PERAN GURU SEJARAH ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH KEMBANG KUNING REJOSARI PAKIS MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Rina Priarni Matori Putri Ainur Rohmah

Abstract


Peran Guru Sejarah Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pakis Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peran Guru Sejarah Islam pembentukan karakter Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pakis Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2023/2024 (2) Faktor Pendukung dan Penghambat Peran Guru Sejarah Islam dalam Pembentukann Karakter Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pakis Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2023/2024.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk memahami fenomena sosial dari pandangan perilakunya. Lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Kyai Abdan. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, triangulasi dan tes. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan mengambil kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran Guru bertanggug jawab penuh atas karakter anak didiknya, maka dari itu, guru harus bisa menjadi tokoh yang menanamkan nilai-nilai tepuji bagi siswa, memperbaiki perilaku yang buruk menjadi benar dan menjelaskan apa yang harus dan tidak harus dilakukan. Penanaman karakter pada siswa kelas X di MA Darul dilakukan dengan cara berkolaborasi anatara keluarga dan lingkungan. Adapun beberapa siswa yang masih kurang baik karakternya disebabkan pengaruh dari keluarga yang kurang memperhatikan sehingga sudah menjadi kebiasaan kurang baik yang akan membutuhkan waktu untuk bisa merubah menjadi lebih baik. (2) Faktor pendukung peran guru sejarah Islam adalah dukungan dari beberapa pihak, diantaranya: kepala sekolah, kerjasama anata pengajar mata pelajaran lain, buk ajar, orang tua, teman sebaya, dan media sosial. Faktor penghambat penanaman karakter terbesar disebabkan pendidikan dari orang tua atau lingkungan yang kurang memperhatikan pembentukan karakter.

Kata Kunci: Peran guru, Sejarah Islam, Pembenrtukan karakter

Abstract

The Role of Islamic History Teachers in Forming the Character of Class X Students at Darul Hikmah Pakis Madrasah, Magelang Regency, Academic Year 2023/2024.

This research aims to determine: (1) The role of the Islamic History Teacher in shaping the character of Class Wisdom of Pakis Magelang Regency for the 2023/2024 Academic Year.

This research uses a qualitative approach with the aim of understanding social phenomena from a behavioral perspective. The research location is Madrasah Aliyah Darul Hikmah Kyai Abdan. Data sources come from primary data and secondary data. Data collection through observation, interviews, documentation, triangulation and tests. Data analysis techniques by reducing data, presenting data and drawing conclusions

The results of this research show that: (1) The role of the teacher is to be fully responsible for the character of his students, therefore, the teacher must be able to become a figure who instills commendable values in students, corrects bad behavior to be correct and explains what should and should not be done. should be done. Character cultivation in class X students at MA Darul is carried out by collaborating between family and environment. There are some students whose character is still not good due to the influence of families who don't pay enough attention so that it has become a bad habit that will take time to change for the better. (2) Supporting factors for the role of Islamic history teachers are support from several parties, including: the school principal, collaboration between teachers of other subjects, teaching books, parents, peers, and social media. The biggest inhibiting factor in cultivating character is education from parents or an environment that pays little attention to character formation.

 

Keywords: Teacher's role, Islamic history, character formation.

Keywords


Peran guru; Sejarah Islam; Pembenrtukan karakter; Teacher's role; Islamic history; character formation

Full Text:

PDF

References


Fathurrohman, P., Suryana., Fitriani, F. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Harsojo, A. (2013). Membangun Karakter Berkearifan Lokal dalam Bingkai Pendidikan Persekolahan. Jurnal Pelopor Pendidikan. 4 (1).

Kasmadi, Hartono. 1996. Model-model dalam Pengajaran Sejarah. Semarang: IKIP Semarang Press.

Kohcar, S.K. (2008). Pembelajaran Sejarah: Teaching of History. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia..

Muhaimin. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Citra Media

Rulianto, Febri Hartono. (2018). : Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter. Vol. 4. No. 2. Hal. 127-133. Denpasar : ISSN

Rusmaini. (2013).Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Felicha.

Samani, Muchlas dan Hariyanto M.S,. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Budaya dan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudrajat, Ajat dan Kurniawan, Yusuf. (2018). Peran Teman Sebaya dalam Pembentukan Karakter Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jogjakarta: Socia

Sugiyono. (2017). Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah

https://jabar.nu.or.id/taushiyah/pengertian-islam-dalam-berbagai-aspeknya-YtIzW




DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v8i1.564

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.