PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS NEUROSAINS DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BERPIKIR KREATIF DAN KERJASAMA

Agus Setiyoko

Abstract


Abstrac

This thesis focuses on the implementation of neurosains learning models in structuring the characters of creative and cooperative thinking toward the students of SD (public schools) / MI (Islamic public schools) in Salatiga including SD Muhammadiyah Plus, and MI Ma’arif Mangunsari Salatiga in the year of 2017/2018. This research aims to reveal the extent of the implementation of neurosains learning models in SD/MI Salatiga (SD Muhammadiyah Plus and MI Ma’arif Mangunsariin structuring the creative and cooperative characters. The approach applies qualitative study that describes and analyses the phenomena of the learning process in those schools. This study finds that the implementation of neurosains learning models in SD Muhammadiya Plus Salatiga includes several learning models (1) Playing games, (2) Fun Learning, (3) Quantum Teaching, (4) Multiple Intelligence, (5) Problem solving base. Mean while, MI Ma’arif Mangunsari occupies the learning models of (1) Neuro Language Program, (2) Learning with music, (3) learning environment modification. The implementation of creative and cooperative learning models in those three schools is by organizing extracurricular activities. In this aspect, SD Muhammadiyah Plus has (1) Language club, HizbulWaton/Scout Movement, (2) Scout movement to create confident characters. Meanwhile Likewise, MI Ma’arif Mangunsari Salatiga trains the students to write song lyrics.

 

Penelitian ini berjudul penerapan model pembelajaran berbasis neurosains dalam pembentukan karakter berpikir kreatif dan kerjasama (Studi pada SD Muhammadiyah Plus, dan MI Ma`arif Mangunsari Kota Salatiga) tahun 2017/2018. Penelitian ini bertujuan mengungkap bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis neurosains pada SD/MI Kota Salatiga (SD Muhammadiah Plus dan MI Ma`arif Mangunsari Kota dan bagaimana pembentukan karakter berpikir kreatif  dan kerjasama dalam pembelajaran berbasis neurosains pada sekolah tersebut. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian inia dalah penelitian kualitatif untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang fenomena, peristiwa proses pembelajaran di tiga sekolah tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis neurosains pada SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga ada beberapa macam antara lain: (1) Model belajar anak dengan bermain, (2) Model Pembelajaran Fun Learning, (3) Pembelajaran Quantum Teaching, (4) Pembelajaran Multiple Intelegensi, (5) Pembelajaran berbasis masalah, di MI Ma`arif Mangunsari dalam penerapan pembelajaran adalah menggunakan (1) Neuro Language Program, (2) Media musik dalam belajar, (3) Pergantian warna/suasana. Sedangkan penerapan model pembelajaran kerjasama dan berpikir kreatif pada tiga sekolah tersebut adalah melalui kegiatan ekstra kurikuler yaitu: (1) Club Bahasa, Hizbul Waton/pramuka, (2) Kepanduan untuk menumbuhkan jiwa pemberani, sedangkan, di MI Ma`arif Mangunsari Kota Salatiga dengan cara anak dilatih agar mampu membuat lirik lagu.


Keywords


neurosains learning models, creative character, cooperative character

Full Text:

PDF

References


Afrizon, Renol. “Peningkatan Perilaku Berkarakter dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX MTS Negeri Model Padang pada Mata Pelajaran IPA Fisika Mengunakan Model Problem Based Instructionâ€, Penelitian Pembelajaran Fisika, Vol. 1, No. 1 (Februari 2012):1-16

Ansari, Daniel, Donna Coch & Bert De Smedt,â€Connecting Education and Cognitive Neuroscience: Where will the jour ney take usâ€, Educational Philosophy and Theory,Vol. 43, No. 1, (2011): 37-42.

Benninga, Jacques s. Moral, Character, and Civic Education in the Elementari School. New York: Teachers College Press. 1991.

Compbell, Don. Efek Mozart Bagi Anak-Anak, Meningkatkan Daya Pikir, Kesehatan dan Kreatifitas Anak Melalui Musik, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2002.

Erniati, “Pembelajaran Neurosains dalam Pembentukan Karakter pada Peserta Didik pada Pondok Pesantrenâ€, Studia Islamika, Vol. 12, No. 1(Juni 2015): 43-69.

Gazzaniga, Michael. S, R.B Ivry&Mangun G. R Cognitive Neuroscience : The Biology of the Mind. London: W.W Norton & Company Ltd, 2009.

Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta, 2012.

Hayes, Phillip. NLP Neuro Linguistic Programming for The Quantum Change. Jakarta: Pustaka Jaya, 2007.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008.

Harun, Jamaluddin. Teori Pembelajaran serta Kesannya dalam Reka bentuk Aplikasi Multimedia Pendidikan. Bandung: PTS Publication, 2013.

Islamudin, Haryu. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: PustakaPelajar, 2012.

Licona, Thomas. Educating for Character. New York: Bantam Books. 1991.

Musfiroh, Tadkirotun. Character Building Bagaimana Mendidik Anak.Yogyakarta: Tiara Wacana, 2008.

Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya, 2009.

Noehi/Nasution. Materi Pokok Psikologi Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka, 1993.

Nur Mufidah, Luk Luk. Brain Based Teaching and Learning Pembelajaran Berbasis Otak. Yogyakarta: Teras, 2014.

Rachman, Budhy Munawar. Pendidikan Karakter: Pendidikan Menghidupkan untuk Pesantren, Madrasah dan Sekolah.Jakarta: Asia Foundation, 2017.

Rahmat, Jalaludin. Belajar cerdas Belajar Berbasis Otak. Bandung: Mizan, 2006.

Rusdianto,“InteraksiNeurosains Holistik dalam Perspektif Pendidikandan Masyarakat Islamâ€, Studia Islamika, Vol. 12, No. 1(Juni 2015): 71-94.

Selye, Ned. Experiental Activities For Intercultural Learning. Unitid States: Intercultural Press. 1996.

Sriyanti, Lilik dkk. Teori-Teori Belajar. Salatiga: Salatiga Press, 2009.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Bandung: PT Rosdakarya, 2013.

Suyadi, “Integrasi Pendidikan Islam dan Neurosains dan Implikasinya bagi Pendidikan Dasar (PGMI)â€, Al-BidÄyah, Vol 4 No. 1(Juni 2012): 111-130.

Suyadi. Strategi Pembelajaran Karakter. Bandung: Rosdakarya, 2013.

Syaodih, Nana. MetodePenelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya, 2009.

Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif: Konsep landasan dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada Media Group, 2011.




DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v2i1.51

Article Metrics

Abstract view : 3270 times
PDF - 462 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.