Peranan Pendidikan Moral Dan Kontrol Diri Lawrence Kohlberg Dalam Penanggulangan Anarkhisme Remaja

Zaenal Abidin Ita Wijayanti

Abstract


Tujuan tulisan ini adalah untuk memberikan pemahaman bahwa dengan pendidikan moral yang baik dan pengendalian diri akan menjadikan kekerasan sebagai perbuatan yang menghina, dapat dihindari dan merugikan, serta membantu membina remaja yang tanggap secara moral dan warga negara yang berkomitmen melakukan tindakan pemberantasan anarkisme dalam segala bentuknya sebagai tugas mereka. Metodologi tulisan ini membahas langkah-langkah mengatasi anarkisme remaja dengan menggunakan metode kualitatif, analisis induktif, dan penawaran. Hasil tulisan ini menawarkan bagaimana pandangan Lawrence Kohlberg melalui pendidikan moral dan pengendalian diri untuk dipromosikan dan menjawab tantangan yang dihadapi dalam proses menekan anarkisme remaja yang tumbuh di lingkungan menuju komunitas yang damai dan saling menghormati. Penerapan originalitas atau nilai adalah moralitas dan pengendalian diri sebagai kunci dari segala tindakan dalam hubungan manusia antar manusia, sedangkan anarkisme ternyata merupakan turunan dari sifat manusia berupa amarah yang tidak dapat dimusnahkan tetapi hanya dapat diredam .

Kata Kunci: Kekerasan, Pendidikan, Moral, Anarkisme, Sosial, Kekerasan

This paper aims to lead to the understanding that with good moral education and self-control will make violence an insulting, avoidable and detrimental act, as well as assist in fostering morally responsive adolescents and citizens who are committed to taking action to eradicate anarchism. in all its forms as their duty. This paper discusses steps to overcome adolescent anarchism by using qualitative methods, inductive analysis, and bidding. This paper offers how Lawrence Kohlberg's views through moral education and self-control to be promoted and answer the challenges faced in the process of suppressing adolescent anarchism that grows in an environment towards a peaceful and respectful community for each other. Applications/Originality/Value: Morality and self-control are the key to all actions in human relationships between people, while anarchism turns out to be a derivative of human nature in the form of anger that can’t be destroyed but can only be suppressed.

Keyword: Violence, Education, Moral, Anarchism, Social, Violence.


Keywords


Kekerasan; Pendidikan, Moral; Anarkisme; Sosial; Violence; Education; Moral; Anarchism; Social;

Full Text:

PDF

References


Aviyah, E., & Farid, M. 2014. Religiusitas, kontrol diri dan kenakalan remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02). Lihat juga Aroma, I. S., & Suminar, D. R. (2012). Hubungan antara tingkat kontrol diri dengan kecenderungan perilaku kenakalan remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 1(2), 1-6.

Ballerina, T., & Immanuel, A. S. 2019. Gambaran Tindakan Bullying Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmu Perilaku, 3(1), 18-31. doi: https://doi.org/10.25077/jip.3.1.18-31.2019

Barus, S., Sitorus, V. M., Napitupulu, D., Mesran, M., & Supiyandi, S. 2018. Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Guru Tetap Menerapkan Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS). JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 2(2), 1-6.

Budiman, N. 2010. Perkembangan Kemandirian pada Remaja. Jurnal Pendidikan, 3(1), 1-12.

Cahyo, E. D. 2017. Pendidikan Karakter Guna Menanggulangi Dekadensi Moral Yang Terjadi Pada Siswa Sekolah Dasar. EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 16-26.

Dacholfany, M. I. 2015. Reformasi Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Globalisasi. AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam, 20(1), 173-194.

Darna, N., & Herlina, E. 2018. Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 287-292.

Diniaty, A., Ernita, M., Afrida, A., Amperawan, D. L., & Susanti, E. 2019. PERAN ORANG TUA MENGATASI MASALAH REMAJA PENGHIRUP LEM. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender, 17(2), 109-120.

Fitrianisa, A. 2018. IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERILAKU AGRESIF SISWA SMK PIRI 3 YOGYAKARTA. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 166-179.

Fuad, N. 2015. Penanaman Toleransi Beragama pada Anak Melalui Pendidikan. Societas Dei: Jurnal Agama dan Masyarakat, 2(1), 252. DOI: 10.33550/sd.v2i1.61

Hakim, L., & Mustaqiem, M. (2018). SISTEM INFORMASI PENILAIAN KINERJA GURU PADA SMA NEGERI 2 SAMPIT BERBASIS DESKTOP. Jurnal Penelitian Dosen FIKOM (UNDA), 5(2), 1-6.

Halili, H. 2016. Politik penegakan hak asasi manusia pada masa transisi d Indonesia. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 199-208. DOI: https: https://doi.org/10.213831/civics.v13i2.12744

Halimah, S. 2019. Upaya Guru dalam Pembentukan Akhlak Anak di Raudlotul Athfal Baipas Roudlotul Jannah Kota Malang. Jurnal Dewantara, 1(1), 1-6.

Haryono, A., & Tanujaya, B. 2018. Profil kemampuan penalaran induktif matematika mahasiswa pendidikan matematika unipa ditinjau dari gaya belajar. Journal of Honai Math, 1(2), 127-138.

Ihsan, S. S. 2019. Peran Guru Agama Islam dalam Pembinaan Akhlaq Remaja di Wilayah Majlis Ta'lim Al Munawwarah Cibubur. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(2), 1-9.

