IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) HIDAYATUS SYUBBAN KARANGROTO KOTA SEMARANG TAHUN 2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) Apa yang menjadi landasan model pembelajaran PAIKEM pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Hidayatus Syubban Karangroto Semarang 2) Bagaimana implementasi model pembelajaran PAIKEM pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Hidayatus Syubban Karangroto Semarang 3) Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi model pembelajaran PAIKEM pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Hidayatus Syubban Karangroto Semarang 4) Langkah-langkah apa saja yang ditempuh dalam menghadapi hambatan dalam implementasi model pembelajaran PAIKEM pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Hidayatus Syubban Karangroto Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan Jenis penelitian lapangan, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, data yang telah di dapat kemudian dianalisis melalui analisis data dengan tiga tahapan yaitu reduksi, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan.
Hasil penelitiannya adalah 1) Landasan-landasan implementasi model pembelajaran PAIKEM pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Hidayatus Syubban Karangroto Semarang didasarkan pada Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 2 Tahun 2008 yaitu memberikan motivasi kepada peserta didik untuk aktif mempelajari dan mempraktikkan akidahnya dalam bentuk pembiasaan untuk melakukan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. 2) Implementasi model pembelajaran PAIKEM pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Hidayatus Syubban Karangroto Semarang dilakukan diarahkan pada pembentukan keaktifan peserta didik, strategi yang diterapkan dalam model pembelajaran PAIKEM diantaranya every one is a teacher here, car sort, the power of two dan jigsaw learning. 3) Faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan model pembelajaran PAIKEM pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Hidayatus Syubban Karangroto Semarang terkait dengan dukungan dari kepala sekolah, motivasi untuk meningkatkan profesionalitas guru dengan mengusai model pembelajaran PAIKEM dan peserta didik yang antusias melaksanakan proses pembelajaran dengan penuh kegembiraan, sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan model pembelajaran PAIKEM pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Hidayatus Syubban Karangroto Semarang diantaranya berkaitan dengan masalah guru, peserta didik dan sekolah. 4).Langkah-langkah yang ditempuh dalam menghadapi hambatan dalam implementasi model pembelajaran PAIKEM pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Hidayatus Syubban Karangroto Semarang mengarah pada pengikutsertaan guru alam program pelatihan pengembangan pembelajaran dengan model PAIKEM, memberikan pelayanan anak dengan baik, memberikan jam tambahan kepada peserta didik yang tertinggal, melakukan pendampingan kepada peserta didik, pengontrolan diri guru, mempersiapkan rencana pembelajaran dengan matang dan kerja sama dan komunikasi yang baik dengan setiap elemen madrasah.
Kata Kunci           : Implementasi, Model, PAIKEM, Akidah Akhlak
ABSTRACTÂ
This study aims 1) What is the basis of the PAIKEM learning model in the Akidah Akhlak subject at MTs Hidayatus Syubban Karangroto Semarang 2) How is the implementation of the PAIKEM learning model in the Akidah Akhlak subject at MTs Hidayatus Syubban Karangroto Semarang 3) What are the supporting factors and obstacles in implementing the PAIKEM learning model in the Akidah Akhlak subject at MTs Hidayatus Syubban Karangroto Semarang 4) What steps were taken in dealing with obstacles in implementing the PAIKEM learning model in the Akidah Akhlak subject at MTs Hidayatus Syubban Karangroto Semarang. This research is a qualitative research with a type of field research, with data collection techniques through interviews, observation and documentation. The data that has been obtained is then analyzed through data analysis with three stages, namely reduction, data presentation and verification or conclusion.
The results of the research are 1) The foundations for implementing the PAIKEM learning model in the Aqidah Akhlak subject at MTs Hidayatus Syubban Karangroto Semarang are based on the Regulation of the Minister of Religion of the Republic of Indonesia No. 2 of 2008, which is to motivate students to actively study and practice their beliefs in the form of habituation to perform commendable morals and avoid despicable morals in everyday life. 2) The implementation of the PAIKEM learning model in the Aqidah Akhlak subject at MTs Hidayatus Syubban Karangroto Semarang is directed at forming student activity, the strategies applied in the PAIKEM learning model include every one is a teacher here, car sort, the power of two and jigsaw learning . 3) The factors that support and inhibit the implementation of the PAIKEM learning model in the Akidah Akhlak subject at MTs Hidayatus Syubban Karangroto Semarang are related to support from the school principal, motivation to increase teacher professionalism by mastering the PAIKEM learning model and students who are enthusiastic about carrying out the learning process with full of joy, while the inhibiting factors in implementing the PAIKEM learning model in the Akidah Akhlak subject at MTs Hidayatus Syubban Karangroto Semarang include problems related to teachers, students and schools. 4). The steps taken in dealing with obstacles in the implementation of the PAIKEM learning model in the Aqidah Akhlak subject at MTs Hidayatus Syubban Karangroto Semarang lead to the participation of natural teachers in learning development training programs with the PAIKEM model, providing good child services, providing additional hours to students who are lagging behind, providing assistance to students, controlling teacher self, preparing lesson plans carefully and good cooperation and communication with every element of the madrasa.
Key Words : Implementation, Method, PAIKEM, Akhlak Akidah
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, 1974, Jakarta: Yayasan Penyelenggara Peterjemah/Pentafsir Al-Quran.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1995, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Djamarah, Syaiful Bahri, 2000, Guru dan Anak didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta.
-------------, dan Aswan Zain, 2002, Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar, 2002, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara.
-------------------, 2003, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.
Ismail, SM, 2008, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM Pembelajaran Aktif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan, Semarang: RaSAIL Media Group.
Jauhar, Mohammad, 2011, Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka.
Mulyasa, E., 2005, Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan enyenangkan, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Panitia Sertifikasi Guru LPTK Rayon 206 IAIN Walisongo, 2012, Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru PLPG Kelompok Guru PAI, Semarang: Tanpa Penerbit.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 2 Tahun 2008, Tentang Standar Kompetensi Lulusan Dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab di Madrasah Peraturan Menteri Agama No 2 Tahun 2008
Peraturan Pemerintah R.I. No. 19 Tahun 2005, 2005, Tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: BP.Cipta Jaya.
SM, Ismail, 2008, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM Pembelajaran Aktif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan, Semarang: RaSAIL Media Group.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005, 2005, Tentang Guru dan Dosen Jakarta: BP.Cipta Jaya.
Undang-undang RI No 20 tahun 2003, 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Semarang: Aneka Ilmu.
Uno, Hamzah B. dan Mohamad, Nurdin, 2014, Belajar dengan Pendekatan PAILKEM, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2014.
DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v7i1.441
Article Metrics
Abstract view : 44 timesPDF - 4 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.