ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN DAI DAN DAMPAKNYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI SDIT MULTIPLUS AR-RAHIIM KAJANGAN TAHUN 2022/2023

Hifa imam

Abstract


Siswa memerlukan pembinaan untuk dapat berakhlak baik dan memiliki hasil belajar maksimal. Ada banyak faktor untuk memaksimalkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui faktor-faktor yang menghambat belajar PAI siswa SDIT Multiplus Ar-Rahiim Kajangan tahun 2022/2023; (2) mengetahui hasil belajar PAI siswa SD Islam Multiplus Ar-Rahiim Kajangan tahun 2022/2023; (3) mengetahui dampak dari faktor-faktor penghambat belajar PAI siswa terhadap hasil belajar PAI siswa SD Islam Multiplus Ar-Rahiim Kajangan tahun 2022/2023.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto, yang termasuk ke dalam penelitian kuantitatif.  Istilah ex-post facto menunjukkan bahwa perubahan variabel bebas itu telah terjadi dan peneliti dihadapkan kepada masalah bagaimana menetapkan sebab dari akibat yang sedang diamati. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Islam Multiplus Ar Rahiim Kajangan yang berjumlah 141 orang. Jumlah sampel yang diambil adalah 40 orang, yakni 29% dari jumlah populasi dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan dokumentasi. Variabel penelitian terdiri atas variabel X (faktor penghambar belajar PAI siswa) dan variabel Y (hasil belajar siswa (nilai rapor siswa mapel PAI)). Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan uji t.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang menjadi faktor penghambat pembelajaran PAI adalah kurang aktifnya siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan guru. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh skor rata-rata faktor penghambat pembelajaran PAI adalah 64 terletak pada interval 62-67, hasil ini berada pada kategori tinggi. Sedangkan skor rata-rata hasil belajar siswa pada mapel PAI adalah 91 terletak pada interval 90-100, hasil ini berada pada kategori amat baik. Sedangkan hasil analisis pada pengujian statistic regresi sederhana, yaitu uji t, diperoleh hasil uji hipotesis bahwa t0 (hitung)= - 4.92782  dan ttabel= 2.02439. t0 < ttabel (- 4.92782 < 2.02439) maka Ho diterima Ha ditolak. Kesimpulan dari hasil     penelitian ini yakni bahwa tidak terdapat dampak yang  signifikan antara faktor penghambat pembelajaran PAI terhadap hasil belajar siswa pada mapel PAI di SD Islam Multiplus Ar Rahiim Kajangan.

Kata kunci : faktor penghambat pembelajaran PAI, hasil belajar

Students need guidance to be able to have good morals and have maximum learning outcomes. There are many factors to maximize learning outcomes. This study aims to: (1) find out the factors that impede learning PAI for SDIT Multiplus Ar-Rahiim Kajangan students in 2022/2023; (2) find out the learning outcomes of PAI Islamic Elementary School students at Multiplus Ar-Rahiim Kajangan in 2022/2023; (3) knowing the impact of the inhibiting factors of students' Islamic Islamic Studies learning on the Islamic Islamic Elementary School students' learning outcomes of Multiplus Ar-Rahiim Kajangan in 2022/2023.

This research is a type of ex-post facto research, which is included in quantitative research. The term ex-post facto indicates that a change in the independent variable has occurred and the researcher is faced with the problem of how to determine the cause and effect being observed. The population of this study were all students of SD Islam Multiplus Ar Rahiim Kajangan, totaling 141 people. The number of samples taken was 40 people, which is 29% of the total population using purposive sampling technique. Data collection techniques used in this study were questionnaires and documentation. The research variables consist of variable X (the factor that inhibits student PAI learning) and variable Y (student learning outcomes (grades of students' report cards in Islamic education)). Data analysis techniques using quantitative descriptive statistics with the t test.

The results of this study indicate that the inhibiting factor for PAI learning is the lack of activity of students in asking and answering teacher questions. Based on the results of the descriptive statistical analysis, it was obtained that the average score of the inhibiting factors for PAI learning was 64 located at the interval 62-67, this result was in the high category. While the average score of student learning outcomes in the PAI subject is 91 in the 90-100 interval, this result is in the very good category. While the results of the analysis on simple regression statistical tests, namely the t test, the results obtained from the hypothesis test that t0 (count) = -4.92782 and ttable = 2.02439. t0 < ttable (-4.92782 <2.02439) then Ho is accepted and Ha is rejected. The conclusion from the results of this study is that there is no significant impact between the inhibiting factors of PAI learning on student learning outcomes in the PAI subject at SD Islam Multiplus Ar Rahiim Kajangan.


