PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI KECAMATAN CIMERAK KABUPATEN PANGANDARAN

Neneng Nurmalasari

Abstract


Guru merupakan ujung tombak keberhasilan pendidikan, karena guru merupakan
aktor yang sangat penting dalam penyelenggaraan pendidikan. guru juga
merupakan faktor penentu dari tercapainya tujuan pendidikan. Keberhasilan dalam
penyelenggaraan pendidikan ditentukan oleh kinerja guru yang baik. namun
demikian kinerja guru yang baik tidak datang dengan sendirinya, karena kinerja
guru dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu misalnya supervisi kepala sekolah dan
motivasi kerja guru itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru, mengetahui pengaruh
motivasi kerja guru terhadap kinerja guru, serta mengetahui pengaruh supervisi
kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Dimana penulis
berharap dengan metode ini akan dapat memahami masalah berdasarkan fenomena
pada saat penelitian berlangsung. subjek penelitian ini adalah Guru SMP Negeri di
Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran sebanyak 120 orang Guru dengan
jumlah sampel sebanyak 75 orang Guru. Sedangkan objek penelitian ini adalah
supervisi kepala sekolah, motivasi kerja guru, dan kinerja guru. Data yang
dikumpulkan dalam penelitian ini dijaring melalui angket yang berupa sekala
penilaian dengan rentang skor 1 sampai 5. Kesimpulan yang diperoleh dari
penelitian ini adalah : 1) pengaruh supervisi kepala sekolah (X1) terhadap Kinerja
Guru (Y) sebesar 0.091; 2) pengaruh motivasi kerja guru (X2) terhadap kinerja
guru (Y) sebesar 0,139; dan 3) pengaruh supervisi kepala sekolah (X1) dan
motivasi kerja guru (X2) terhadap kinerja guru (Y)secara bersama-sama sebesar
0,165, artinya 0,835 merupakan pengaruh dari faktor lain selain yang diteliti.

 

The teacher is the spearhead of the success of education, because the teacher is a
very important actor in the implementation of education. teachers are also a
determining factor in achieving educational goals. Success in administering
education is determined by good teacher performance. however, good teacher
performance does not come on its own, because teacher performance is influenced
by certain factors such as supervision of the principal and the motivation of the
teacher's own work. The purpose of this study was to determine the effect of school
principal supervision on teacher performance, to know the effect of teacher work
motivation on teacher performance, and to know the effect of school principal
supervision and motivation of teacher work together on teacher performance. The
method used is descriptive analysis method. Where the authors hope that this
method will be able to understand the problem based on the phenomenon at the
time of the research. the subjects of this study were teachers of Public Middle
Schools in Cimerak Subdistrict, Pangandaran District, with 120 teachers with a
total sample of 75 teachers. While the object of this study is the supervision of the
principal, teacher work motivation, and teacher performance. The data collected in
this study were captured through questionnaires in the form of scales with scores
ranging from 1 to 5. The conclusions obtained from this study were: 1) the effect of
the principal's supervision (X1) on Teacher Performance (Y) of 0.091; 2) the effect
of teacher work motivation (X2) on teacher performance (Y) of 0.139; and 3) the
effect of the principal's supervision (X1) and teacher's work motivation (X2) on
teacher performance (Y) together at 0.165, meaning that 0.835 is the influence of
other factors than those studied.


Keywords


Supervisi Kepala Sekolah; Motivasi Kinerja; Kinerja Guru; Principal Supervision; Performance Motivation; Teacher Performance

References


Arikunto, Suharsimi, 1988. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan

Praktik, Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto, Suharsimi, 2004, Dasar-dasar Supervisi, Jakarta, PT.

Rineka Cipta.

Djokosantoso M. 2006. Cultured! Budaya Organisasi dalam

Tantangan. Jakrta: PT Gramedia.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003,

tentang SistemPendidikan Nasional.

Hasibuan, Malayu SP, 1999. Organisasi dan Motivasi, Jakarta:

Bumi Aksara.

Kambey, D. C. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Manado;

Yayasan Triganesha Nusantara

Mulyasa, E., 2006, Menjadi kepala sekolah Profesional, Bandung,

PT. Remaja Rosdakarya.

Pidarta, Made, 1992, Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan,

Jakarta, Bumi Aksara.

Purwanto, M. Ngalim, 2008, Administrasi dan Supervisi

Pendidikan, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.

Purwanto, Ngalin. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT.

Remaja Karya

Sahertian, Piet A., 1981, Prinsip dan Tehnik Supervisi Pendidikan,

Surabaya, Usaha Nasional.

Siagian, S. P. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta:

CV Haji Masagung.

Siagian, 1997, Kiat Meningkatkan Produktivitas, Jakarta: Rineka

Cipta

Sugiyono, 2000. Statistika Untuk Penelitian, Jakarta: Alfabeta.

Soetopo, Hendyat dan Wasty Soemanto, 1988. Kepemimpinan dan

Supervisi Pendidikan, Jakarta, Bina Aksara.

Triguno. 2002. Budaya Kerja: Menciptakan Leingkungan yang

Kondusif untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta.

Golden Trayon Press.




DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v7i2.528

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.