IMPLEMENTASI METODE GALLERY WALK DALAM MENINGKATKAN SIKAP TOLONG MENOLONG PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM AR-RAHIIM UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG

Zaenal Supriyanto Ita

Abstract


Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, internal, material, fasilitas perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui penerapan metode gallery walk pada pembelajaran PAI SD Islam Ar-Rahiim Ungaran Timur; 2) Mengetahui sikap tolong menolong siswa SD Islam Ar-Rahiim Ungaran Timur; 3) Mengetahui penerapan metode gallery walk pada pembelajaran PAI dalam meningkatkan sikap tolong menolong siswa di SD Islam Ar-Rahiim Ungaran Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif, yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas social, sikap, kepercayaan, persepsi, dan pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Sumber data berasal dari primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, interview dan dokumentasi. Teknis analisis datanya dengan cara mereduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian metode Gallery Walk dapat melatih untuk tidak egois dalam kelompok, saling kerja sama mendiskusikan materi yang sudah diberikan dan melatih siswa untuk berani dalam mengutarakan pendapat kami masing-masing. Sikap tolong menolong siswa itu sendiri merupakan suatu keahlian yang dikuasai oleh siswa untuk dapat sukses menjalani pembelajaran dengan menguasai materi yang dipelajari. Penerapan metode Gallery Walk ini dalam meningkatkan sikap tolong menolong siswa terutama pada mata pelajaran Aqidah Akhlak.

Kata kunci: Gallery Walk, tolong menolong, siswa, aqidah, akhlak.

Learning is a combination composed of human elements, internal, materials, equipment, and procedures that influence each other in achieving learning objectives. The purposes of this study were: 1) To find out the application of the gallery walk method to PAI learning at SD Islam Ar-Rahiim Ungaran Timur; 2) Knowing the attitude of helping students at SD Islam Ar-Rahiim Ungaran Timur; 3) Knowing the application of the gallery walk method to PAI learning in improving the attitude of helping students at SD Islam Ar-Rahiim Ungaran Timur. This type of research is field research which is descriptive qualitative in nature, namely a research aimed at describing and analyzing phenomena, events, social activities, attitudes, beliefs, perceptions, and thoughts of people individually or in groups. Data sources come from primary and secondary. Data collection through observation, interviews and documentation. Technical data analysis by reducing data, displaying data and drawing conclusions. Research result the Gallery Walk method as being able to train students not to be selfish in groups, to work together to discuss the material that has been given and to train students to be brave in expressing our own opinions. The attitude of helping students itself is a skill that is mastered by students to be able to successfully undergo learning by mastering the material being studied. The application of the Gallery Walk method is to increase the attitude of helping students, especially in the Aqidah Akhlak subject.

Keywords: Gallery Walk, help, students, aqidah, morals.


Keywords


Gallery Walk; help; students; aqidah; morals.

Full Text:

PDF

References


Afandi, A., Harahap, D., & Lubis, M. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Wakif Dalam Berwakaf Pada Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) Dengan Altruisme Sebagai Variabel Moderasi. Al-Awqaf: Jurnal Wakaf dan Ekonomi Islam, 15(1), 50-66. https://doi.org/10.47411/al-awqaf.Vol15Iss1.161

Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146-150. https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432

Dini, M. R., Maison, M., & Darmaji, D. (2021). SIKAP SISWA TERHADAP FISIKA DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA DI SMAN 6 KOTA JAMBI. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 51-55. DOI: 10.33751/pedagonal.v5i1.3251

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Fathoni, A., Purnomo, B., & Indrayani, N. (2021). Nilai Karakter Kepedulian Sosial Tokoh Mohammad Hatta. JEJAK: Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 1(1), 44-58. https://doi.org/10.22347/jejak.v1i1.13273

Hadi, A. S. I. A. (2019). Penerapan Metode Gallery Walk Dalam Meningkatkan Sikap Tolong Menolong Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Islam Ar-Rahiim Ungaran Timur Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. INSPIRASI: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 5(1), 88-122.

Huraiyah, H. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Dengan Model Pembelajaran Active Learning. Jurnal Paedagogy, 2(2), 82-86. https://doi.org/10.33394/jp.v2i2.3052

Iffah, F., & Yasni, Y. F. (2022). Manusia Sebagai Makhluk Sosial. Lathaif: Literasi Tafsir, Hadis Dan Filologi, 1(1), 38-47. http://dx.doi.org/10.31958/lathaif.v1i1.5926

Iryani, E., Ali, H., & Rosyadi, K. I. (2020). Berfikir Kesisteman Dalam Social Support: Ta’Awun Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Mas Al-Ihsaniyah Sarang Burung Muaro Jambi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 413-425. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.559

Kardinus, W. N. (2022). Implementasi Program Pendidikan Karakter Untuk Membangun Sikap Kepedulian Sosial. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 16(1), 31-40. https://doi.org/10.21067/jppi.v16i1.6971

Khoridah, F., Prasetiyawati, D., & Baedowi, S. (2019). Analisis penerapan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam kemampuan menulis permulaan. Journal for lesson and Learning Studies, 2(3), 396-403.https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19899

Lase, N. K., & Lase, R. K. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan Kelas VII SMP. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 3(2), 450-461. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1693

Luzyawati, L., & Hamidah, I. (2020). Implementasi Metode Gallery Walk Terhadap Minat dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Materi Virus. Bio Educatio, 5(2), 378774.

Nurwulandari, A., & Darwin, M. (2020). Heywood case data statistik: Menggunakan teknik respesifikasi model. Nucleus, 1(2), 74-84. https://doi.org/10.37010/nuc.v1i2.173

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan bahan ajar strategi belajar mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967-974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177

Ramadhani, S., Asyifa, S., Prayogi, M. I., Pulungan, R. A., & Syahriza, R. (2022). Eksistensi Ta’awun Pada Serikat Tolong Menolong (STM) di Dusun II Desa Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang. Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan, 6(1), 1-24.

Rosmawati, R., & Abdullah, M. W. (2021). Implementasi Konsep Qardh Terhadap Maksimalisasi Manfaat Menuju Koperasi Berkah. Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro, 4(1), 39-45. https://doi.org/10.56858/jmpkn.v4i1.37

Safariah, S. (2020). Upaya Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fiqih Melalui Penerapan Metode Gallery Walk Materi Puasa Siswa Kelas VIII-2 MTsS Krueng Raya. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Vokasi (JP2V), 1(1). https://doi.org/10.32672/jp2v.v1i1.1837

Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. (2019). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 3(1), 45-57. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.441

Sari, P. M., & Sumarli, S. (2019). Optimalisasi pemahaman konsep belajar IPA siswa sekolah dasar melalui model pembelajaran inkuiri dengan metode gallery walk (sebuah studi literatur). Journal of Educational Review and Research, 2(1), 69-76. http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1859

Sinaga, I. (2021). Efektivitas Strategi Pembelajaran Gallery Walk Terhadap Minat Belajar Fiqh Pada Siswa Kelas Viii Mts Swasta Fajrul Iman Patumbak. Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan, 11(2), 17-25.

Syarifuddin, S., Mubarak, M., & Imadduddin, I. (2022). Altruisme Relawan Pada Rumah Singgah Al-Ajyb. Jurnal Al-Husna, 2(2), 164-176.

Zaidah, A. H. (2023, May). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Gallery Walk untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai (Vol. 2), 13-22. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v2i0.1839




DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v7i1.440

Article Metrics

Abstract view : 46 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.