PERAN METODE KOMUNIKASI DALAM PENYAMPAIAN MATERI AGAMA ISLAM

Rina Priarni

Abstract


Communication is one part of life that is very important for humans. For most of human life is filled with communication. Because with human communication can exchange information, and interaction in everyday life. Communication also participate in the implementation of teaching and learning process in an educational institution. Without communication it will not be achieved maximally in getting a desired result. However, in order to achieve this it is not permissible to communicate at random, a necessary pattern and communication method should be required.

The direct and indirect method that teachers use in the delivery of material to their students is a communication that is so important in conveying the message to the students. There are so many phenomena that occur in schools about the students in thinking and behaving differently with what is taught by the teacher. That the purpose of educators in teaching and learning activities is to be able to educate and improve the quality of their students. So it is questioned in the process of communicating delivered by the teacher to his students.

Therefore, there are some problems raised by the author. First, How is the method used by classroom teacher In Submission of Student Material of Islamic Kindergarten Tarbyatul Banin 02 Salatiga? Second, the supporting factors, obstacles, and solutions? The method used by the authors in finding the required data is descriptive qualitative method, that is by way of field observation, interview, and documentation in Tarbyatul Banin 02 Salatiga TK Islam directly. The method used in the delivery of material in the Islamic Kindergarten Tarbyatul Banin 02 Salatiga has been created very well, it is evidenced by how the students who can remember and practice the subject matter in the school environment.

Komunikasi merupakan salah satu bagian kehidupan yang sangat penting bagi manusia. Sebab sebagian besar kehidupan manusia dipenuhi dengan komunikasi. Karena dengan komunikasi manusia bisa saling tukar informasi, dan berinterksi dalam kehidupan sehari-hari. Komunikasi juga ikut berperan serta dalam terlaksananya proses belajar mengajar di suatu lembaga pendidikan. Tanpa komunikasi maka tidak akan tercapai secara maksimal dalam mendapatkan sebuah hasil yang diinginkan. Akan tetapi, untuk mencapai hal tersebut tidak boleh melakukan komunikasi secara asal-asalan, harus diperlukan adanya sebuah pola dan metode komunikasi yang tepat.

Metode langsung dan tidak langsung yang digunakan guru Dalam Penyampaian Materi terhadap siswanya merupakan sebuah komunikasi yang sangat begitu penting dalam menyampaikan pesannya kepada para siswanya tersebut. Banyak sekali fenomena-fenomena yang terjadi di sekolah mengenai siswa dalam berfikir dan bersikap lain dengan yang diajarkan oleh gurunya. Bahwasanya tujuan pendidik dalam kegiatan belajar-mengajar adalah untuk dapat mencerdaskan dan meningkatkan kualitas siswa-siswi mereka. Maka hal itu dipermasalahkan dalam proses berkomunikasi yang disampaikan oleh  guru kepada siswa didiknya.

Oleh karena itu, maka timbullah beberapa masalah yang diangkat oleh penulis. Pertama, Bagaimana metode yang digunakan guru kelas Dalam Penyampaian Materi siswa TK Islam Tarbyatul Banin 02 Salatiga? Kedua, faktor pendukung, hambatan, dan solusinya?

Metode yang digunakan penulis dalam mencari data yang diperlukan adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara melalui pengamatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi di TK Islam Tarbyatul Banin 02 Salatiga secara langsung.

Metode yang digunakan Dalam Penyampaian Materi di TK Islam Tarbyatul Banin 02 Salatiga sudah tercipta dengan sangat baik, hal ini terbukti dengan bagaimana siswa-siswinya yang dapat mengingat dan mempraktekkan materi pelajaran dalam lingkungan sekolah tersebut.

 


Keywords


komunikasi, Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Arif, Anwar, Ilmu Komunikasi (Sebagai Pengantar Ringkas), (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1995).

Asnawir dan Basyiruddin Usman, Media Pembelajaran, (Jakarta: Ciputat Press, 2002).

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia,(Jakarta : Balai Pustaka, 1996).

Effendy, Onong Uchjana, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1990).

-------------------------------, Dimensi-dimensi Komunikasi, (Bandung : Alumni, 1996).

-------------------------------, Spektrum Komunikasi, (Bandung: Bandar maju, 1992).

-------------------------------, Dinamika Komunikasi (Bandung : Remaja Rosdakarya, 1992).

--------------------------------,Kepemimpinan dan Komunikasi, (Yogyakarta : Al- Amin Press, 1996).

Muis, Komunikasi Islam, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2001).

Muhammad, Arni, Komunikasi Organisasi, (Jakarta : Bumi Aksara, 2001).

Partanto, Puis A. dan M. Dahlan Al-Barry, Kamus Ilmiah Populer, (Surabaya: Arkola, 1994).

Passow, Harry, Krisis Dalam Pendidikan, (Jakarta: PN Balai Pustaka, 1991).

Rakhmat, Jalaluddin, Psikologi Komunikasi, (Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2000).

Robbins, James G, Komunikasi yang Efektif, (Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1995).

Rosyidi, T.A. Latief, Dasar-dasar Rethorika Komunikasi dan informasi, (Medan: 1985).

Sendjaja, Sasa Djuarsa, Pengantar Komunikasi, (Jakarta: Universitas Terbuka, 1998).

Tim Penyusun Kamus P3B, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta : Gramadia, 1996).

Widjaya, H.A.W, Ilmu Komunikasi Pengantar Studi, (Jakarta : PT : Rineka Cipta, 2000).




DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v2i1.52

Article Metrics

Abstract view : 283 times
PDF - 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.