KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENUJU MASYARAKAT MADANI

Nadia Abidatun Nuronia Anisa Dina Lestari Uswatun Khasanah

Abstract


Pendidikan Islam memiliki peran strategis dalam membentuk masyarakat madani yang berakhlak, berkeadilan, dan berwawasan luas. Namun, implementasi pendidikan Islam menghadapi berbagai tantangan, seperti pengaruh globalisasi, dikotomi antara ilmu agama dan sains, lemahnya pendidikan karakter, serta minimnya dukungan dari berbagai pihak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan serta strategi implementasi pendidikan Islam dalam membangun masyarakat madani. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research), dengan menelaah berbagai literatur terkini mengenai konsep pendidikan Islam, karakter madani, serta pendekatan integratif dalam pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mengatasi tantangan tersebut, diperlukan strategi yang mencakup integrasi nilai-nilai Islam dalam kurikulum modern, pemanfaatan teknologi dalam pendidikan, penguatan karakter berbasis Islam, serta kolaborasi antara lembaga pendidikan, pemerintah, dan masyarakat. Dengan pendekatan yang inovatif dan adaptif, pendidikan Islam dapat tetap relevan dalam menghadapi tantangan zaman dan berkontribusi dalam pembentukan generasi yang memiliki keseimbangan antara ilmu pengetahuan dan spiritualitas. Oleh karena itu, pendidikan Islam harus terus dikembangkan agar menjadi pilar utama dalam mewujudkan masyarakat madani yang harmonis dan berperadaban.

Islamic education plays a strategic role in shaping a civil society (masyarakat madani) that is ethical, just, and knowledgeable. However, the implementation of Islamic education faces various challenges, including the influence of globalization, the dichotomy between religious and scientific knowledge, weak character education, and a lack of support from various stakeholders. This study aims to analyze the challenges and strategies for implementing Islamic education in building a civil society. The research method used is a library research approach, examining various recent literature on Islamic education concepts, civic character, and integrative approaches in education.  The findings indicate that to overcome these challenges, several strategies must be implemented, including integrating Islamic values into modern curricula, utilizing technology in education, strengthening character education based on Islamic principles, and fostering collaboration between educational institutions, the government, and society. With an innovative and adaptive approach, Islamic education can remain relevant in addressing contemporary challenges and contribute to shaping a generation that balances knowledge and spirituality. Therefore, Islamic education must continue to evolve as a fundamental pillar in realizing a harmonious and civilized society.   

Keywords


Islamic Education; Civil Society; Implementation Strategies; Pendidikan Islam; Masyarakat Madani; Strategi Implementasi

Full Text:

PDF

References


Abdullah, B. (2016). Konstitusi Pendidikan Islam dalam Membangun Masyarakat Madani. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan, 9(2), 79-86.

Ali, M. (2023). Islamic Education and the Challenges of Globalization. Oxford University Press.

Amin, A. (2021). Revitalizing Islamic Education in the Digital Era: Challenges and Opportunities. Journal of Islamic Studies, 15(2), 45-63.

Anwar, R. N., & Christanti, Y. D. (2019). Peran Pendidikan Anak Perempuan Dalam Membentuk Masyarakat Madani. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 6(2), 11-18.

Arsyad, M., & Rama, B. (2019). Urgensi Pendidikan Islam Dalam Interaksi Sosial Masyarakat Soppeng: Upaya Mewujudkan Masyarakat Madani. Al-musannif, 1(1), 1-18.

Asrori, M. (2014). Masyarakat Madani Dan Pendidikan Islam (Mengkonstruksi Masyarakat Madani Melalui Pendidikan Islam). Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 14.

Bubiyah, Z. (2023). Masyarakat Madani Dalam Perspektif Islam. Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 2(2), 493-503.

Charis, I., & Nuryansah, M. (2015). Pendidikan Islam Dalam Masyarakat Madani Indonesia. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 7(2), 229-258.

Elkarimah, M. F. (2017). Konsep Pendidikan Islam Menuju Masyarakat Madani. Tarbawy: indonesian journal of Islamic education, 4(1), 17-31.

Fauzi, R. (2023). Character Building in Islamic Education: A Holistic Approach. Springer.

Fikri, M. (2022). Integrating Islamic Values in 21st Century Education: A Conceptual Framework. Islamic Pedagogy Journal, 10(1), 77-94.

Ghani, A. (2015). Pendidikan Akhlak Mewujudkan Masyarakat Madani. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 273-284.

Halim, W. (2017). Peran Pesantren Dalam Wacana Dan Pemberdayaan Masyarakat Madani. AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam, 22(2), 191-218.

Hamang, M. N. (2013). Peranan Pendidikan Islam Dalam Membentuk Masyarakat Madani. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(1).

Hassan, A. (2019). Moral Education in Islamic Perspective: The Role of Schools and Society. Cambridge University Press.

Hidayat, T. (2020). Islamic Education and Social Change: The Role of Schools in Forming a Civil Society. International Journal of Islamic Studies, 12(4), 55-71.

Huda, S. (2000). Urgensi pendidikan Islam dalam membangun Masyarakat Madani (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Ilma, M., & Alfian, R. N. (2020). Konsepsi Masyarakat Madani Dalam Bingkai Pendidikan Islam. MA'ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 1(01), 25-46.

Irayanti, I., Fahrizi, Z., Puspita, D. A., Rahayu, I., & Asriati, A. (2022). Masyarakat Madani Dan Pesantren: Peran Pesantren Dalam Membentuk Santri Sebagai Agent Of Civil Society. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 10(1), 14-20.

Izzah, I. (2018). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Masyarakat Madani. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 5(1), 50-68.

Khalim, A. (2019). Pendidikan Islam Menuju Masyarakat Madani. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 17(2), 144-156.

Nasution, A. (2022). Islamic Values and Modern Education: Bridging the Gap. Routledge.

Nasution, H. A., & Trisandi, T. (2020). Masyarakat Madani dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam (Telaah Filosofis). Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(2), 55-65.

Nursalim, E. (2016). Pendidikan Islam Menuju Masyarakat Madani di Era Globalisasi (Suatu Ikhtiar Menghadapi Tantangan Masyarakat Ekonomi Asean/MEA). Jurnal At-Turats, 10(1), 43-51.

Prasetyo, F. I., Yanti, E. R., & Bakar, M. Y. A. (2024). Pentingnya Mengkaji Filsafat Pendidikan Islam Dalam Upaya Mengembangkan Pendidikan Islam Masyarakat Madani. Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman, 16(1), 15-25.

Rahman, F. (2021). Islamic Education for a Civilized Society. SAGE Publications.

Ramli, S. (2020). Implementing Islamic Character Education in Schools: Theoretical and Practical Perspectives. Educational Research and Innovation, 8(3), 112-129.

Sudarni, N. (2007). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Konsep Masyarakat Madani (Studi Atas Pemikiran Nurcholish Madjid) (Doctoral dissertation, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Sulthani, D. A. (2021). Internalisasi Pendidikan Agama dalam Membentuk Masyarakat Madani. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 87-100.

Syafii, A. (2023). The Role of Islamic Education in Forming a Just and Civilized Society. Journal of Islamic Thought, 18(2), 98-115.

Yunus, M. (2020). The Foundation of Islamic Education in Social Development. Taylor & Francis.

Yusuf, M. (2014). Membangun Pendidikan yang Bermutu menuju Masyarakat Madani. Jurnal Rehabilitasi dan Remediasi, 23(1).




DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v9i1.703

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.