IQRIMAH, N. 2018. ANALISIS KONTEN DAKWAH YUFID. COM DALAM PENGEMBANGAN AKHLAQ PADA MASYARAKAT MODERN (Doctoral dissertation, IAIN Kendari).

Jahja, Y. 2011. Psikologi perkembangan. Kencana.

Komaling, C. P., Pangemanan, S., & Kumayas, N. 2018. PERANAN PEMERINTAH KECAMATAN DALAM MENANGANI KONFLIK ANTAR KAMPUNG DI KECAMATAN DUMOGA BARAT KABUPATEN BOLOAANG MONGONDOW. JURNAL EKSEKUTIF, 1(1), 1-9.

Komariah, N., & Susanto, A. 2019. PERANAN HUMAS DALAM MENINGKATKAN PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI MAN 039 TEMBILAHAN HULU. In Seminar Nasional Pendidikan 2015 (pp. 516-529).

Mashudi, M. 2017. Aspek Hukum Perlindungan Konsumen Berdasarkan Pasal 18 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Jurnal Pro Hukum: Jurnal Penelitian Bidang Hukum Universitas Gresik, 6(2). DOI: 10.5281/zenodo.1468366.

Mei-Ju, C., Chen-Hsin, Y., & Pin-Chen, H. 2014. The beauty of character education on preschool children's parent-child relationship. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 143, 527-533. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.431

Michael, A. W. 2018. Pengaruh Intensitas Menonton Channel Youtube Reza Oktovian dan Pengawasan Orang Tua terhadap Perilaku Agresif Verbal yang dilakukan Remaja Sekolah Menengah Pertama (Doctoral dissertation, Faculty of Social and Political Sciences). 5(11), 1-13.

Mubarok, A., & Safik, M. 2018. Hakikat Pendidikan Islam Dalam Pandangan Syed Naquib Al-Attas: Analisis Ilmu Pendidikan Islam (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Naim, N. 2016. Abdurrahman Wahid: Universalisme Islam dan Toleransi. KALAM, 10(2), 423-444. DOI:https://doi.org/10.24042/klm.v10i2.8

Natawilaga, S. 2018. Peran Etika Dalam Meningkatkan Efektivitas Pelaksanaan Public Relations. Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 17(1), 64-71. DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v17i1.492.

Predatu, R., David, D. O., & Maffei, A. 2019. The effects of irrational, rational, and acceptance beliefs about emotions on the emotional response and perceived control of emotions. Personality and Individual Differences, 109712. https://doi.org/10.1016/j.paid.2019.109712

Riamah, E. Z. 2018. FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA KENAKALAN REMAJA. Menara Ilmu, 12(11), 112-117.

Rohman, Y. N., & Mugiarso, H. 2016. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kemampuan Menjalin Relasi Pertemanan. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 5(1).

Schoofs, L., Claeys, A. S., De Waele, A., & Cauberghe, V. 2019. The role of empathy in crisis communication: Providing a deeper understanding of how organizational crises and crisis communication affect reputation. Public Relations Review, 101851. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2019.101851

Setiawan, D. 2015. Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Karakter melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL, 6(2), 61-72. DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v6i2.2285.g1958.

Subekti, M. Y. A. S. 2018. PENGARUH PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA. journal TA'LIMUNA, 1(2), 141-159.

Tisza, G., Papavlasopoulou, S., Christidou, D., Voulgari, I., Iivari, N., Giannakos, M. N., ... & Markopoulos, P. 2019. The role of age and gender on implementing informal and non-formal science learning activities for children. In Proceedings of the FabLearn Europe 2019 conference on ZZZ (p. 10). ACM. Doi:10.1145/3335055.3335065

Usman, C. I. 2019. Urgensi Moral Remaja dan Upaya Orang Tua Dalam Mengatasinya. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 2(2), 55-61.

Van der Linden, H. 2012. On the violence of systemic violence: A critique of Slavoj Žižek. Radical Philosophy Review, 15(1), 33-51. DOI: 10.5840/radphilrev20121516.

Wahyudin, A. H. (2017). Integritas Moral Pemimpin: Antara Cita Dan Fakta. An-Nidhom, 1(01), 17-36.

Widayat, P. A. 2017. Konsep Anarkisme Epistimologis Paul Karl Fayerabend Dalam Pendidikan Islam. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 66-82.

Widodo, Y. P. A., & Fadeli, M. 2018. Peranan Peer Group Communication Terhadap Literasi Safety Riding Komunitas Bikers Surabaya dalam aktifitas berkendara di Jalan Raya. Jurnal Kajian Media, 2(2), 139-145.

Wijayanti, W., & Fatimah, N. 2019. Aktualisasi Pendidikan Karakter di Masdrasah. An-Nisa', 11(1), 1-10.

Zhang, H., Jin, S. J., & Du, S. Z. 2019. Developing a curriculum model of English teaching for master's degree nursing education in a Chinese medicine university. International Journal of Nursing Sciences. https://doi.org/10.1016/j.ijnss.2019.12.001

Zuldafrial, Z. 2016. Pembahasan Penerapan Penelitian Postmodern Di Indonesia Didasarkan Artikel Penelitian Kritis Modern Dan Post Modern Allan Tarp Grenaa International Baccalaureate. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 11(2), 240-251. DOI: http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v11i2.219




DOI: https://doi.org/10.61689/inspirasi.v6i2.375

Article Metrics

Abstract view : 83 times
PDF - 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.