Keywords


factors inhibiting PAI learning; learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Abdi, H., 2020. LIPUTAN 6. https://hot.liputan6.com/read/4376551/tujuan-pembelajaran-manfaat-dan-klasifikasinya-yang-perlu-diketahui. Diakses pada tanggal 15 Januari 2023.

Ahmadi, A. & Prasetya, J. T., 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Andriati, I. & Sesmiarni, Z., 2017. Impelentasi Pendekatan Scientific Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. JURNAL EDUCATIVE. Vol. 2 No. 2, p. 147.

Arifin, H., 2018. Wonk Education. http: //wonk education network. blogspot. Diakses pada tanggal 29 Desember 2022.

Arifin, M., 2014. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Arifin, Z., 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S., 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsa, I. P. S., 2015. Belajar dan Pembelajaran; Strategi Belajar yang Menyenangkan,. Yogyakarta: Media Akademi.

A., Wahid, A. & Rofiq, M., 2006. Membangun Karakter dan Kepribadian Melalui Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: GRAHA ILMU & UIEU- University Press.

Candra, B. Y., 2018. Problematika Pendidikan Agama Islam. ISTIGHNA. Vol. 1 No. 1, pp. 134-153.

Daulay, H. P., 2012. Kapita Selekta Pendidikan Islam di Indonesia,. Medan: PERDANA PUBLISHING.

Djamarah, S. B. & Zain, A., 2014. Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman, P. & Sutikno, M. S., 2009. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

Gasong, D., 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Getteng, A. R., 2013. Menuju Guru Profesional dan Ber-Etika. Yogyakarta: Grha Guru.

Hanafy, M. S., 2014. Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan. Vol. 17 No. 1, pp. 66-79.

Hanafy, M. S., 2014. Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan. Vol. 17 No.1, pp. 66-79.

Harto, K., 2014. Model Pengembangan Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural. Jakarta: Rajawali Press.

Hidayat, R., 2016. Ilmu Pendidikan Islam “Menuntun Arah Pendidikan. Medan: KPPI.

Iswantir, M., 2017. Gagasan dan Pemikiran Serta Praksis Pendidikan Islam di Indonesia. JURNAL EDUCATIVE. Vol. 2 No. 2, p. 169.

Juniarni, Y., 2011. Faktor Penyebab Rendahnya Kualitas Pendidikan Agama Islam di SDN 06 Tumbuan Seluma dan Cara Mengatasinya, Bengkulu: Skripsi.

Majid, A. & Mudzakkir, J., 2017. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Mustofa, B., 2015. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Pane, A. & Dasopang, M. D., 2017. Belajar dan Pembelajaran. Volume 03 No. 2.

Prasetya, J. T. & Ahmadi, A., n.d. Strategi Belajar m. s.l.:s.n.

Priscilla, C. & Yudhyarta, D. Y., 2021. Implementasi Pilar-Pilar Pendidikan UNESCO. Asatiza, pp. 64-76.

Ramayulis, 2015. Filsafat Pendidikan Islam Analisis FIlosofis Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rusman, 2017. Belajar Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Ruswandi, 2013. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Cipta Pesona Sejahtera.

Sahra, F. I., 2016. Analisis Faktor Penghambat Pembelajaran PAI dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMK Negeri 1 Enrekang, MAKASSAR: UIN ALAUDDIN.

Sappaile, B. I., 2010. Konsep Penelitian Ex-Post Facto. JURNAL PENDIDIKKAN MATEMATIKA, VOLUME 1 NOMOR 2, pp. 105-113.

Sinaga, S., 2017. Problematika Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Solusinya. WARAQAT. Vol. II No. 1, pp. 175-188.

Siregar, S., 2014. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sunhaji, 2014. Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan. Vol. II No. 2, pp. 32-33.

Suryani, N. & Agung, L., 2012. Strategi Belajar-Mengajar. Yogyakarta: Ombak.

Susanto, A., 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Suwartini, S., 2017. Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Berkelanjutan. Trihayu, pp. 220-234.

Usman, M. U., 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yain, M., 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Persada Press.

Yanti, R., 2016. Problematika Pembelajaran Agama Islam di SMP Muhammadiyah 1 Banda Aceh, Aceh: Skripsi.




DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v7i1.437

Article Metrics

Abstract view : 24 times
PDF - 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.