekolah dan guru bidang studi lain. Data yang dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui teknik triangulasi metode. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran konsep edutainment hanya sekedar istilah saja, tetapi keÂnyataannya belum memenuhi pembelajaran edutainment yang sebenarnya karena konsep edutainment harus terkonsep dengan baik, kelas di desain sedemikian rupa sesuai dengan materi terkait. Metode dan game yang dilaksanakan lebih mengarah pada model PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inofatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan). Penggunaan video yang ditayangkan sebagai sisipan pada pembelajaran menggunakan video kartun Dodo Syamil kurang cocok untuk pembelajaran di tingkat SMP.
Kata Kunci: Â Â Â implementasi konsep edutainment; Pendidikan Agama Islam
Â
Islamic Education Lessons that students get are always monotonous and presented less attractive by the teacher. There is an effort to create an atmosphere and a fun learning process in the world of education that is when the emergence of the concept of edutainment that tries to combine the two activities of "education" and "entertainment". The purpose of this research is to know the implementation of edutainment concept on PAI subjects in SMPN 1 Boyolali year 2014/2015. This research uses descriptive qualitative research method. This research was conducted in SMPN 1 Boyolali. With the subjects of this study are students of class VII and teachers of Islamic Education class VII, and the informants consisting of principals and teachers of other fields of study. Data collected by observation method, interview, documentation. The validity of the data is obtained through the method triangulation technique. The data collected were analyzed by data reduction, data presentation and conclusion. The results of this study indicate that the implementation of learning concept of edutainment is just a term, but in reality has not meet the actual edutainment learning because edutainment concept must be conceptualized well, the class is designed in such a way according to the related material. Methods and games that are implemented more lead to the model PAIKEM (Active, Inofatif, Creative, Effective and Exciting). The use of video that is served as an insertion on learning using Dodo Syamil cartoons is less suitable for junior high school learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daradjat, Zakiah. 2000. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jogyakarta: Buku Beta.
Departemen Agama RI. 2003. Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan. Jakarta: Departemen Agama RI
Effendi, Agus. 2005. Revolusi Kecerdasan Abad 21 Kritik MI, EI, SQ, & Succesful Intelligence atas IQ, Bandung: Alfabeta.
Hamid, M. Soleh. Metode Edutainment. Jogyakarta: Diva Press.
Hamruni, 2009. Edutainment dalam Pendidikan Islam & Teori-Teori Pembelajaran Quantum, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.
Majid, Abdul, Dian Andayani, 2005. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Markowitz, Karen dan Eric Jansen. 2002. Otak Sejuta Gigabyte, terj. Esti A.
Moleong, Lexy J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
__________, 2003. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda¬karya.
__________, 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda¬karya.
Muhaimin. 2002. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosda¬karya.
Pedak, Mustamir, 2011. Metode Pembelajaran, Yogyakarta: Insan Madani.
Roqib. 2009. Ilmu Pendidikan Islam Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat, Jogyakarta: LKiS.
Santoso. 2011. Paikem Gembrot, Jakarta: PT Prestasi Pustaka.
Sanaki, Hujair A.H. 2009. Tujuh Kompetensi yang Menyenangkan dan Profesional, Yogyakarta: Power Book.
Sumantri dan Permana. 2010. Perkembangan Peserta didik, Bandung: Rosdakarya.
Wahid, Abdul, (2000) Strategi Belajar Menyenangkan dengan Humor, Bumi Aksara, Jakarta: Insan Press.
Yusuf, Choirul, Fuad. 2005. Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural, Jakarta: Gramedia.
DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v1i2.9
Article Metrics
Abstract view : 764 timesPDF - 103 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.