IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING BERBASIS TPACK DALAM PELAJARAN PAI SISWA SD NEGERI GULON 2 KECAMATAN SALAM, KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Abstract
Pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013 bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil pendididkan, yang mengarahkan pada pembentukan budi pekerti dan akhlak mulia peserta secara utuh terpadu, dan seimbang.Tujuan dari penelitian adalah untuk (1) mengetahui implementasi Project Based Learning Berbasis TPACK di SD Negeri Gulon 2 (2) mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam implementasikan Project Based Learning Berbasis TPACK di SD Negeri Gulon 2.
Penelitian ini adalah penelitian bersifat Kualitatif. Lokasi penelitian ini di SD Negeri Gulon 2 dengan subjek penelitian kelas VI SD Negeri Gulon 2 berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dengan kepala sekolah dan guru mata pelajaran PAI, dilanjukan dengan teknik observasi di kelas VI pada saat KBM berlangsung, kemudian yang terakhir yaitu dengan teknik dokumentasi untuk mendokumentasikan kegiatan pembelajaran dan data-data sekolah yang dibutuhkan. Teknik analisis datanya dengan cara mereduksi data, penyajian data dan mengambil kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Guru PAI SD Negeri Gulon 2 telah menerapkan metode Project Based Learning Berbasis TPACK pada mata pelajaran PAI di SD Negeri gulon 2 terdiri dari beberapa tahapan, yaitu tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan, tahapan evaluasi.(2) faktor pendukungnya berasal dari guru sarana prasarana yang mendukung, murid serta faktor lingkungan. Faktor penghambatnya data dari anak yang tidak dapat mengikuti pembelajaran dengan baik misalnya bermain sendiri tidak mendengarkan apa yang guru sampaikan
Character education in the 2013 Curriculum aims to improve the process and results of education, which leads to the formation of good character and noble morals in participants in a completely integrated and balanced manner. The aim of the research is to (1) determine the implementation of TPACK-Based Project Based Learning at SD Negeri Gulon 2 (2) knowing the inhibiting and supporting factors in implementing TPACK-Based Project Based Learning at SD Negeri Gulon 2.This research is qualitative research. The location of this research is SD Negeri Gulon 2 with research subjects in class VI of SD Negeri Gulon 2 totaling 30 people. Data collection techniques used interview techniques with school principals and PAI subject teachers, followed by observation techniques in class VI during teaching and learning activities, then finally documentation techniques to document learning activities and required school data. The data analysis technique is by reducing data, presenting data and drawing conclusions.The results of the research show that (1) PAI teachers at SD Negeri Gulon 2 have implemented the TPACK-based Project Based Learning method in PAI subjects at SD Negeri Gulon 2 consisting of several stages, namely the planning stage, implementation stage, and evaluation stage. (2) the supporting factors comes from teachers, supporting infrastructure, students and environmental factors. The inhibiting factor is data from children who cannot participate in learning well, for example playing alone and not listening to what the teacher says
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anindty, P.& Suwarjo. (2014). Pengaruh problem based learning terhadap ketrampilan berfikir kritis dan regulasi diri siswa kelas V. jurnal Prima edukasi, Vol 2 No. 2.
Abdulah Majid (2015:164) ).Work thant matters : The teacher’s guide to project based learning. Canada : Paul Hamalyn Foudatiaon.
Boss, S.& Krauss, J. (2013). Thingking though project-based learning guiding deeper inquiry. New Youk” SAGE Publication
Aunurrahman, Belajar dan Pembelajaran, (Bandung: Alfabeta, 2009),
Basrowi dan Suwandi. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta,2008
Depdikbud, 2019. Karakteristik Pembelajaran Abad 21. Modul 2.PPL
Darajat, Zakiah. 2000.Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta : Bumi Aksara
Gully, B. (2015). Project based learning from elementary school to college, tool : architecture. Procedia-Social and Behavioral Scienes,189,770-775.diambil pada 29 okteber 2017 dari http:/doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.130.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: Kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Hamik Oemar, Psikologi Belajar dan Mengajar (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2009)
Hamalik, Oemar, Proses belajar mengajar berdasarkan sistem. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
Hamalik Oemar, Psikologi Belajar dan Mengajar (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2009).
Litbang Kemendikbut.(2013). Kurikulum 2013: Pergeseran Paradigma belajar abad 21.
Lestari, Tutik. 2015. “Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Dasar menyajikan Contoh-Contoh Ilustrasi Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Metode Pembelajaran”,Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Mendikbut. (2016). Permendikbut Nomor 22 Tahun 2016, tentang standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Majid, Abdul & Chaerul Rochman. 2014. Pendekatan ilmiah dalam implementasi kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhammad Fathurrahman & Sulistyorini, Belajar dan Pembelajaran (Yogyakarta: Teras, 2012),
Miyarso,Estu.2019. Rancangan Pembelajaran Inovatif.PPG. Modul 4. Dirgen GTK. Jakarta
Mahfud Junaedi, Ilmu Pendidikan Islam dan Filsafat dan Pengembangan, (Semarang: Rasail,2010),hlm.X.
Manab, Adbul. Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif. (Yogjakarta: Kalimedia,2015).
M. Sobry Sutikno, Belajar dan pembelajaran, (Bandung: Prospect,2009),
Milles dan Huberman, Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1992
Munir, Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh (Nizamia Learning Center, 2021)
Nurfitriyanti, Maya. 2016. Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah
Nyihana Ermaiatu (2021:46) Work thant matters : The teacher’s guide to project based learning. Canada : Paul Hamalyn Foudatiaon.
Patton,A dan Robin,J, (2012).Work thant matters : The teacher’s guide to project based learning. Canada : Paul Hamalyn Foudatiaon
Piaget,J., & Inhelder,B.(1997). Memory and intelligence. London:Routledge and Kagel Paul.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya.Yogyakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2009,
Thomas,J.W( 2000). A review of research on project-based learning.San Rafael: The Autodesk Foundation.
DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v8i1.563
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.