IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X MENGGUNAKAN APLIKASI MICROSOFT FORM DI SMK N 1 PRINGAPUS TAHUN AJARAN 2020-2021

Imam Anas Hadi Ridwan Yahya

Abstract


Tujuan dari penulisan ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X menggunakan aplikasi Microsoft Form di SMK N 1 Pringapus tahun ajaran 2020/2021; 2) Untuk menganalisa hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X menggunakan aplikasi Microsoft Form di SMK N 1 Pringapus tahun ajaran 2020/2021; 3) Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X menggunakan aplikasi Microsoft Form di SMK N 1 Pringapus tahun ajaran 2020/2021.

Penelitian ini menggunakan kualitatif, yaitu suatu penelitian yang mendeskripsikan perilaku seseorang, tempat, atau peristiwa tertentu secara rinci dan mendalam. Sumber data diperoleh dari informan dan data juga diperoleh melalui kata-kata tertulis maupun tindakan. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan cara mereduksi data, display data verivikasi atau kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan: 1) pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X menggunakan aplikasi Microsoft Form di SMK N 1 Pringapus tahun ajaran 2020/2021 meliputi perencanaan pembelajaran guru membuat RPP yang berisi tentang pembelajaran Pendidikan Agama Islam disesuaikan dengan kondisi sekarang pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi Microsoft Form. Pelaksanaan pembelajaran para peserta didik mulai belajar mandiri dengan menyimak, membaca dan mempelajari materi yang telah dibuat oleh guru melalui link yang telah dibagikan. Evaluasi dengan video call maupun home visit sesuai dengan kondisi siswa. 2) Hasil pembelajaran menggunakan aplikasi Microsoft Form terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMK N 1 Pringapus tahun ajaran 2020-2021 yaitu 60% dari 100% sudah begitu membantu sekali.3)Pembelajaran menggunakan Microsoft Form dikatakan cukup efektif dengan beberapa indikator seperti Guru menguasai pembelajaran, siswa dapat dengan mudah memahami materi sehingga nilai rata-rata siswa dapat memenuhi target nilai KKM yang diberikan guru dan gangguan jaringan internet dapat teratasi.

 

 

 

The purposes of this paper are: 1) To find out how to learn Islamic Religious Education in class X using the Microsoft Form application at SMK N 1 Pringapus for the 2020/2021 academic year; 2) To analyze the learning outcomes of Islamic Religious Education class X using the Microsoft Form application at SMK N 1 Pringapus for the 2020/2021 academic year; 3) To find out the effectiveness of Islamic Religious Education learning in class X using the Microsoft Form application at SMK N 1 Pringapus for the 2020/2021 academic year.

This study uses qualitative, which is a study that describes the behavior of a person, place, or particular event in detail and depth. Sources of data were obtained from informants and data were also obtained through written words and actions. Collecting data through observation, interviews and documentation. The data analysis technique is by reducing data, displaying verification data or conclusions.

The results showed: 1) Islamic Religious Education learning in class X using the Microsoft Form application at SMK N 1 Pringapus for the 2020/2021 academic year includes teacher learning planning making lesson plans containing Islamic Religious Education learning adapted to the current conditions of distance learning using the Microsoft Form application . In the implementation of learning, students begin to learn independently by listening, reading and studying the material that has been made by the teacher through the link that has been shared. Evaluation by video call or home visit according to the student's condition. 2) Learning outcomes using the Microsoft Form application for Islamic Religious Education class X at SMK N 1 Pringapus for the 2020-2021 academic year, which is 60% from 100%, have been very helpful. 3) Learning using Microsoft Form is said to be quite effective with several indicators such as teachers mastering learning, students can easily understand the material so that the average score of students can meet the KKM target value given by the teacher and internet network disturbances can be resolved.

 


Keywords


Pembelajaran Pendidikan Agama Islam; Microsoft;Islamic Religious Education Learning; Microsoft Form Form;

Full Text:

PDF

References


Majid, Abdul. & Andayani, Dian. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis kompetensi : Konsep dan Implementasi Kurikulum. Bandung: Ramaja Rosdakarya, cet. III, 2006

Ahmadi, Abu. & Prasetyo, Joko. 2005 Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Manab, Abdul. 2015. Manajemen Kurikulum Pembelajaran di Madrasah: Pemetaan Pengajaran. Yogyakarta: Kalimedia.

Ginting, Abdurrahman. 2008. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran.

Bandung: Humaniora.

Gunadi, Andi. 2014. Evaluasi Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan Dengan Model Contect Input Process Product. Jurnal UMJ Vol 2 No 2. Jakarta : Kopertis.

Saputra, Aidil. 2014. Aplikasi Metode Contextual Teaching Learning (CTL) dalam Pembelajaran PAI. Jurnal At-Ta’dib Vol. VI, No. 1.

Awea, Mr. Saparee. 2018. Penggunaan Media Power Point Dalam Pembelajaran Fiqih Ibadah Kelas Vii Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Surakarta. Skripsi diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran:landasan dan Aplikasinya.

Jakarta: Rineka Cipta.

Jacobsen, David A. & Eggen, Paul. & Kauchak, Donald. 2009. Methods for Teaching: Metode- metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK- SMA. Terjemahan oleh Achmad Fawaid dan Khoirul Anam. 2009. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Barlian, Ikbal. 2013. Begitu Pentingkah Strategi Belajar Mengajar Bagi Guru?.

Jurnal Forum Sosial, Vol. VI No. 1.

Hamalik, Oemar. 2014. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, cet.16.

Budiman, M. Nasir. 2011. Pendidikan dalam Prespektif Al Qur’an. Jakarta:

Madani Press.

Nugraha, Sofwan. 2014. Pembelajaran PAI Berbasis Media Digital : Studi Deskriptip terhadap Pembelajaran PAI di SMA Alfa Centauri Bandung. Tesis. Bandung : UPI Bandung

Muhaimin. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Citra Media

Hasibuan, Nasrudin. 2016. Implementasi Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Darul Ilmi Vol. 04, No. 01

Ramayulis. 2008. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Ramdani, R. 2015. Media Pembelajaran E-Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Laboratorium Percontohan. Skripsi diterbitkan. Bandung : UPI Bandung.

Djamarah, Syaiful. 2000. Guru dan AnakDidik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Triwiyanto, Teguh. 2015. Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Tim penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1990. Jakarta: Balai Pustaka.

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran, Kurikulum dan Pembelajaran. 2013 Jakarta: Rajawali Pers, Cet. Ke-3.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.

Daradjad, Zakiyah. 1995. Metode Khusus Pengajaran Agama islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Darajat, Zakiyah. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, Cet.VII.




DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v6i2.378

Article Metrics

Abstract view : 25 times
PDF - 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.